Peran dan Tanggung Jawab Legal Officer

  • Asriyani Basri Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Hamsir Hamsir Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Tinjauan Yuridis Terhadap Peran dan Tanggung Jawab Legal Officer pada Perseroan Terbatas di PT. Pelabuhan Indonesia IV (Persero) yang dirumuskan ke dalam dua rumusan masalah yaitu Bagaimanakah peran dan tanggung jawab dari seorang Legal Officer terhadap Perseroan Terbatas, dan Bagaimanakah eksistensi Legal Officer dalam menangani perkara perdata dalam adanya gugatan di lingkungan PT. Pelabuhan Indonesia IV (Persero). Hasil dari penelitian ini adalah eksistensi pada Legal Officer di PT. Pelabuhan Indonesia IV (Persero) sangatlah terlihat, Legal Officer di PT. Pelabuhan Indonesia IV (Persero) menjalankan peran dan tanggung jawabnya sesuai dengan regulasi dan SOP yang keluarkan oleh perusahaan.

References

Asikin, Z, Wira Pria Suhartana. Pengantar Hukum Perusahaan. Cet I;

Kencana,2016.

Asyhadie, H. Zaeni, dkk. Pengantar Hukum Indonesia. Cet. II; Jakarta: Rajawali Pers, 2016.

Ayu Dessinta. “Peran Officer Terkait Administrasi Kontrak Kerjasama di Unit LegalOfficer PT Infoglobal Teknologi Semesta Surabaya”. Jurnal. Surabaya: Fakultas Hukum Universitas Airlangga, 2017.

Credo Media Putra. “Kedudukan Dan Fungsi Legal Officer Dalam Perseroan Terbatas”. Jurnal. Manado: Fakultas Hukum Universitas Sam Ratulangi, 2013.

Demson Tiopan. “Tinjuan Yuridis Pengemban Jabatan Legal Officer dan Pertanggungjawaban SEcara Perdata Dalam Suatu Perseroan Terbatas”. Jurnal. Bandung: Fakultas Hukum Universitas Kristen Maranatha, 2012.

Fuady, M. I. N. (2019). Siri'Na Pacce Culture in Judge's Decision (Study in Gowa, South Sulawesi Province). FIAT JUSTISIA: Jurnal Ilmu Hukum, 13(3), 241-254.

Syamsuddin, R., & Fuady, M. I. N. (2020). Upaya Penguatan Badan Penelitian dan Pengembangan serta Inovasi Daerah di Kota Palopo. Jurnal Wawasan Yuridika, 4(1), 63-79.

Ikhwansyah, Man S. Sastrawidjaja, Rahmi,Y. Hukum Perusahaan Analisis Privatisasi BUMN dalam Hukum Persaingan Usaha Tidak Sehat. Cet I; Refika Aditama, 2019.

Kementrian Agama Republik Indonesia, AL-QUR’AN AL-KARIM (Jakarta: CV Darus Sunnah, 2015).

Mulyadi. Hukum Perusahaan Bentuk-Bentuk Badan Usaha di Indonesia. Cet. I; Jakarta: Rajawali pers, 2017.

Sentosa Sembiring. Hukum Perusahaan Tentang Perseroan Terbatas. Bandung: Nuansa Aulia, 2013.

Published
2020-11-21
Section
Volume 2 Nomor 3 November 2020
Abstract viewed = 706 times