PENGARUH KEAKTIFAN BERORGANISASI DAN PERILAKU BELAJAR TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA UIN ALAUDDIN MAKASSAR

  • Nur Fitriani Safar Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Muhammad Rusydi Rasyid Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Nur Yuliany Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

This research is an Ex-Post Facto research that aims to determine the effect of organizational activeness and learning behavior on academic achievement of students of mathematics education at UIN Alauddin Makasssar. Data analysis techniques used descriptive statistical analysis of percentages and multiple linear regresy analysis. Descriptive analysis result showed that the percentage of student activiness in the category of good with a percentage of 56%, learning behavior included in the good category with a percentage of 68%, and academic achivment included in the category of very satisfying with the interval values of 3.01 – 3.50. The result of multiple linear regression analysis showed that the activeness of organization and learning behavior together significantly influenced the academic achievement of students of mathematics education at Alauddin UIN Makassar, with a regression equation Ŷ = 3.551 - 0.014X1 + 0.012X2 with a coefficient of determination r2 = 0.332. from the results of above study, it can be concluded that there is an effect of organizational activeness and learning behavior on academic achievement of mathematics education students at UIN Alauddin Makassar. 


Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian Ex-Post Facto yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh keaktifan berorganisasi dan perilaku belajar terhadap prestasi akademik mahasiswa pendidikan matematika UIN Alauddin Makassar. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif presentase dan analisis regresi linier berganda. Hasil analisis deskriptif persentase menunjukan bahwa keaktifan berorganisasi mahasiswa masuk dalam kategori baik dengan persentase 56%, perilaku belajar termasuk dalam kategori baik dengan persentase 68%, dan prestasi akademik termasuk dalam kategori sangat memuaskan dengan interval nilai 3,01 – 3,50. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa keaktifan berorganisasi dan perilaku belajar secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi akademik mahasiswa pendidikan matematika UIN Alauddin Makassar, dengan persamaan regresi Ŷ=3.551 - 0,014X1 + 0,012X2 dengan koefisien determinasi r2 = 0,332. Dari hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh keaktifan berorganisasi dan perilaku belajar terhadap prestasi akademik mahasiswa pendidikan matematika UIN Alauddin Makassar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hanifah. (2001). Pengaruh Perilaku Belajar terhadap Prestasi Akademik mahasiswa akuntansi, Media riset Akuntansi, 1, 63–68.

Indriana, D. T., Widowati, A. I., & Surjawati. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Akademik : Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Semarang. Dinamika Sosial Budaya, 18(1), 39–48.

Isa Ulinuha Ainul Yaqin, Sigit Santoso, S. (2016). Pengaruh Keaktifan Berorganisasi Terhadap Kompetensi Interpersonal Mahasiswa Pendidikan Akuntansi FKIP UNS Tahun 2016, 2(2), 171–189.

Keagamaan, K. agama R. badan L. dan D. P. K. (2010). Toleransi Beragama Mahasiswa. Jakarta: Maloho Jaya Abadi Press.

Maslihah, S. (2011). Studi Tentang Hubungan Dukungan Sosial, Penyesuaian Sosial Di Lingkungan Sekolah Dan Prestasi Akademik Siswa Smpit Assyfa Boarding School Subang Jawa Barat. Jurnal Psikologi Undip, 10(2), 103–114. http://doi.org/10.14710/jpu.10.2.103-114

Nugraha, A. P. (2013). pengaruh kecerdasan emosional dan perilaku belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi.

Pipin. (2015). Dinamika Organisasi Mahasiswa Ekstra Kampus IAIN Sunan Ampel Surabaya.

Sulaeman, A. (2017). Pengaruh Keaktifan Mahasiswa Dalam Mengikuti Organisasi Himpunan Mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran Dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi UNY.

Sulasteri, S. (2010). Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa jurusan pendidikan matematika fakultas tarbiyah dan keguruan uin alauddin makassar, jurnla MaPan vol 1 no 1, 151–177.

Sutarto. (2006). Dasar-Dasar Organisasi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Syah, M. (2013). Manajemen pendidikan. Surakarta: Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) dan UPT UNS Pres.

Tohirin. (2011). Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Zulfikar, M. I. (2015). Hubungan Antara Keaktifan Kegiatan Dalam Organisasi di Kampus dengan Kompetensi Sosial Calon Guru Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta.

Published
2019-11-29
How to Cite
Safar, N. F., Rasyid, M. R., & Yuliany, N. (2019). PENGARUH KEAKTIFAN BERORGANISASI DAN PERILAKU BELAJAR TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA UIN ALAUDDIN MAKASSAR. Al Asma : Journal of Islamic Education, 1(2), 53-62. https://doi.org/10.24252/asma.v1i2.11251
Section
Vol. 1 No. 2
Abstract viewed = 641 times