Pengaruh Tarif dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Jasa Pengiriman Barang Pada PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir Cabang Makassar
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisispengaruh tarif pengiriman barang dan kepuasan pelanggan terhadap keputusan memilih jasa pengiriman pada PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir Cabang Makassr, dengan menggunakan metode analisis regresi berganda.Populasi dalam penelitian adalah pelanggan yang sering melakukan pengiriman barang, sedangkan tehnik penarikan sampel dengan menggunakan teknik Sampling Aksidentalyaitu siapa saja yang secara kebetulan bertemu dapat digunakan sebagai sampel dengan syarat minimal 2 kali pelanggan melakukan pengiriman.Tarif pengiriman barang mempunyai pengaruh negatif dan signifkan terhadap keputusan memilih jasa pengiriman, sedangkan kepuasan pelanggan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan memilih jasa pengiriman pada perusahaan PT Tiki Jalur Nusantara Ekakurir Cabang Makassar.
Referensi
Amirullah, 2012, Perilaku Konsumen, cetakan pertama, Penerbit, Graha Ilmu, Jakarta.
Harini, 2012. Makroekonomi Pengantar, Penerbit : Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Ghozali, Imam, 2009. Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program SPSS, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.
Hasan Ali, 2013, Marketing, cetakan pertama, Penerbit : MedPress, Yogyakarta
Hasan Ali, 2013, Marketing, cetakan pertama, Penerbit : MedPress, Yogyakarta
Kotler, Philip. dan Keller, Kevin Lane, 2013. Manajemen Pemasaran, Jilid 1, edisi Ketigabelas, Penerbit : Erlangga, Jakarta.
Machfoedz Mahmud, 2010, Pengantar Pemasaran Modern, cetakan pertama, Penerbit : UPP AMP YKPN, Yogyakarta
Rangkuti, Freddy, 2003, Measuring Customers Satisfaction,Teknik mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Plus Analisis Kasus PLN-JP, Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta
Salusu, J. 2013. Pengambilan Keputusan Stratejik Untuk Organisasi Publik dan Organisasi Nonprofit. Penerbit : Gramedia Widia Sarana Indonesia. Jakarta.
Sugiyono, 2011, Statistik Untuk Penelitian, cetakan kesembilanbelas, Penerbit : Alfabeta, Bandung
Sumarwan, Ujang, 2012, Perilaku Konsumen, Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran, cetakan pertama, Penerbit : Ghalia Indonesia, Jakarta
Swastha, Basu dan T. Hani Handoko, 2013, Manajemen Pemasaran, Analisa Perilaku Pelanggan, edisi kedua, cetakan keempat, Penerbit BPFE, Yogyakarta
Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra, 2011, Service, Quality dan Satisfaction, Andi, Yogyakarta
Tjiptono Fandy, 2014, Pemasaran Jasa Prinsip Penerapan Penelitian, edisi pertama, Penerbit : Andi Yogyakarta
-----------------, 2009, Strategi Pemasaran, edisi kedua, cetakan ketujuh, Penerbit : Andi, Yogyakarta
Wijaya Tony, 2011, Manajemen Kualitas Jasa, cetakan pertama, Penerbit Indeks, Jakarta