HUBUNGAN KREATIVITAS, KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DAN KELENGKAPAN SARANA PRASARANA SEKOLAH DENGAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kreativitas peserta didik, kedisiplinan peserta didik dan kelengkapan sarana prasarana sekolah secara bersama-sama dengan hasil belajar fisika peserta didik kelas XI MIPA SMAN se-Kabupaten Jeneponto. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi atau hubungan yang bersifat ex post facto. Populasi penelitian sebannyak 14 sekolah. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA dari 4 sekolah dengan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan angket, wawancara, lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan inferensial dengan uji korelasi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara kreativitas peserta didik, kedisiplinan peserta didik dan kelengkapan sarana prasarana sekolah secara bersama-sama dengan hasil belajar fisika peserta didik kelas XI MIPA SMAN se-Kabupaten Jeneponto. Hal ini dapat menjadi pertimbangan mengelola sarana prasarana sekolah serta menumbuhkan kesadaran peserta didik untuk lebih patuh terhadap peraturan sekolah agar mencapai hasil belajar yang lebih baik.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Ahni, R., & Sumadi. (2016). Hubungan antara kedisiplinan siswa, lingkungan sosial dan intensitas belajar dengan prestasi belajar fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika-COMPTON, 3(2), 92–100.
Ariananda, E. S., Hasan, S., & Rakhman, M. (2014). Pengaruh kedisiplinan siswa di sekolah terhadap prestasi belajar siswa teknik pendingin. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(2), 233–238. https://doi.org/10.17509/jmee.v1i2.3805
Arikunto, S. (2017). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.
Aris Valentino. (2013). Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa mata pelajaran akuntansi jurusan akuntansi di SMK. 2(9).
Armandita, P., Wijayanto, E., Rofiatus, L., Susanti, A., & Rumiana, S. (2017). Analisis kemampuan berpikir kreatif pembelajaran fisika di kelas XI MIA 3 SMA Negeri 11 Kota Jambi. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 10(2), 129–135. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v10i2.17906
Banjarnahor, E., Winardi, Y., & Dirgantoro, K. P. S. (2018). Kognitif siswa kelas X IPA Basic SMA ABC pada pembelajaran matematika [on the relationship between creativity and cognitive learning outcomes of grade 10 basic science high school students in mathematics learning]. Johme:Journal of Holistic Mathematics Education, 2(1), 34–44. http://dx.doi.org/10.19166/johme.v2i1.1268
Boty, M., & Handoyo, A. (2018). Hubungan kreativitas dengan hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran Bahasa Indonesia di MI Ma’had Islamy Palembang. JIP:Jurnal Ilmiah PGMI, 4(1), 41–55. https://doi.org/10.19109/jip.v4i1.2265
Fitriani, N., Gunawan, & Sutrio. (2017). Berpikir kreatif dalam fisika dengan pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (Cups) berbantuan LKPD. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 3(1), 24–33. https://doi.org/10.29303/jpft.v3i1.319
Imron, A. (2011). Manajemen peserta didik berbasis sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Megasari, R. (2014). Peningkatan pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan untuk meningkatan kualitas pembelajaran di SMPN 5 Bukittinggi. Bahana Manajemen Pendidikan: Jurnal Administrasi Pendidikan, 2(1), 636–648. Retrieved from http://103.216.87.80/index.php/bahana/article/view/3808
Miski, R. (2015). Pengaruh sarana dan prasarana terhadap hasil belajar siswa. Ta’dibi, 4(2). 69-73. Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/JTM/article/view/341
Monalisa, P., & Sukarni, W. (2019). Analisis karakter “kreativitas” siswa kelas VIII SMPN 08 kota Jambi. Jurnal Publikasi Pendidikan, 9(2), 134–140. https://doi.org/10.26858/publikan.v9i2.9014
Murniati, D., Purwaningsih, E., & Buwono, S. (2020). Pengaruh sarana dan prasarana terhadap hasil belajar siswa pelajaran ekonomi SMA Negeri 1 Sungai Ambawang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(11), 2-13. Retrieved from https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/17408
Pratiwi, N. K. (2015). Pengaruh tingkat pendidikan, perhatian orang tua, dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar bahasa indonesia siswa SMK Kesehatan di kota Tangerang. Jurnal Pujangga, 1(2), 75–105. http://dx.doi.org/10.47313/pujangga.v1i2.320
Nursari, & Hidayati. (2017). Hubungan antara kedisiplinan siswa, kecerdasan emosi dan kreativitas belajar dengan prestasi belajar fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika-COMPTON, 4(1), 80–90.
Patmalasari, D., Septi, D., Afifah, N., & Resbiantoro, G. (2017). Karakteristik tingkat kreativitas siswa yang memiliki disposisi matematis tinggi dalam menyelesaikan soal matematika. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 6(1), 30–38. http://doi.org/10.25273/jipm.v6i1.1509
Rafiqah, Suhardiman, & Fauziah. (2021). Efektivitas penerapan model modifikasi tingkah laku (behavioral modification) terhadap peningkatan hasil belajar fisika peserta didik. Al-Khazini: Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1), 19–38. https://doi.org/10.24252/al-khazini.v1i1.20832
Rahardjanto, A., Husamah, & Fauzi, A. (2019). Hybrid-PjBL : Learning outcomes , creative thinking skills, and learning motivation of preservice teacher. International Journal of Instruction, 12(2), 179–192. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12212a
Rahmanti, N. (2019). Pengaruh kelengkapan sarana dan prasarana terhadap hasil belajar siswa. Universitas Pasundan, Bandung. Retrieved from http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46494
Sari, A. R., & Budhi, W. (2017). Hubungan antara karakter siswa, kedisiplinan siswa, dan kelengkapan sarana prasarana sekolah dengan prestasi belajar fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika-COMPTON, 4(1), 1–12.
Sari, I. M., Sumiati, E., & Siahaan, P. (2013). Analisis kemampuan berpikir kreatif siswa SMP dalam pembelajaran Pendidikan Teknologi Dasar (PTD). Jurnal Pengajaran MIPA, 18(1), 60–68. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/jpmipa/article/view/36119
Siburian, J., Corebima, A. D., Ibrohim, & Murni, S. (2019). The correlation between critical and creative thinking skills on cognitive learning results. Eurasian Journal of Educational Research, 81, 99–114. https://doi.org/10.14689/ejer.2019.81.6
Sugeng, H. (2016). Pengaruh kedisiplinan siswa dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(3), 261–274.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Jakarta: Prenada Media Group.
Wilda, Salwah, & Ekawati, S. (2017). Pengaruh kreativitas dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematiaka, 2(1), 134–144. Retrieved from http://www.journal.uncp.ac.id/index.php/Pedagogy/article/view/667
Wulan, D. S. N. (2007). Hubungan antara peranan kelompok teman sebaya (peer group) dan interakhir siswa dalam keluarga dengan kedisiplinan belajar siswa kelas XI MAN 1 Sragen Tahun Ajaran 2006/2007. Universitas Sebelas Maret, Surakarta.
Zohriah, A. (2015). Analisis standar sarana dan prasarana. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 1(2), 53–62. Retrieved from https://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/2003
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).