POLITIK PEWARIS NABI SAW.; Sebuah Diskursus Kontestasi Politik
Abstract
Wafatnya Rasulullah Saw. meninggalkan lubang besar trauma dalam tubuh politik ummat Islam menyangkut apa karakter kekuasaan yang dimiliki oleh Rasulullah Saw., siapa yang berhak diterima sebagai pewaris kuasa Rasulullah Saw., bagaimana modus operandi kuasa pewaris Rasulullah Saw. Pertanyaan-pertanyaan ini bermuara pada pelacakan tiga posisi subjek epistemologis cum historis yang hadir dalam realitas sosial ummat Islam. Tiga posisi ini adalah a). Imam Syiah, b). Ahli Fikih (Faqih jamak Fukaha), c). Sufi & Pelaku `irfan (Arif jamak `Urafa) yang lazim dikenal sebagai wali jamak awliya. Tiga posisi ini mesti dibaca sebagai relasi kontestatif power-knowledge cum biopolitics yang menyarankan bahwa relasi dan produksi kuasa-pengetahuan senantiasa bermuara pada hirarki subjek dalam masyarakat dengan tujuan mereproduksi kepatuhan sehingga tatanan social Islami bisa terwujud.Downloads
References
Al-Sadr, Muhammad Baqir. Trend of History in Quran, Terj. M. S. Nasrullah, Paradigma dan Kecenderungan Sejarah dalam Al-Quran, Jakarta: Shadra Press, 2010.
Al-Syahrastani, Muhammad ibn ‘Abd al-Karim Ahmad. Muslim Sects and Divition: The Section on Muslim Sects in Kitab al-Milal wa al-Nihal, Terj. Syuaidi Asy’ari, al-Milal wa al-Nihal; Aliran-Aliran Teologi dalam Islam, Bandung: Mizan, 2004.
Arsuka, Nirwan Ahmad, ed. Esei-Esei Bentara 2004, Jakarta: Penerbit Buku Kompas, 2004.
Badiou, Alain. Deleuze; La Clameur De L’etre, Transl. Louise Burchill, Deleuze; the Clamor of Being, Minneapolis: University of Minnesota Press, 1999
Bertens, Kees. Filsafat Barat Kontemporer, Jakarta: Gramedia, 2002.
Black, Antony. The History of Islamic Political Thought; From The Prophet to The Present, Edinburgh: Edinburgh University Press, 2011.
Brown, L. Carl. Religion and State; the Muslim Approach to politic, Terj. Abdullah Ali, Wajah Islam Politik, Jakarta: Serambi, 2003.
Corbin, Henry. Alone With The Alone; Creative Imagination In Sufism of Ibn `Arabi, Princeton: Princeton University Press, 1998.
Dhabasi, Hamid. Islamic Liberation Theology, Oxon: Routledge, 2008.
,Shi’ism; A Religion of Protest, New York: Belknap Press of Harvard University Press, 2011.
Fisher, Bob. “Pendekatan Filosofis,” dalam Peter Connolly, ed. Approches to Study of Religion, Terj. Imam Khoiri, Aneka Pendekatan Studi Agama, Yogyakarta: LkiS, 2011.
Foucault, Michel. La Volente de Savoir, Terj. R. S. Hidayat, Ingin Tahu Sejarah Seksualitas, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, tanpa tahun
Habermas, Jurgen. The Theory of Communicative Action Vol. I Reason and the Rationalization of Society, Cambridge: Polity Press, 1986.
Hardiman, F. Budi. Memahami Negativitas, Jakarta: Kompas, 2005
Harland, Richard. Superstructuralism, Terj. Iwan Hendarmawan, Superstrukturalisme, Bandung: Jalasutra, 2006.
Ja’farian, Rasul. History of The Caliphs; From The Death of The Messenger (s) to The Decline of the Umayyad Dynasty 11-132 H, Terj. Ilyas Hasan, Sejarah Islam, Jakarta: Penerbit Lentera, 2003.
Kazemi, Reza Shah. Justice and Remembrance; Introducing The Spirituality of Imam ‘Ali>, London: I. B. Tauris, 2006.
Kazhim, Musa. Tafsir Sufi, Bandung: Penerbit Lentera, 2003.
Khomeini, Imam. Syarh-e Hadits Junud-e Aql wa Jahl, Terj. M. Ilyas Insan Ilahiah, Jakarta: Pustaka Zahra, 2004.
,Syarh al-‘Arbain al-Hadisan, Terj. Musa Kazhim, 40 Hadis, Bandung: Mizan, 2009.
,al-Hukumah al-Islamiyyah/Islamic Government, Terj. M. A. Maulachela, Pemikiran Politik Islam, Jakarta: Shadra Press, 2010.
Layder, Derek. Understanding Social Theory, California: Sage Publication, 2004.
Leaman, Oliver. A Brief Introduction to islamic Philosophy, Terj. M. Kazhim & A. Mulyadi, Pengantar Filsafat Islam, Bandung: Mizan, 2002.
Mathar, Moch. Qasim. Perkembangan Pemikiran Politik di Indonesia Pada Masa Orde Baru dalam Perspektif Islam, Makassar: Alauddin Press, 2011.
