Analisis Hukum dan Hak Asasi Manusia Terkait Vonis Hukuman Mati Terhadap Pelaku Pembunuhan Berencana Satu Keluarga di Kota Makassar

  • Nurlia Lia UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN MAKASSAR
    (ID)
  • Jumadi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
Keywords: Sentence of Death, Premeditated murder

Abstract

Penelitian ini berjudul Analisis Hukum Dan Hak Asasi Manusia Terkait Vonis Hukuman Mati Terhadap Pelaku Pembunuhan Berencana Satu Keluarga Di Kota Makassar yang bertujuan untuk mengetahui pertimbangan hakim sehingga menjatuhkan vonis hukuman mati terhadap pelaku pembunuhan berencana satu keluarga di kota Makassar dan untuk mengetaui penjatuhan vonis hukuman mati terhadap pelaku pembunuhan berencana dalam perspektif hak asasi manusia. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan metode  pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Dan menggunakan sumber data penelitian yaitu data primer dan data sekunder serta melakukan teknik pengolahan data dan analisis data secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, yang menjadi pertimbangan hakim untuk menjatuhkan vonis hukuman mati terhadap pelaku pembunuhan berencana satu keluarga di kota Makassar karena tidak ada satupun alasan yang dapat meringankan hukuman tersebut, menurut keterangan ketua majelis hakim di Pengadilan Negeri Makassar beberapa alasan pemberat yaitu, korban dari pembunuhan berencana ini sebanyak enam orang dan salah satu korban merupakan anak kecil, kedua pelaku masing-masing pernah melakukan tindak pidana sebelumnya, alasan pembunuhan tersebut karena hutang narkoba yang belum dibayar, dan pembunuhan berencana ini dilakukan secara sadar dan tanpa tekanan dari orang lain. Dalam perspektif hak asasi manusia memang penjatuhan vonis hukuman mati melanggar hak hidup seseorang sebagaimana yang terdapat dalam pasal 28I aUndang-Undang Dasar tahun 1945 akan tetapi dalam pasal selanjutnya yaitu pasal 28J Undang-Undang Dasar tahun 1945 juga dijelaskan bahwa dalam rangka menegakkan hak asasi manusia tersebut juga harus menghormati hak asasi manusia lainnya. Dalam KUHPidana juga masih mencantumkan adanya pindana pokok yang salah satunya adalah pidana mati yang terdapat dalam pasal 10 KUHPidana, maka dari itu penjatuhan vonis hukuman mati untuk pelaku pembunuhan berencana satu keluarga di kota Makassar ini memang sudah sewajarnya.

 

Author Biography

Nurlia Lia, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN MAKASSAR
ILMU HUKUM ANGKATAN 2016

References

Al-Hakim, S, dkk, Pendidikan Kewarganegaraan: Dalam Konteks Indonesia (Malang: Universitas Negeri Malang, 2012)

Andi Natsif, Fadli, Kejahatan HAM (Perspektif Hukum Pidana Nasional Dan Hukum Pidana Internasional), (Jakarta: Rajawali Pers. 2016)

Andi Natsif, Fadli. “Payung hukum bacaleg mantan koruptor”, Majalah konstitusi akhir sengketa pilkada 2018, Mahkamah Konstitusi,(Oktober 2018).

Widhy Adrian Pratama, “Penegakan Hukuman Mati Terhadap Pembunuhan Berencana”. SIGN Jurnal Hukum. Vol. 1, No. 1, (September 2019)

Kitab undang-undang hukum pidana

Undang-Undang Dasar 1945 Hasil Amandemen dan Proses Amandemen 1945

https://www.kompasiana.com/suciana0496/55547fc66523bda6144af03e/hukuman-mati-dilihat-dari-perspektif-hak-asasi-manusia

https://tafsirq.com/17-al-isra/ayat-33#tafsir-jalalayn

Burhanuddin, S. Nikah siri: menjawab semua pertanyaan tentang nikah siri. Pustaka Yustisia, 2010.

Den Heijer, Johannes, and Syamsul Anwar. Islam, Negara dan Hukum. 1993.

Fuady, M. I. N. (2019). Siri'Na Pacce Culture in Judge's Decision (Study in Gowa, South Sulawesi Province). FIAT JUSTISIA: Jurnal Ilmu Hukum, 13(3), 241-254.

Fuady, M. I. N. (2021). Local Wisdom in Criminal Law Enforcement.

Gunawan, E. Nikah Siri dan Akibat Hukumnya Menurut UU Perkawinan. Jurnal Ilmiah Al- Syir'ah, 2013.

Iismiaty, A., Maloko, M. T., & Sanusi, N. T. Status Hukum Pernikahan Sirri Dalam Hukum Islam. Alauddin Law Development Journal, 2(2), 2020.

Istiqamah, I.Tinjauan Yuridis Pembagian Harta Warisan Pasangan Suami Istri Yang Beda Agama (Perspektif Hukum Islam DAN KUHPerdata). Jurisprudentie: Jurusan Ilmu Hukum Fakultas Syariah dan Hukum, 4(1), 2017

Nur Fuady, M. I. (2020). Moderasi Beragama Pada Diskresi Kepolisian Dalam Memberantas Kriminalitas Geng Motor.

Sharfina, N. H., Paserangi, H., Rasyid, F. P., & Fuady, M. I. N. (2021, October). Copyright Issues on the Prank Video on the Youtube. In International Conference on Environmental and Energy Policy (ICEEP 2021) (pp. 90-97).

Syamsuddin, R., Fuady, M. I. N., Prasetya, M., & Umar, K. (2021). The effect of the COVID-19 pandemic on the crime of theft. International Journal of Criminology and Sociology, 10, 305-312.

Published
2022-02-27
Section
Volume 4 Nomor 1 Maret 2022
Abstract viewed = 145 times