GAMBARAN FAKTOR RESIKO PADA WANITA USIA SUBUR DENGAN PENYAKIT MENULAR SEKSUAL DI RSUD SYEKH YUSUF

  • Jelita Inayah Sari UIN Alauddin Makassar

Abstract

Wanita usia subur yaitu antara 14-49 tahun, adalah wanita yang masih mengalami masa menstruasi dan memungkinkan untuk hamil jika mengalami fertilisasi. Pada usia ini wanita sangat rentan terinfeksi penyakit menular seksual, karena berbagai faktor. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui angka kejadian penyakit menular berdasarkan tingkat pendidikan, usia pertama kali berhubungan sex, personal hygiene, dan perilaku sex.. Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan desain cross sectional dimana data diperoleh secara langsung (data primer) dengan  menggunakan quisioner terpimpin  dan  data sekunder yang diperoleh  dari tempat penelitian. Dari hasil penelitian diperoleh hasil pasien yang terdiagnos PMS banyak terjadi pada responden dengan tingkat pendidikan SD (37%), , berhubungan sex pertama kali di bawah usia 25 tahun (66%), personal hygiene yang buruk (64%) dan berperilaku unprotected sex (62%) .

References

Prawirohardjo S. Ilmu Kebidanan. Jakarta:PT Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo; 2014.

Kementrian Kesehatan RI. Penanganan Nasional Infeksi Menular Seksual 2011. Jakarta: Depkes RI; 2011.

Djuanda Adhi. Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin. Jakarta: FK-UI; 2016.

WHO Recommendation for Sexually Transmitted Disease. 2009.

Panchanadeswaran S, Johnson S C, Celentano D. Gender differences in the prevalence of sexually transmitted infections and genital symptoms in an urban setting in southern India. 2006 May. Available from URL :ncbi.nlm.nih.gov

http://medical-dictionary.thefreedictionary.com/reproductive+age

CDPH Sexually Transmitted Diseases Control Branch. Sexual Risk Assessment and Risk Factors for Sexually Transmitted Diseases. 2011.

Stoner B. Current Epidemiology of Selected STDs. New York: National Center for HIV/AIDS, Viral Hepatitis, STD, and TB Prevention Division of STD Prevention; 2012.

Kemenkes. Riset Kesehatan Dasar 2013. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI; 2013.

Tiro MA. Pengenalan Biostatistika.Makassar: Andira Publisher; 2004.

AmalyaGretta Hapsari.Perilaku pemakaian kondom dengan kejadianinfeksi menular seksual. 2012.

Susanti, Dewi.Hubungan Pengetahuan, Dan Personal Hygiene Remaja Putri Dengan Kejadian Flour Albus (Keputihan) Di Gampong Paloh Naleueng Kecamatan Titeu Kabupaten PID. 2013.

Handayani, Astuti. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian IMS Pada Wps Di Lokalisasi Djoko Tingkir Sragen. 2015.

Published
2017-07-27
How to Cite
Sari, J. I. (2017). GAMBARAN FAKTOR RESIKO PADA WANITA USIA SUBUR DENGAN PENYAKIT MENULAR SEKSUAL DI RSUD SYEKH YUSUF. Alami Journal (Alauddin Islamic Medical) Journal, 1(1), 60-66. https://doi.org/10.24252/alami.v1i1.4218
Section
Article
Abstract viewed = 797 times