The Edukasi Gizi Ibu Balita Berbasis Buku KIA Terhadap Pengetahuan dan Status Gizi Kurang
Abstrak
Data SSGI Tahun 2022 menunjukkan prevalensi balita gizi kurang 7,7% dan di provinsi Banten meningkat dari 5,8% menjadi 9,8%. Gizi kurang pada balita menjadi penyebab utama terjadinya gangguan tumbuh kembang. Salah satu program pemerintah dalam menangani balita gizi kurang yaitu kelas edukasi ibu balita berbasis buku KIA yang diharapkan mampu memperbaiki status gizi balita gizi kurang. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh edukasi gizi melalui kelas ibu balita berbasis buku KIA terhadap status gizi pada balita gizi kurang. Metode penelitian experimental dengan desain one group pretest posttest design. Sampel penelitian ini 60 orang balita gizi kurang melalui teknik pengambilan sampel purposive sampling. Data primer meliputi karakteristik sampel, pengetahuan gizi ibu dikumpulkan melalui wawancara menggunakan kuesioner serta pengukuran antropometri. Data penelitian diolah menggunakan microsoft excel dan SPSS, dianalisis uji statistik Paired Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar balita (71,7%) berjenis kelamin laki-laki, sebesar 66,7% ibu memiliki latar belakang pendidikan sekolah dasar dan mayoritas tidak bekerja (76,7%) serta berasal dari keluarga dengan pendapatan perbulan di bawah UMR (53,3%). Data penelitian menunjukkan terdapat perubahan positif pada skor pengetahuan gizi ibu yaitu 30% menjadi 75% kategori baik dan 70% menjadi 25% kategori kurang. Sebagian besar balita mengalami peningkatan rata - rata berat badan, panjang badan dan nilai z-score BB/PB atau BB/TB. Hasil uji statistik Paired Sampel T-Test menunjukkan terdapat pengaruh edukasi gizi kelas ibu balita terhadap pengetahuan gizi ibu (p=0,000) dan status gizi balita (p=0,000). Diharapkan program kelas ibu balita ini dapat dilanjutkan, mengingat dampaknya yang dirasakan oleh kelompok sasaran.
Referensi
Akombi BJ, Agho K.E, Hall JJ, Wali N, Renzaho AMN, Merom D. (2017). Stunting, Wasting and Underweight in Sub-Saharan Africa: A Systematic Review. Int. J. Environ. Res. Public Health 2017, 14, 863. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5580567/
Aryanti, F. A. (2021). Door To Door Edukasi, Pemantauan Status Gizi Dan Program Mama Keren Untuk Pencegahan Gizi Kurang Pada Balita Di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal UMJ, 2714-6286. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/download/10945/6231
Badan Kebijakan Pembangunan Kesehatan. (2021). Buku Saku Hasil Studi Status Gizi Indonesia (SSGI) Tahun 2021. Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonsia; 2021. https://www.badankebijakan.kemkes.go.id/buku-saku-hasil-studi-status-gizi-indonesia-ssgi-tahun-2021/
Eriga F, Gulom G, Alege JB. (2024). Predictors of under-weight among children younger than 24 months in Nimule Border Town, Eastern Equatoria State, South Sudan: a community-based cross sectional study. BMC Public Health 24, 1400 (2024). https://doi.org/10.1186/s12889-024-18836-9
Erlina, S. (2023). Hubungan Keikutsertaan Ibu Dalam Kelas Ibu Balita Dengan Status Gizi Balita Di Desa Tegalsari Kecamatan Sidareja Tahun 2023. Cilacap. Universitas Al-Irsyad Cilacap. http://repository.universitasalirsyad.ac.id/id/eprint/590/
Indrayani Diyan, Legiati Titi, Hidayanti, Desi. (2024). Kelas Ibu Balita Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Ibu dalam Stimulasi Tumbuh Kembang. Jurnal Kesehatan Prima, [S.l.], v. 13, n. 2, p. 115-121, aug. 2019. ISSN 2460-8661. http://jkp.poltekkes-mataram.ac.id/index.php/home/article/view/240
KEMENKES. (2020). Pendekatan Keluarga dengan Kelas Ibu. Jakarta: KEMENKES RI.
