HUBUNGAN KREATIVITAS, KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DAN KELENGKAPAN SARANA PRASARANA SEKOLAH DENGAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK

  • Hasniati Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Rafiqah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Andi Dian Angriani Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID) http://orcid.org/0000-0002-8944-1974
Kata Kunci: kreativitas, kedisiplinan, kelengkapan sarana prasarana sekolah, hasil belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kreativitas peserta didik, kedisiplinan peserta didik dan kelengkapan sarana prasarana sekolah secara bersama-sama dengan hasil belajar fisika peserta didik kelas XI MIPA SMAN se-Kabupaten Jeneponto. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi atau hubungan yang bersifat ex post facto. Populasi penelitian sebannyak 14 sekolah. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA dari 4 sekolah dengan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan angket, wawancara, lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan inferensial dengan uji korelasi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara kreativitas peserta didik, kedisiplinan peserta didik dan kelengkapan sarana prasarana sekolah secara bersama-sama dengan hasil belajar fisika peserta didik kelas XI MIPA SMAN se-Kabupaten Jeneponto. Hal ini dapat menjadi pertimbangan mengelola sarana prasarana sekolah serta menumbuhkan kesadaran peserta didik untuk lebih patuh terhadap peraturan sekolah agar mencapai hasil belajar yang lebih baik.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##submission.authorBiography##

##submission.authorWithAffiliation##

<html>
 <head>
<link type="text/css" rel="stylesheet" href="https://www.dropbox.com/s/trsldt0me90jzs8/resume.css"/>
<title></title>
</head>
<body>
<div id="header">
<p id="name"><strong>ANDI DIAN ANGRIANI</strong></p>
         <a href="mailto:[email protected]"</p></a>
     </div>
     <div class="left">
     </div>
     <div class="right">
            <h3><strong>DECRIPTION</strong></h3>
                <li>Sarjana Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Makassar</li>
                <li>Master Pendidikan Matematika, PPs Universitas Negeri Makassar</li>
        <li>I'm a lecturer at Department of Mathematics Education, Faculty of Tarbiyah and Teaching Science, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
            I interest to Mathematics Education, Geometry, Mathematics Computation, and Statistical Computation. My research about mathematics education.
            </ul>
            <p id="job-responsibilities"><strong>EXPERIENCE</strong></p>
            <p>
            <ul>
                <li>USAID PRIORITAS, as LPTK Facilitator, 2013-2017</li>
        <li>Tim Pengelola Pusat Layanan Pengujian dan Analisis Data Department of Mathematics Education, Faculty of Tarbiyah and Teaching Science, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 2016-sekarang</li>
        <li>Tim Pengelola MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 2017-sekarang</li>
            </p>
            </ul>    
        <h3><strong>CERTIFICATIONS / AWARDS</strong></h3>
            <p>
            <ul>
                <li>Fasilitator Pelatihan dalam Pelaksanaan Program USAID PRIORITAS untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Dasar di Indonesia</li>
        <h3><strong>EVENTS AND WORKSHOPS</strong></h3>
            <p>
            <ul>
        <li>Peserta dalam Kegiatan Pelatihan Pedagogy SMP/MTs Untuk Dosen LPTK, 2013</li>
        <li>Peserta dalam Kegiatan Training TTI Pedagogy Lecturers in Curricula & Materials (Literacy, Math, and Science), 2014</li>
        <li>Peserta dalam Kegiatan Pelatihan untuk Pelatih -Tingkat Provinsi II Praktik yang Baik dalam Pembelajaran dan Manajemen SMP dan MTs, 2014</li>
        <li>Resource Person dalam Kegiatan Workshop 1, 2, & 3 Developing Teacher Training Curricula and Materials-Primary Mathematics, 2014</li>
        <li>Narasumber dalam Kegiatan Lokakarya Nasional Penelitian Tindakan Kelas, 2014</li>
        <li>Narasumber dalam Kegiatan Lokakarya ke-1 Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi Sekolah Mitra Universitas Negeri Makassar dan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 2014</li>
        <li>Narasumber dalam Kegiatan Lokakarya ke-2 dan ke-3 Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi Sekolah Mitra Universitas Negeri Makassar dan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 2015</li>
        <li>Peserta dalam Kegiatan Pelatihan tentang Buku Sumber untuk Dosen LPTK: “Pembelajaran Literasi SD/MI dan SMP/MTs, IPA SD/MI, Matematika SD/MI”, 2015</li>
        <li>Support Dissemination in TTIs; Training Pedagogy Lectures & TTI Partner School Secondary (Modul 1&2), 2015</li>
        <li>Peserta dalam Kegiatan Pelatihan tingkat Provinsi III untuk Pelatih: Praktik yang Baik dalam Pembelajaran di SMP dan MTs, 2015</li>
        <li>Peserta dalam Kegiatan Orientasi Peningkatan Keterampilan Dasar dan Teknik Instruksional (PEKERTI) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Angkatan I, 2015</li>
        <li>Fasilitator dalam Kegiatan Pelatihan Modul III - Praktik yang Baik dalam Pembelajaran di SMP dan MTs bagi Sekolah Lab dan Mitra LPTK, 2016</li>
        <li>Peserta dalam Kegiatan Lokakarya Nasional Sosialisasi Praktik yang Baik dalam Pembelajaran di Kelas Tinggi SD/MI: Bahan Rujukan bagi LPTK, 2016</li>
        <li>Narasumber dalam kegiatan Lokakarya Nasional Adaptasi Modul Sekolah Praktik yang Baik: Pembelajaran Matematika dan IPA untuk SD/MI dan SMP/MTs, 2016</li>
        <li>Peserta dalam Kegiatan Seminar dan Lokakarya “Penataan  Kinerja Akademik Dosen” FTK Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 2016</li>
        <li>Peserta dalam Kegiatan Lokakarya Nasional Pengembangan Modul Pelatihan Tingkat SD/MI bagi Dosen LPTK, 2016</li>
        <li>Peserta dalam Kegiatan Pelatihan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dan Guru Pamong untuk meningkatkan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa LPTK (SD/MI), 2016</li>
        <li>Peserta dalam Kegiatan Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Terpublikasi EBSCO dan SCOPUS, 2016</li>
        <li>Peserta dalam Kegiatan Pelatihan Pengenalan Statistika Deskriptif dengan R, 2017</li>
        <li>Narasumber Pembekalan PPL Mahasiswa Angkatan IV FTK Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
        <li>Peserta dalam Kegiatan Workshop Open Journal System (OJS), 2017</li>
    <ul>
    </p>
                </div>
     <div id="footer"></div>
    </body>
</html>

