PEMIKIRAN ALI ABD AL-RAZIQ TENTANG KHILAFAH

  • Hasyim Haddade
    (ID)

Abstract

Salah seorang pemikir besar yang mcngemukakan pikirannya tentang perlunya dihidupkan  kembali  sistem ke-khalifahan bagi dunia  Islam ialah  Rasyid  Rida.. Pikiran-pikirannya itu dikumpulkan dalam bukunya  Al-Khilafah wa al-Imamah al-‘Uzwa. Menurut  Ali Abd al-Raziq, khilafah adalah salah satu  pola pcmerintahan dengan kekuasaan tertinggi dan mutlak berada pada seorang kepala Negara yang bergelar khalifah, pengganti  Nabi Muhammad Saw. yang memiliki kewenangan  mengatur  kehidupan  dan urusan umat atau rakyat banyak, baik keagamaan maupun keduniaan. Gagasan yang ditawarkan  oleh  Ali  Abd al-Raziq ini segaris  dengan logika berfikir dan merupakan  usaha  untuk  membongkar kemapanan  ajaran Islam  yang salah kaprah. Adanya pemilahan atau pemetaan ajaran Islam sudah saatnya dimulai dan diaplikasikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Quranul Karim

Abd al-Raziq, Ali. Al-Islam wa Ushul al-Hukm, Cet. III;. Mesir: Syarikah Musamahan Misriyah, 1925.

Abd al-Raziq, Ali. “Al-Islam wa Ushul al-Hukm (Bahts Fi al-Khilafah wa al-Hukumah)”, terjemahan Afif Muhammad dengan judul Khilafah dan Pemerintahan Dalam Islam, Cet. I;. Bandung: Pustaka, 1985.

Al-Bakry, dkk. Kamus Peristilahan Modern dan Populer, Surabaya: Indah, 1996.

Departemen Agama RI, Al-Quran dan Terjemahnya, Semarang: CV. Toha Putra, 1989.

Echolas, John dan Hassan Shadily, An English – Indonesian Dictionary, Cet. XXIII; Jakarta: Gramedia, 1996.

Effendi, Bahtiar. Islam dan Negara; Transformasi Pemikiran dan Praktik Politik Islam di Indonesia, terjemahan Ali Fauzi, Jakarta: Paramadina, 1998.

J. Donohue, John. & John L. Esposito, Islam In Transition: Muslim Perspektives, diterjemahkan oleh Drs. Machnun Husein dengan judul Islam dan Pembaharuan: Ensiklopedi Masalah-Masalah, Cet. V; Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1995.

Nasution, Harun. Pembaharuan Dalam Islam; Sejarah Pemikiran dan Gerakan, Cet. IX; Jakarta: Bulan Bintang, 1992.

Syadzali, Munawir. Islam dan Tata Negara; Ajaran Agama dan Pemikiran, Cet. III; Jakarta: UI Press, 1990.

Al-Munawwir Ahmad, Al-Munawwir; Kamus Arab – Indonesia, Cet. IV; Surabaya: Pustaka Progressif, 1997.

How to Cite
Haddade, H. (1). PEMIKIRAN ALI ABD AL-RAZIQ TENTANG KHILAFAH. Aqidah-Ta: Jurnal Ilmu Aqidah, 2(1), 53 - 60. https://doi.org/10.24252/aqidahta.v2i1.3464
Section
Artikel
Abstract viewed = 1294 times