Hubungan Aktivitas Fisik dengan Status Gizi Anak Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19 di SD Negeri Maradekayya 2 Kota Makassar
Abstrak
Gizi merupakan bagian yang sangat penting dalam tumbuh kembang seseorang, khususnya pada anak sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan aktivitas fisik dengan status gizi anak usia sekolah dasar pada masa COVID-19 di SD Negeri Maradekayya 2 Makassar. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain observasional analitik melalui pendekatan cross-sectional. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas 4, 5, dan 6 dengan jumlah sampel sebanyak 41 siswa dengan menggunakan teknik total sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas fisik rendah sebanyak 11 anak (27%), aktivitas fisik sedang sebanyak 26 anak (63%), dan aktivitas fisik tinggi sebanyak 2 anak (5%) mempunyai status gizi baik pada anak usia Sekolah Dasar, dengan 2 anak (5%) memiliki gizi yang berlebih. Hasil uji Chi-Square diperoleh p-value sebesar 0,614. Penelitian ini menyimpulkan bahwa aktivitas fisik mereka sebagian besar berada pada frekuensi sedang dan berstatus gizi baik. Jadi, tidak ada hubungan yang signifikan antara aktivitas fisik dengan status gizi anak usia sekolah dasar di SD Negeri Maradekayya 2 Kota Makassar pada masa pandemi COVID-19.
Referensi
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Mentri Dalam Negeri. Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Kemendikbud. 2020: 1–58.
Candra A. Pemeriksaan Status Gizi. Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Semarang. 2020.
Hikmawati Z. Pengaruh Penyuluhan dengan Media Promosi Puzzle Gizi Terhadap Perilaku Gizi Seimbang Pada Siswa Kelas V Di SD Negeri 06 Poasia Kota Kendari Tahun 2016. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat 2016;1(2).
World Health Organization. Physical activity. [Internet]. 2020. Available from : https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/physical-activity.
Octaviani P, Dody Izhar M, Amir A. Hubungan Pola Makan Dan Aktivitas Fisik Dengan Status Gizi Pada Anak Sekolah Dasar Di SD Negeri 47/IV Kota Jambi. Jurnal Kesmas Jambi. 2018;2(2): 56–66.
Kementerian Kesehatan RI. Laporan Provinsi Sulawesi Selatan Riskesdas 2018. Vol. 110, Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan. 2019. 1689–9 .
Ermona, N. D. N. and Wirjatmadi B. Hubungan Aktivitas Fisik Dan Asupan Gizi Dengan Status Gizi Lebih Pada Anak Usia Sekolah Dasar Di Sdn Ketabang 1 Kota Surabaya Tahun 2017. Amerta Nutrition Journal. 2018;2(1). 97-105
Dunton, G. F., Do, B. and Wang SD. Early effects of the COVID-19 pandemic on physical activity and sedentary behavior in children living in the U.S. BMC Public Health. 2020;20(1): 1-13.
Kamelia, M., Supriyadi and Afif DNY. Gambaran Konsumsi Makanan Olahan Masyarakat pada Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Penelitian Pendidikan Dan Pengabdian 2021. 2021: 1237–47.
Suryani D and dkk. Studi Status Gizi, Pola Makan serta Aktivitas pada Anak Sekolah Dasar di Kota Mataram. Jurnal Kedokteran Unram. 2017;(6)2:14–9.
Wicaksana DA, Nurrizka RH. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Status Gizi pada Anak Usia Sekolah di SDN Bedahan 02 Cibinong Kabupaten Bogor Tahun 2018. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat. 2019;11(1): 35–47.
Susilowati K. Gizi Dalam Daur Kehidupan. Bandung : PT Refika Aditama. 2016.
Rukmana E. Hubungan Antara Aktivitas Fisik dengan status Gizi pada Remaja Selama Pandemi Covid-19 di Kota Medan. Jurnal Dunia Gizi;2020: 3(2) : 88-93.
Adinda R, Isni F, Anugrah D. Penanganan Kecanduan Gadget pada Anak Usia Sekolah Selama Masa Pandemi Covid-19 di Desa Wantilan, Kabupaten Subang. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung. 2021;28(1): 1–17
Once an article was published in the journal, the author(s) are: granted to the journal right licensed under Creative Commons License Attribution that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship. permitted to publish their work online in third parties as it can lead wider dissemination of the work. continue to be the copyright owner and allow the journal to publish the article with the CC BY-NC-SA license receiving a DOI (Digital Object Identifier) of the work.