Penyelesaian Ganti Kerugian Asuransi Kecelakaan Terhadap Penumpang Kendaraan Umum

  • Nur Indah Sari Putri Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Hamsir Hamsir Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penyelesaian ganti kerugian asuransi kecelakaan terhadap penumpang kendaraan umum di PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Sulawesi Selatan serta untuk mengetahui kendala-kendala apa saja yang dihadapi pihak PT Jasa Raharja dalam penyelesaian ganti kerugian asuransi kecelakaan terhadap penumpang kendaraan umum di Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pengumpulan data-data melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penyelesaian Ganti Kerugian Asuransi Kecelakaan Terhadap Penumpang Kendaraan Umum di Kota Makassar yang terjamin dan di bayar oleh PT Jasa Raharja Tahun 2019 ialah sebanyak 1.261 kasus dari 1.393 kasus. 2) Adapun kendala yang dihadapi oleh PT Jasa Raharja Cabang Sulawesi Selatan dalam melakukan penyelesaian ganti kerugian asuransi kecelakaan terhadap penumpang kendaraan umum di kota makassar ialah: tidak diketahui oleh kepolisian, penumpang kendaraan umum yang menjadi korban kecelakaan tidak terdaftar di manifes, serta mayat korban yang sulit untuk dikenali.

References

Andi Chaerunnisa, Andi Suci Sari Safitri, Yasnawi Idrus, “Analisa Kinerja Angkutan Umum di Kota Makassar (Pete-Pete trayek A dan D)”, Fakultas Hukum Universitas Muslim Indonesia, Vol. 1 No. 1, 2019 .

Ardin Todingallo, Kasubag Administrasi Santunan PT. Jasa Raharja (Persero) Cabang Sulawesi Selatan, Wawancara, Makassar, 15 Januari 2020.

Brama Arya Anindhita, Rinitami Njatrijani, Siti Mahmudah, “Klaim Asuransi Kecelakaan Lalu Lintas Terhadap Angkutan Umum Non Trayek”, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro Vol. 5 , No. 3, Juni 2016.

Ichsan, Kasubag Human Capital dan Umum PT. Jasa Raharja (Persero) Cabang Sulawesi Selatan, Wawancara, Makassar, 15 Januari 2020.

Kementrian Agama, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Bandung: CV Insan Kamil, 2011.

Muhammad Sabir, Kasubag SW dan Humas PT. Jasa Raharja (Persero) Cabang Sulawesi Selatan, Wawancara, Makassar, 15 Januari 2020.

Nurul Mawaddah Hasan, Sekretaris PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Sulawesi Selatan, Wawancara, Makassar, 15 Januari 2020.

PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Sulawesi Selatan.

Section
Volume 2 Nomor 2 Agustus 2020
Abstract viewed = 386 times