Implementasi Peraturan Daerah Pengelolaan Pendapatan Daerah dalam Rangka Pelaksanaan Pembangunan di Kabupaten Soppeng

  • Asri Wahyudi
  • Tri Suhendra Arbani Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Implementasi Peraturan Daerah Pengelolaan Pendapatan Daerah Dalam Rangka Pelaksanaan Pembangunan Di Kabupaten Soppeng” dimana pada penelitian ini mengangkat sebuah persoalan kebijakan pemerintah daerah terkait peraturan daerah serta implementasi peraturan daerah yang mengatur tentang pengelolaan pendapatan daerah yang digunakan dalam pelaksanaan pembangunan. Didalam perda No. 3 Tahun 2008 Pemerintah daerah Kab. Soppeng membentuk Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) yang memiliki tugas untuk melaksanakan sebagian kewenangan atau urusan pemerintahan berdasarkan asas otonomi dan tugas pembantuan di bidang pendapatan, pengelolaan, dan aset daerah. Penelitian ini dilaksanakan di Kab. Soppeng dan merupakan penelitian kualitatif lapangan, dengan cara mengumpulkan data dengan obsesrvasi, wawancara, dan kajian pustaka. Dalam penelitian ini menunjukkan kebijakan Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah tetap mengacu kepada Undang- Undang No. 28 Tahun 2009 Tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Dengan mengacu kepada undang- undang tersebut pemerintah daerah membentuk/ membuat Peraturan Daerah yang menaungi masing- masing bidang. Implemetasi Peraturan Daerah yang mengatur  pengelolaan pendapatan daerah yang akan digunakan dalam pelaksanaan berbagai pembangunan sudah berjalan dengan baik, hal ini dapat dilihat oleh banyaknya pembangunan- pembangunan yang dilakukan pemerintah daerah baik itu pembangunan fisik maupun non- fisik. Akan tetapi masih ada hambatan yang dilalui oleh DPPKAD dalam mengelola pendapatan daerah yakni masih ada masyarakat yang tidak membayar pajak. Dalam penelitian ini diharapkan pemerintah tetap memperhatikan peraturan- peraturan yang ada kaitannya terhadapa pengelolaan pendapatan sehingga dapat berjalan lebih optimal.

References

Ahmad, Amar. Perkembangan Teknologi Komunikasi Dan Informasi: Akar Revolusi Dan Berbagai Standarnya, Jurnal Dakwah Tabligh33, no. 1 Juni 2012.

Auliah, Widyaranti, Jumadi. Efektivitas Peraturan Daerah Perdagangan Orang Dalam Upaya Pencegahan Human Trafficking, Alauddin Law Development Journal (ALDEV)2, no. 2 Agustus 2020.

Irhadi Hakim, Muh. Jumadi, Safriani, Andi. Pengawasan Menteri Dalam Negeri Terhadap Peraturan Daerah Tentang Pajak Daerah, Alauddin Law Development (ALDEV)1, no. 1 Maret 2019.

Kabul Mali, Ali, dan Indra Trigunarso, Sri. Perencanaan Pembangunan Daerah Depok: Kencana, 2017.

Kahpi, Ashabul. Tinjauan Terhadap Kejahatan di Bidang Perpajakan, Jurnal Jurisprudentie2, no. 1 Juni 2015.

Kahpi, Ashabul. Upaya Kearah Realisasi Target Penerimaan Pajak, Al-Risalah20, no. 1 November 2020.

Kamaruddin, Jafar, Usman. Tata Kelola Pemerintahan Desa Lampoko Kecamatan Campalagian Kabupaten Polewali Mandar Perspektif Siyasah Syar’iyyah), Siyasatuna2, no. 2 Mei 2020.

Kementerian Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahannya.

Megawati, Rahmiati. Efektivitas Pelayanan Terpadu Dalam Perizinan Mendirikan Bangunan Guna Mewujudkan Kualitas Pelayanan Publik di Kabupaten Sinjai, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Program Studi Hukum Tatanegara (Siyasah Syar’iyyah)1, no. 1 November 2019.

Putra, Windu. Tata Kelola Ekonomi Keuangan Daerah (Depok: Rajawali Pers, 2018.

Rahmatiah, Efektifitas Penerapan Pengendalian dan Pengawasan Miras di Makassar, al-daulah5, no. 2 Desember 2016.

Rais Amar, Abd. Pengaturan Peraturan Daerah (PERDA) Syariah Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, El-Iqtishady1, no. 1 Juni 2019.

Rismawati, Safriani, Andi. Analisis Sistem Pengelolaan Dana Desa Berdasarkan Regulasi Keuangan Desa (Studi Kasus Bontomanai Kecamatan Tomponulu Kabupaten Maros), QadāuNā 1 Edisi Khusus Oktober 2020.

Safriani, Andi. Telaah Atas Asas Akuntabilitas Dalam Pengelolaan Keuangan Daerah, jurisprudentie4, no. 1 1 Juni 2017.

Sinilele, Ashar. Tinjauan Yuridis terhadap Pelaksanaan Pengadaan Tanah bagi Pembangunan untuk Kepentingan Umum di Kota Makassar, Al-Qaḍāu4, no. 1 Juni 2017.

Published
2022-12-04
Section
Volume 4 Nomor 3 November 2022
Abstract viewed = 113 times