Perjanjian Sewa Beli dengan Mengatasnamakan Pihak Ketiga dalam Perjanjian Pembiayaan Konsumen

  • M Fariz Pratama Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Fadli Andi Natsif Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kasus posisi pada putusan No. 38/Pdt/G.S/2020/PN.Mks beserta dengan pertimbangan hakimnya dalam memenangkan Sofyan Alexander (pihak pertama) dalam sengketa kepemilikan atas satu unit toyota kijang innova V luxury tahun 2017. Secara teoritis penelitian ini mempunyai manfaat memberikan penjelasan kepada pembaca tentang perjanjian sewa beli dan faktor-faktor penyebab terjadinya perjanjian sewa beli dengan mengatasnamakan pihak ketiga. Sedangkan secara praktis penelitian ini mempunyai manfaat sebagai acuan atau referensi untuk mahasiswa hukum ataupun masyarakat dalam hal perjanjian sewa beli.Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa sengketa terjadi karena adanya itikad tidak baik oleh Selvi Alexander (pihak ketiga) yang ingin menguasai mobil tersebut. Disamping itu hakim juga berpendapat bahwa Sofyan Alexander (pihak pertama) mempunyai bukti yang kuat bahwa ia yang membayar seluruh biaya pembelian mobil tersebut dengan menunjukkan bukti pembayaran yang telah bermaterai cukup. Oleh karena itu, hakim memutuskan bahwa Sofyan Alexander berhak atas satu unit mobil Toyota Kijang Innova Luxury tahun 2017.

Author Biography

M Fariz Pratama, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Jurusan Ilmu Hukum angkatan 2017

References

B.N. Marbun, Membuat Perjanjian Yang Aman dan Sesuai Hukum. Jakarta: Puspa Swara, 2009.

Jonaedi Efendi, Johnny Ibrahim, Metode Penelitian Hukum : Normatif dan Empiris. Jakarta: Kencana, 2018.

Marilang, Hukum Perikatan: Perikatan Yang Lahir Dari Perjanjian. Makassar, Indonesia Prime, 2017.

Rahman Syamsuddin dan Ismail Aris, Merajut Hukum di Indonesia. Jakarta : mitra wacana media, 2014.

Sudarto, Metodologi Penelitian Filsafat. Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2002.

Andi Arvian Agung, Erlina, ”Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Pengguna Jasa Pinjaman Online ”Alauddin Law Development Journal (ALDEV) 2, no.3 (2020): h. 432-444

Anggriyani, Kiki, Erlina dkk “Tinjauan Yuridis Terhadap Jual Beli Tanah Dan Bangunan Yang Dibebani Hak Tanggungan” Alauddin Law Development Journal (ALDEV) 1, no.1 (2019).

Fatur Rahman, Ahmad, Hadi Daeng Mapuna, “Tanggung jawab Pegadaian Syariah Atas Hilang Atau Rusaknya Barang Jaminan Dalam Perspektif Hukum Islam”, Iqtishaduna : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Jurusan Hukum Ekonomi Syariah 2, no. 1 (2020)

Wahyuni, Mirna, Istiqamah, “Penyelesaian Wanprestasi Perjanjian Sewa Beli Motor Berdasarkan Asas Pacta Sunt Servanda” Alauddin Law Development Journal (ALDEV) 2, no.1 (2020)

Published
2023-11-11
Section
Volume 5 Nomor 3 November 2023
Abstract viewed = 50 times