Kostania, Gita. (2018). Ilmiah Bidan, Vol.Iii, No.3, 2018 | 11 Efektifitas Penyelenggaraan Kelas Ibu Balita Terhadap Pengetahuan Dan Perilaku Ibu Tentang Mp-Asi Usia 6-12 Bulan. http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/1857
Kurnia, Wida. (2018). Pengaruh Program Kelas Ibu Balita Terhadap Pengetahuan Ibu, Pola Asuh, Asupan Zat Gizi, Pola Makan Dan Status Gizi Pada Balita Gizi Buruk (BB/U) Usia 0-59 Bulan Di Wilayah Kerja Puskesmas Picung Tahun 2018. https://digilib.esaunggul.ac.id/pengaruh-program-kelas-ibu-balita-terhadap-pengetahuan-ibu-pola-asuh-asupan-zat-gizi-pola-makan-dan-status-gizi-pada-balita-gizi-buruk-bbu-usia-059-bulan-di-wilayah-kerja-puskesmas-picung-tahun-2018-10488.html
Martorell R, Flores R, Hickey M. (2002). Stunting in Guatemala: Analyses of Change over 15 Years; Abt Associates: Bethesda, MD, USA, 2002. https://pdf.usaid.gov/pdf_docs/pnacx563.pdf
Mbuya, MNN. (2010). Biological, Social, and Environmental Determinants of Low Birth Weight and Stunting among Infants and Young Children in Zimbabwe; Zimbabwe Working Papers, No. 7. Calverton; ICF Macro: Rockville, MD, USA, 2010. 40. https://www.semanticscholar.org/paper/Biological%2C-social%2C-and-environmental-determinants-Mbuya-Chidem/f36414d15d7e8a6f46aea7b465e69e43e642bbdf
Pandeglang, D. (2022). Profil Kesehatan . Pandeglang: Dinkes Pandeglang.
Perdana Rio Cahya, Tirsa Neyatri Bandrang. (2020). Analisis Tingkat Konsumsi Dan Elastisitas Pendapatan Terhadap Pengeluaran Pangan Dan Non Pangan Karyawan Pt Salonok Ladang Mas. MAHATANI Vol. 3, No. 1, Juni 2020. Doi: http://dx.doi.org/10.52434/mja.v3i1.915
Prasad JBahadur, Ali Pezhhan, Sudhirgouda H. Patil. (2021). Effect of wealth, social inequality, Mother's BMI, and education level on child malnutrition in India, Diabetes & Metabolic Syndrome: Clinical Research & Reviews, Volume 15, Issue 6, 2021,102304, ISSN 1871-402. https://doi.org/10.1016/j.dsx.2021.102304
Sianturi O, Nadhiroh SR, Rachmah Q. (2023). Association between Parents’ Education Level and Income and Children’s Nutritional Status: A Literature Review. Media Gizi Kesmas, 12(2), 1070–1075. https://doi.org/10.20473/mgk.v12i2.2023.1070-1075
Thurstans S, Opondo C, Seal A, Wells JC, Khara T, Dolan C, Briend A, Myatt M, Garenne M, Mertens A, Sear R, Kerac M. (2022). Understanding Sex Differences in Childhood Undernutrition: A Narrative Review. Nutrients. 2022 Feb 23;14(5):948. doi: 10.3390/nu14050948. PMID: 35267923; PMCID: PMC8912557. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC8912557/pdf/nutrients-14-00948.pdf
United Nations Children’s Fund. (2020). Situasi Anak di Indonesia – Tren, Peluang, dan Tantangan Dalam Memenuhi Hak-Hak Anak. Jakarta: UNICEF Indonesia.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted to publish their work online in third parties as it can lead to wider dissemination of the work.