Project based Learning: Sebuah Model Pembelajaran yang Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Al-Qur'an Hadis

  • Syafitri Saharuddin Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Muhammad Rusmin Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Muhammad Yusuf Hidayat Prodi Pendidikan Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Jamilah Prodi Pendidikan Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Jamaluddin Majid Prodi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
Keywords: al-Qur’an hadith, learning outcomes, project based learning model

Abstract

This research aims to 1) Describe the implementation of the project-based learning model at MAN 1 Majene; 2) Describe the learning outcomes of students in the Al-Qur'an Hadith subject at MAN 1 Majene; 3) Analyse the effect of using a project-based learning model on the learning outcomes of the Al-Qur'an hadith for class XI students at MAN 1 Majene. This type of research is ex post facto quantitative research using simple linear regression analysis. The population in this study was class XI students at MAN 1 Majene, totalling 111 people, while the sample in this study was 34 people. The research instruments used to obtain data were the scale for using the project-based learning model and the learning outcomes scale. This research shows the influence of using a project-based learning model on the learning outcomes of the Al-Qur'an and Hadith of class XI students at MAN 1 Majene.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahudulu, S. N. (2018). Penggunaan media gambar dalam meningkatkan kemampuan berhitung perkalian bilangan asli pada siswa kelas II SDN 01 Duhiadaa. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal AKSARA, 4(1), 45–50. http://dx.doi.org/10.37905/aksara.4.1.45-50.2018

Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep umum populasi dan sampel dalam penelitian. Jurnal Pilar: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 14(1), 15–31.

Ananda, R., & Fadhli, M. (2018). Statistik pendidikan: teori dan praktik dalam pendidikan (Syarbaini Saleh (ed.)). CV.Widya Puspita.

Febriyanti, A. D., Putra, M. F. P., & Prakoso, B. B. (2024). Pengaruh model pembelajaran project-based learning terhadap hasil belajar aktivitas kebugaran jasmani. Bima Loka: Journal of Physical Education, 4(2), 55–56. https://doi.org/10.26740/bimaloka.v4i2.30762

Hasanah, H. (2023). Perkembangan kreativitas peserta didik:tinjauan literatur dalam konteks kehidupan abad ke-21. Pionir: Jurnal Pendidikan, 12(3), 143–154. ttp://dx.doi.org/10.22373/pjp.v12i3.18564

Hikmawati, F. (2020). Metodologi penelitian. PT. Rajagrafindo Persada.

Khoiruddin, A., & Suwito, D. (2021). Penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar aksi dan reaksi gaya SMK Negeri 7 Surabaya. JPTM, 11(01), 1–6.

Mariah, Azis, M., Inanna, & Maryanti. (2024). Membangun kreativitas dan inovasi bagi mahasiswa peserta merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) kewirausahaan. Manajemen Business Innovation Conference-MBIC, 7, 644–647.

Ni’mah, A., & Sukartono. (2022). Upaya guru dalam meningkatkan kreativitas berpikir peserta didik di sekolah dasar. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), 173–179. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i2.48157

Prastiwi, Y. E. N., Arba’iyah, Barru, A. A. A., & Hidayatullah, A. S. (2023). Penilaian dan pengukuran hasil belajar pada peserta didik berbasis analisis psikologi. Bersatu: Jurnal Pendidikan Bhineka Tunggal Ika, 1(4), 218–231. https://doi.org/10.51903/bersatu.v1i4.293

Putra, A. S. E. (2021). Pengaruh kompetensi dan integritas terhadap kinerja perangkat desa. JESS (Journal of Education on Social Science), 5(1), 24-35. https://doi.org/10.24036/jess.v5i1.314

Rati, N. W., Kusmaryatni, N., & Rediani, N. (2017). Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kreativitas dan hasil belajar pendidikan IPA SD mahasiswa PGSD Undiksha UPP Singaraja. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1), 60–71. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.9059

Ruski, & Sholeh, Y. (2019). Pembelajaran project based learning dengan menggunakan sosial media you tube pada mata kuliah media pembelajaran. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan), 3(2), 151-158. https://doi.org/10.29408/jpek.v3i2.1667

Rusminiati, N. N., Karyasa, N. I. W., & Suardana, I. N. (2015). Komparasi peningkatan pemahaman konsep kimia dan keterampilan berpikir kritis siswa antara yang dibelajarkan dengan model pembelajaran project based learning dan discovery learning. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 5(2), 1-11.

Sari, I. P. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Kedondon Kabupate Pesawaran Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Universitas Lampung.

Sutomo, E., Eriyanti, R. W., & Hudha, A. M. (2023). Pengaruh model pembelajaran Project based Learning (PjBL) terhadap motivasi belajar mahasiswa pendidikan biologi di universitas pendidikan muhammadiyah sorong. Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi, 10(2), 214–221. https://doi.org/10.31849/bl.v10i2.16326

Syam, A. N. (2016). Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) terhadap hasil belajar biologi siswa di kelas VIII MTS Madani Alauddin Paopao. Skripsi. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Published
2024-05-22
How to Cite
Saharuddin, S., Rusmin, M., Hidayat, M. Y., Jamilah, & Majid, J. (2024). Project based Learning: Sebuah Model Pembelajaran yang Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Al-Qur’an Hadis. Al Asma : Journal of Islamic Education, 6(1), 79-87. https://doi.org/10.24252/asma.v6i1.46891
Section
Artikel
Abstract viewed = 110 times