Efektivitas Aplikasi Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES)

  • A. Arianto Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Ashabul Kahpi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Efektivitas merupakan unsur pokok untuk mencapai tujuan atau sasaran yang telah ditentukan dalam setiap organisasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan paradigm interpretative. Data diperoleh dengan obsevasi dan wawancara secara mendalam, kemudian diproses tiga tahap yakni reduksi data, penyajian data sampai penarikan kesimpulan, Keabsahan data dilakukan dengan uji credibility, triangulasi sumber data, triangulasi teori dan uji transferability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di Desa Tompobulu dalam melakukan penerapan Aplikasi Siskeudes telah menjalankan secara menyeluruh dan dalam proses pengimputan dan pelaporanya di Desa Tompobulu sudah mekalukan proses pertanggungjawaban yang sudah relevan dan dalam menjalankan aplikasi tersebut namun tidak  terstruktur dengan baik karena Aparat  Desa Tompobulu  masih kurang  Sumber daya manusia terkait dengan tugas dari  masiing- masing aparatur Desa Tompobulu dalam menjalankan tupoksi masing-masing sehingga sistem pemerintahan di desa Tompobulu masih kurang  sebagaimana amanahkan permendagri dan UU No. 6 Tahun 2014 oleh karena itu  Desa Tompobulu  telah menerapkan prinsip patuh dan taat dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab serta bersikap adil dalam menyampaikan informasi sehingga semua proses pengerjaan dapat terselesaikan  dengan baik yang kemudian penerapan aplikasi siskeudes dapat menghasilkan kualitas akuntabilitas keuangan desa dalam mewujudkan tata kelolah desa yang baik.

References

Buku :

Hanif Nurholis, Pertumbuhan Dan Penyelenggaraan Pemerintah Desa Jakarta: Erlangga, 2011

Jurnal :

Anwar M. kontribusi dan peran pengelolaan keuangan desa dalam mewujudkan anggaran pendapatan belanja desa yang transparansi dan akuntabel (Survey pada perangkat Desa Di Kecamatan Ngalik Sleman Yogyakarta Jurnal Akuntansi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, 2012

Undang-Undang :

Permendagri Nomor 114 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pembangunan Desa Dan Permendagri Nomor 113 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Keuangan Desa.

AI-Qur’an :

Kementerian Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahan : Q.S. Ali Imran ayat 104 Bandung: CV Mikraj Khazanah Ilmu, 2013

Wawancara:

Profil Desa Tompobulu 2020

Observasi langsung di Desa Tompobulu Kecamatan Bulupoddo Kabupaten Sinjai , pada tanggal 01 Mei 2020

Wawancara Pribadi dengan Mahmuddin, (Kepala Desa Tompobulu) Senin 4 Mei 2020, pukul. 10.20 WIB

Wawancara Pribadi dengan Nursidin, (Kaur T.U Umum Desa Tompobulu) Senin 4 Mei 2020, pukul. 15.20 WIB

Wawancara Pribadi dengan mulyana sari, (Kaur keuangan Desa Tompobulu) Selasa 5 Mei 2020, pukul. 08.40 WIB

Wawancara Pribadi dengan Mustari musfa, (Sekretaris Desa Tompobulu) Rabu 6 Mei 2020, pukul. 12.40 WIB

Section
Volume 2 Nomor 2 Agustus 2020
Abstract viewed = 2248 times