Marhaban, Musadiq. “Imam Mahdi> dalam Peninjauan Mesianologi Ibrahimik.” Makalah yang disajikan pada seminar Mahdawiyat di Universitas Hasanuddin, Makassar, 12 Juli 2012.
Miri, Seyyed Muhsin. The Perfect Man; A Comparative Study in Indian and Iranian Philosophical Thought, Terj. Zubair, Sang Manusia Sempurna, Jakarta: Teraju, 2004.
Mohamad, Goenawan. Sjahrir di Pantai dalam Setelah Revolusi Tak Ada lagi, Jakarta: Alvabet, 2005.
Morris, James W. Situating Islamic 'Mysticism': Between Written Traditions and Popular Spirituality, dalam R. Herrera (Ed.), Mystics of the Book: Themes, Topics and Typologies, New York/Berlin: Peter Lang, 1993.
Morris, James W. and William Chittick. Ibn 'Arabī: The Meccan Revelations, New York, Pir Press, 2002.
Murata, Sachiko. The Tao of Islam, Terj. Rahmani Astuti & M.S. Nasrullah, The Tao of Islam; Kitab Rujukan Relasi Gender dalam Kosmologi dan Teologi Islam, Bandung: Mizan, 2004.
Murata, Sachiko and William Chittick, The Vision of Islam, Minnesota: Paragon Hause, 1994.
Muthahhari, Murtadha. Perfect Man, Terj. M. Hashem, Manusia Sempurna, Jakarta: Lentera, 2001.
,Pengantar Pemikiran Shadra; Filsafat Hikmah, Bandung: Mizan, 2002.
,Asyna’i ba Ulum-e Islami, Terj. Ibra>him Husain al-Habsyi dkk., Pengantar Ilmu-Ilmu Islam, Jakarta: Pustaka Zahra, 2003.
Najaf Lakza’i, Akbar. Say-r e Tatavvur-e Tafakkur-e Siyosi-e Emom Khomeini, Terj. Muchtar Luthfi, Dinamika Pemikiran Politik Imam Khomeini, Jakarta: Shadra Press, 2010.
Nasr, Seyyed Hossein. An Introduction to Islamic Cosmological Doctrines, Bath: Thames and Hudson, 1978.
———————,Knowledge and The Sacred, New York: SUNY Press, 1989.
,Traditional Islam in the Modern World terj. Luqman Hakim Islam Tradisi (Bandung: Penerbit Pustaka, 1994
———————,Ideals and Realities of Islam, Chicago: ABC International Group, 2000.
———————,The Heart of Islam, Terj. N.A.F. Sutan Harahap, The Heart of Islam; Pesan-pesan Universal Islam Untuk Kemanusiaan, Bandung: Mizan, 2003.
Nasr, Seyyed Hossein and Ramin Jahanbegloo. In Search of The Sacred; Conversation With Seyyed Hossein Nasr, California: Praeger, 2010.
Negri, Antonio and Michael Hardt. Empire, New York: Harvard University Press, 2001.
Piliang, Yasraf A. Multiplisitas dan Diferensi, Bandung: Jalasutra, 2008.
,Agama dan Imajinasi, Bandung: Mizan, 2011.
,Transpolitika, Bandung: Jalasutra, 2011.
Ricouer, Paul. Hermeneutics and the Human Sciences Terj. Muhammad Syukri, Hermeneutika Ilmu Sosial, Yogyakarta: Kreasi Wacana, 2006.
Sachideena, Abdul A. (Ed.), Imam Mahdi> & Global Governance, Terj. Zulkhaer, Pemerintahan Akhir Zaman, Jakarta; Alhuda, 2006.
Sadra, Mulla. al-Hikmah al-‘Arsyiyyah, Terj. Dimitri Mahayana, Kearifan Puncak, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2002.
—————,al-Mazahir al-Ilahiyyah fi Asrar al-‘Ulum al-Kamaliyyah, Terj. Irwan Kurniawan, Manifestasi-Manifestasi Ilahi, Jakarta: Shadra Press: 2011.
Stramel, James S. How to Write A Philosophy Paper, Terj. Agus Wahyudi Cara Menulis Makalah Filsafat ,Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.
Strauss, Leo. Studies in Platonic Political Philosophy , Chicago: University of Chicago press, 1984.
Storey, John. Cultural Studies and the Study of Popular Culture; Theories and methods, Terj. Layli Rahmawati, Cultural Studies dan Kajian Budaya Pop, Bandung: Jalasutra, 2008.
Takeshita, Masataka. Ibn ‘Arabi’s Theory of the Perfect Man and its Place in History of Islamic Thought, Terj. Harir Muzakki, Insan Kamil; Pandangan Ibn ‘Arabi, Surabaya: Risalah Gusti, 2005.
Yamani. Filsafat Politik Islam; Antara al-Farabi dan Khomeini, Bandung: Mizan, 2003.
Yazdi, Mehdi Ha’iri. The Principles of Epistemology in Islamic Philosophy; Knowledge by Presence, Terj. Husain Heriyanto, Epistemologi Iluminasionis dalam Filsafat Islam, Bandung: Mizan, 2003.