Analisis Putusan Terhadap Pembatalan Pencalonan Walikota dan Wakil Walikota Makassar Tahun 2018

  • Wan Gun Tomo UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Fadli Andi Natsif Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa yang menjadi dasar pertimbangan hukum hakim di Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTTUN) Makassar dalam menerbitkan keputusan yang memerintahkan kepada KPU Kota Makassar untuk membatalkan pencalonan salah satu calon Walikota dan Wakil Walikota Makassar pada Pilkada 2018. Selanjutnya, penulis juga ingin mengetahui bagaimana implikasi setelah dilaksanakannya putusan dari hakim di PTTUN Makassar tersebut. Hasil penilitian ini menunjukkan bahwa, keputusan Komisi Pemilihan Umum Kota Makassar No: 35/P.KWK/HK.03.1-Kpt/7371/KPU-Kot/II/2018 tentang penetapan pasangan calon walikota dan wakil walikota Makassar pada Pilkada 2018  terdapat cacat hukum dan telah merugikan Penggugat sebagai salah satu dari dua pasangan calon. Majelis Hakim di PTTUN Makassar dalam putusannya yang membatalkan SK KPU tersebut dengan pertimbangan bahwa calon perseorangan petahana terbukti menggunakan kewenangan, program, dan kegiatan yang menguntungkan atau merugikan salah satu pasangan calon sebagaimana yang “dilarang” dalam UU Pilkada Tahun 2016, sehingga Surat Keputusan tersebut secara substansial telah bertentangan dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Terhadap implikasi dari pelaksanaan Putusan PTTUN Makassar tersebut, maka  Komisi Pemilihan Umum Kota Makassar mengeluarkan Surat Keputusan baru tentang Penetapan pasangan Calon yang memenuhi syarat dan hanya mengesahkan satu pasangan calon tunggal.

References

Fuady, M. I. N. (2019). Siri'Na Pacce Culture in Judge's Decision (Study in Gowa, South Sulawesi Province). FIAT JUSTISIA: Jurnal Ilmu Hukum, 13(3), 241-254.

Fuady, M. I. N. (2021). Local Wisdom in Criminal Law Enforcement.

Harahap, Zairin. Hukum Acara Peradilan Tata Usaha Negar. Jakarta. PT. Rajagrafindo Persada. 2008.

Syamsuddin, R., Fuady, M. I. N., Prasetya, M. D., & Umar, K. (2021). The Effect of the Covid-19 Pandemic on the Crime of Theft. International Journal of Criminology and Sociology, 10, 305-312.

Sidauruk, Rosmawaty. Analisis Pembiayaan Pemilihan Kepala Daerah Serentak. Indocamp. Tanggerang Selatan.2017.

Sugianto. Ilmu Negara Sebuah Kajian dalam Perspektif Teori Kenegaraan di Indonesia. Deepublish. Yogyakarta. 2018.

Titik Triwulan T dan Ismu Gunadi Widodo. Hukum Tata Usaha Negara Dan Hukum Acara Peradilan Tata Usaha Negara Indonesia. Kencana. Jakarta. 2011.

Yuslim. Hukum Acara Peradilan Tata Usaha Negara. Sinar Grafika. Jakarta. 2015.

Republik Indonesia. Undang-Undang Dasar 1945

https://quran.kemenag.go.id/sura/4/58

Achmaduddin Rajab, Jurnal Putusan MK No. 54/PUU-XIV/2016 dan Implikasi di dalam PILKADA, Rechts vinding, 2017

Salinan Putusan Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Makassar, Perkara Nomor: 6/G/Pilkada/2018/PTTUN Mks.

Published
2021-08-17
Section
Volume 3 Nomor 2 Agustus 2021
Abstract viewed = 124 times