Pengaruh Fasilitas Perpustakaan terhadap Minat Membaca Peserta Didik Kelas IX Pesantren Modern Tarbiyah Takalar

  • Hannur Jannah Hasanuddin Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Besse Ruhaya Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Nur Khalisah Latuconsina Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Salahuddin Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Ahmad Munawwir Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
Keywords: interest in reading, library facilities

Abstract

This research aims to determine the influence of library facilities on the reading interest of class XI students at the Tarbiyah Takalar Modern Islamic Boarding School. This research is quantitative research using an ex post facto method. The respondents in this research were class XI students at the Tarbiyah Takalar Modern Islamic Boarding School. Data collection in this research used a questionnaire instrument consisting of 20 statements, which were then analyzed using descriptive statistics and linearity analysis. Based on the results of descriptive statistical analysis, it can be concluded that the Tarbiyah Takalar Modern Islamic Boarding School's library facilities are in the medium category with a percentage of 72.2%, while the reading interest of class XI students at the Tarbiyah Takalar Modern Islamic Boarding School is also in the medium category with a percentage of 69.4%. This research also showed an influence between library facilities and the reading interest of class XI students at the Tarbiyah Takalar Modern Islamic Boarding School.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggara, A. (2023). Pemanfaatan perpustakaan sekolah dalam meningkatkan literasi keagamaan siswa kelas 8 (SMP) Negeri 1 Dukupuntang. Skripsi. IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Dian, N. (2020). Pengaruh komunikasi, disiplin dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan bagian produksi PT. Extrupack Bekasi Barat. Skripsi. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta.

Faujiah, S., Mayasari, L. I., & Ulfa, M. (2021). Upaya meningkatkan kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan media kartu kata pada pelajaran bahasa indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III, 165–169.

Khoiri, N. (2015). Metodologi penelitian pendidikan ragam, model & pendekatan. Semarang: SEAP (Southeast Asian Publishing).

Marni. (2017). Kontribusi pemanfaatan perpustakaan sekolah dan motivasi belajar terhadap peningkatan hasil belajar geografi pada siswa kelas x IPS SMA Negeri 4 Palangka Raya. Meretas: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 48-58.

Nutfa, M. M. (2021). Pengaruh pemanfaatan perpustakaan terhadap minat baca peserta didik di MTs Madani Alauddin Paopao. Skripsi. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Nurhaeti, I., Saepuddin, A., & Aziz, H. (2022). Pengaruh antara minat belajar terhadap prestasi belajar siswa melalui model pembelajaran hybrid learning pada mata pelajaran PAI kelas IX di SMPN 1 Majalaya. Bandung Conference Series: Islamic Education, 2(1), 66–71. https://doi.org/10.29313/bcsied.v2i1.2122

Putra, A. S. E. (2021). Pengaruh kompetensi dan integritas terhadap kinerja perangkat desa. JESS (Journal of Education on Social Science), 5(1), 24-53. https://doi.org/10.24036/jess.v5i1.314

Sugiyono (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D, Bandung: Alfabeta.

Syahrizal, H., & Jailani, M. S. (2023). Jenis-jenis penelitian dalam penelitian kuantitatif dan kualitatif. Jurnal QOSIM : Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 1(1), 13–23. https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.49

Syardiansah. (2016). Hubungan motivasi belajar dan minat belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa mata kuliah pengaturan manajemen. Manajemen dan Keuangan, 5(1), 440-448.

Turnadi. (2018). Memaknai peran perpustakaan dan pustakawan dalam menumbuhkembangkan budaya literasi. Media Pustakawan, 25(3), 68-79. https://doi.org/10.37014/medpus.v25i3.221

Wardani, H. (2019). Pengaruh kebiasaan membaca mahasiswa fakultas adab dan humaniora terhadap pemanfaatan koleksi di taman baca. Skripsi. UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Published
2024-05-19
How to Cite
Hasanuddin, H. J., Ruhaya, B., Latuconsina, N. K., Salahuddin, & Munawwir, A. (2024). Pengaruh Fasilitas Perpustakaan terhadap Minat Membaca Peserta Didik Kelas IX Pesantren Modern Tarbiyah Takalar. Al Asma : Journal of Islamic Education, 6(1), 57-65. https://doi.org/10.24252/asma.v6i1.45415
Section
Artikel
Abstract viewed = 106 times