Referensi

Ahni, R., & Sumadi. (2016). Hubungan antara kedisiplinan siswa, lingkungan sosial dan intensitas belajar dengan prestasi belajar fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika-COMPTON, 3(2), 92–100.

Ariananda, E. S., Hasan, S., & Rakhman, M. (2014). Pengaruh kedisiplinan siswa di sekolah terhadap prestasi belajar siswa teknik pendingin. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(2), 233–238. https://doi.org/10.17509/jmee.v1i2.3805

Arikunto, S. (2017). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.

Aris Valentino. (2013). Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa mata pelajaran akuntansi jurusan akuntansi di SMK. 2(9).

Armandita, P., Wijayanto, E., Rofiatus, L., Susanti, A., & Rumiana, S. (2017). Analisis kemampuan berpikir kreatif pembelajaran fisika di kelas XI MIA 3 SMA Negeri 11 Kota Jambi. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 10(2), 129–135. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v10i2.17906

Banjarnahor, E., Winardi, Y., & Dirgantoro, K. P. S. (2018). Kognitif siswa kelas X IPA Basic SMA ABC pada pembelajaran matematika [on the relationship between creativity and cognitive learning outcomes of grade 10 basic science high school students in mathematics learning]. Johme:Journal of Holistic Mathematics Education, 2(1), 34–44. http://dx.doi.org/10.19166/johme.v2i1.1268

Boty, M., & Handoyo, A. (2018). Hubungan kreativitas dengan hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran Bahasa Indonesia di MI Ma’had Islamy Palembang. JIP:Jurnal Ilmiah PGMI, 4(1), 41–55. https://doi.org/10.19109/jip.v4i1.2265

Fitriani, N., Gunawan, & Sutrio. (2017). Berpikir kreatif dalam fisika dengan pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (Cups) berbantuan LKPD. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 3(1), 24–33. https://doi.org/10.29303/jpft.v3i1.319

