Analisis Pemahaman Konsep Dan Kesulitan Peserta Didik Dalam Materi Fisika Kuantum
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman konsep fisika peserta didik pada materi Fisika Kuantum. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif yang memiliki responden terdiri dari 30 siswa kelas XII di SMA Negeri 14 Medan. Instrumen penelitian berupa 10 soal tes pemahaman konsep materi fisika kuantum (selalu, sering, kadang-kadang, jarang, tidak pernah) dan 10 soal tes kesulitan siswa dalam materi fisika kuantum (selalu, sering, kadang-kadang, jarang, tidak pernah) yang disebarkan langsung melalui angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan, pemahaman konsep peserta didik terkait materi fisika kuantum dengan kategori rendah yaitu 14%. Namun beberapa peserta didik masih mengalami kesalahan dalam memahami beberapa konsep fisika kuantum ini, diantaranya peserta didik belum paham tentang superposisi,ketidakpastian heisenberg, contoh atau ilustrasi untuk memahami konsep fisika kuantum,serta konsep pengaplikasian fisika kuantum dalam kehidupan sehari hari dibidang teknologi.
Downloads
Copyright (c) 2024 Christin Elida Sari Siahaan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika for publication, copyright publishing of the article shall be assigned/transferred to Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar as Publisher of the journal. Upon acceptance of an article, authors will be asked to complete a 'Copyright Transfer Agreement'. An e-mail will be sent to the corresponding author confirming receipt of the manuscript together with a 'Copyright Transfer Agreement' form by the online version of this agreement.
Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika and Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar, , and Physics Society of Indonesia as the Editors and the Advisory International Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The copyright form should be signed electronically and send to the Editorial Office in the form of the original e-mail: [email protected]