PARAPARESE FLAKSID ECAUSA KOMPRESI MEDULLA SPINALIS

  • Andi Weri Sompa UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR
    (ID)
  • Rauly Rahmadhani alauddin university
    (ID)
  • Ahmad Zaki Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin Makassar
    (ID)

Abstract

Trauma medulla spinalis adalah trauma tulang belakang yang menyebabkan lesi di medulla spinalis sehingga menimbulkan gangguan neurologis yang dapat menyebabkan kecacatan menetap atau kematian. Hal ini disebabkan oleh trauma langsung maupun tidak langsung yang mengenai medula spinalis dan merupakan keadaan darurat neurologi yang memerlukan tindakan cepat, tepat dan cermat untuk mengurangi angka kecacatan dan kematian. Penatalaksanaan kasus trauma medulla spinalis memerlukan perhatian khusus, mulai dari tempat kejadian sampai perawatan di rumah sakit.  

Pada kasus ini,  perempuan, 38 tahun   dengan paraparese flaksid dialami sejak 6 bulan sebelum masuk rumah sakit, secara tiba-tiba setelah pasien jatuh dari tangga rumah dengan ketinggian 3 meter. Pasien jatuh terbaring dan tiba-tiba tidak dapat merasakan separuh tubuhnya mulai dari panggul ke bawah. Riwayat batuk lama dan penurunan berat badan tidak ada. Hasil MRI Thoracolumbal  ditemukan gambaran stenosis totalis kanalis spinalis Th12-L1. Dalam laporan kasus ini dititik beratkan pada factor-faktor yang mempengaruhi prognosis dan luaran yang baik pada penderita.

 

 Kata Kunci :

Trauma medulla spinalis, stenosis totalis, kanalis spinalis, paraparese flaksid

 

Published
2020-03-29
How to Cite
Sompa, A. W., Rahmadhani, R., & Zaki, A. (2020). PARAPARESE FLAKSID ECAUSA KOMPRESI MEDULLA SPINALIS. Alami Journal (Alauddin Islamic Medical) Journal, 2(2), 1-7. https://doi.org/10.24252/alami.v2i2.11408
Section
Case Report
Abstract viewed = 2698 times