Imron, A. (2011). Manajemen peserta didik berbasis sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Megasari, R. (2014). Peningkatan pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan untuk meningkatan kualitas pembelajaran di SMPN 5 Bukittinggi. Bahana Manajemen Pendidikan: Jurnal Administrasi Pendidikan, 2(1), 636–648. Retrieved from http://103.216.87.80/index.php/bahana/article/view/3808

Miski, R. (2015). Pengaruh sarana dan prasarana terhadap hasil belajar siswa. Ta’dibi, 4(2). 69-73. Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/JTM/article/view/341

Monalisa, P., & Sukarni, W. (2019). Analisis karakter “kreativitas” siswa kelas VIII SMPN 08 kota Jambi. Jurnal Publikasi Pendidikan, 9(2), 134–140. https://doi.org/10.26858/publikan.v9i2.9014

Murniati, D., Purwaningsih, E., & Buwono, S. (2020). Pengaruh sarana dan prasarana terhadap hasil belajar siswa pelajaran ekonomi SMA Negeri 1 Sungai Ambawang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(11), 2-13. Retrieved from https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/17408

Pratiwi, N. K. (2015). Pengaruh tingkat pendidikan, perhatian orang tua, dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar bahasa indonesia siswa SMK Kesehatan di kota Tangerang. Jurnal Pujangga, 1(2), 75–105. http://dx.doi.org/10.47313/pujangga.v1i2.320

Nursari, & Hidayati. (2017). Hubungan antara kedisiplinan siswa, kecerdasan emosi dan kreativitas belajar dengan prestasi belajar fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika-COMPTON, 4(1), 80–90.

Patmalasari, D., Septi, D., Afifah, N., & Resbiantoro, G. (2017). Karakteristik tingkat kreativitas siswa yang memiliki disposisi matematis tinggi dalam menyelesaikan soal matematika. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 6(1), 30–38. http://doi.org/10.25273/jipm.v6i1.1509

Rafiqah, Suhardiman, & Fauziah. (2021). Efektivitas penerapan model modifikasi tingkah laku (behavioral modification) terhadap peningkatan hasil belajar fisika peserta didik. Al-Khazini: Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1), 19–38. https://doi.org/10.24252/al-khazini.v1i1.20832

Rahardjanto, A., Husamah, & Fauzi, A. (2019). Hybrid-PjBL : Learning outcomes , creative thinking skills, and learning motivation of preservice teacher. International Journal of Instruction, 12(2), 179–192. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12212a

Rahmanti, N. (2019). Pengaruh kelengkapan sarana dan prasarana terhadap hasil belajar siswa. Universitas Pasundan, Bandung. Retrieved from http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46494

Sari, A. R., & Budhi, W. (2017). Hubungan antara karakter siswa, kedisiplinan siswa, dan kelengkapan sarana prasarana sekolah dengan prestasi belajar fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika-COMPTON, 4(1), 1–12.

Sari, I. M., Sumiati, E., & Siahaan, P. (2013). Analisis kemampuan berpikir kreatif siswa SMP dalam pembelajaran Pendidikan Teknologi Dasar (PTD). Jurnal Pengajaran MIPA, 18(1), 60–68. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/jpmipa/article/view/36119

Siburian, J., Corebima, A. D., Ibrohim, & Murni, S. (2019). The correlation between critical and creative thinking skills on cognitive learning results. Eurasian Journal of Educational Research, 81, 99–114. https://doi.org/10.14689/ejer.2019.81.6

Sugeng, H. (2016). Pengaruh kedisiplinan siswa dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(3), 261–274.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Jakarta: Prenada Media Group.

Wilda, Salwah, & Ekawati, S. (2017). Pengaruh kreativitas dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematiaka, 2(1), 134–144. Retrieved from http://www.journal.uncp.ac.id/index.php/Pedagogy/article/view/667

Wulan, D. S. N. (2007). Hubungan antara peranan kelompok teman sebaya (peer group) dan interakhir siswa dalam keluarga dengan kedisiplinan belajar siswa kelas XI MAN 1 Sragen Tahun Ajaran 2006/2007. Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Zohriah, A. (2015). Analisis standar sarana dan prasarana. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 1(2), 53–62. Retrieved from https://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/2003

Diterbitkan
2022-11-30
Bagian
Vol. 4 No. 2
Abstrak viewed = 141 times