Analisis Pengaruh Media Informasi Terhadap Perilaku Gizi Seimbang Mahasiswa FKIK UINAM 2021
Abstrak
Media informasi adalah sebuah media yang dapat memudahkan dalam mengetahui informasi secara luas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara media informasi terhadap perilaku gizi seimbang pada mahasiswa FKIK UINAM 2021. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa FKIK UINAM Angkatan 2018-2020. Jumlah sampel sebanyak 182 dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. besar sampel menggunakan rumus lemeshow. Instrument penelitian adalah kuesioner. Data analisis menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian didapatkan bahwa ada hubungan antara media informasi baik dengan perilaku baik terhadap gizi seimbang dengan hasil uji statistic chi squre diperoleh p-Vlue 0.004. sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin baik kita memperoleh informasi mengenai gizi seimbang, maka semakin baik pula perilaku penerapan gizi seimbang kita. Hal ini dikarenakan ketika seseorang memperoleh informasi maka semakin meningkatnya pengetahuan mengenai Gizi seimbang sehingga dapat menerapakan perilaku gizi seimbang dengan baik. Peneliti merekomendasikan kepada para mahasiswa untuk lebih intens dalam mencari informasi dari berbagai sumber mengenai gizi seimbang.
##submission.citations##
Caesar, D. L., & Prasetya, B. A. (2020). Efektifitas Media Poster Dalam Meningkatkan Pengetahuan Sanitasi Dasar Di Sdn 01 Wonosoco Undaan Kudus In Improving Basic Sanitation Knowledge. 6(1), 83–91.
Cahyono, A. S. (n.d.). Anang Sugeng Cahyono, Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat di Indonesia. 140–157.
Doni, F. R. (2017). Perilaku Penggunaan Media Sosial Pada Kalangan Remaja. 3(2), 15–23.
Dorey, E., & McCool, J. (2009). The role of the media in influencing children’s nutritional perceptions. Qualitative Health Research, 19(5), 645–654. https://doi.org/10.1177/1049732309334104
Fauzi, C. A. (2012). Analysis of The Knowledge and Behaviour of Adolescents Based on The General Guidelines of Balanced Nutrition ( PUGS ) Point 6 , 10 , 11 , and 12.
F., Madanijah, S., & Ekayanti, I. (2017). Pengembangan media edukasi gizi berbasis android dan website serta pengaruhnya terhadap perilaku tentang gizi. 12(November), 169–178. https://doi.org/10.25182/jgp.2017.12.3.169-178
Irnani, H., & Sinaga, T. (2017). Pengaruh pendidikan gizi terhadap pengetahuan , praktik gizi seimbang dan status gizi pada anak sekolah dasar. 6(1), 58–64.
Lathifa, S., & Mahmudiono, T. (2019). Pengaruh Media Edukasi Gizi Berbasis Web Terhadap Perilaku Makan Gizi Seimbang Remaja Sma Surabaya the Effect of Web-Based …. Mgk Journal, 4(August), 4–9. https://www.e-journal.unair.ac.id/MGK/article/view/20950
Martony, O. (2019). The Influence of Balanced Nutrition Extension Through Poster Media on the Improvement of Knowledge and Change Attitude. International Journal of Science and Society, 1(1), 98–106. https://doi.org/10.54783/ijsoc.v1i1.153
Pakhri, A., Gizi, J., Kesehatan, P., & Makassar, K. (2014). Asupan Energi , Protein Dan Besi Pada Remaja. 39–43.
J., No, V., April, E., & T, S. M. (2019). Pemanfaatan Internet Sebagai Media Informasi Pendidikan Pancasila. 4(1), 64–73.
J. K., & Suri, D. (2019). Pemanfaatan Media Komunikasi Dan Informasi Utilization of Communication Media and Information for Embody National. 17(2), 177–187.
Rafiq, A. (2015). dilengapi dengan fasilitas yang disediakan dalam berkomunikasi semakin beraneka macam, mulai dari. 18–29.
Riza, ifroh H. (2019). peran petugas promosi kesehatan dalam penggunaan audiovisual sebagai media komunikasi informasi dan edukasi. 7(2), 281–289.
Tengku, H. (2018). Pengaruh Edukasi Pedoman Gizi Seimbang Terhadap Pengetahuan dan Sikap Remaja Putri Kurus. 2(2), 90–99.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted to publish their work online in third parties as it can lead to wider dissemination of the work.