Strategi Pemasaran Islami Terhadap Peningkatan Usaha Kripik Pisang Bunkey Makassar

  • Fitria Ramadhani Hafid Universitas Islam Negeri Aluddin Makassar
    (ID)
  • Rahman Ambo Masse UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Syathir Sofyan UIN Alauddin Makassar
    (ID)
Kata Kunci: Strategi, Pemasaran Islami

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran dan kendala-kendala apa saja yang terjadi dalam proses meningkatkan penjualan usaha kripik pisang Bunkey di Makassar. Penelitian ini berbentuk kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Data penelitian diperoleh dari data primer dan sekunder. Adapun instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data penelitian ini adalah pedoman observasi, wawancara, dan format dokumentasi. Data yang diperoleh dari instrumen kemudian dianalisis menggunakan Analytical Hierarchy Process (AHP) dan mengujinya dengan teknik trianggulasi. Adapun hasil penelitian diperoleh bahwa 1). usaha kripik pisang Bunkey menerapkan strategi pemasaran islami, seperti a) produk berlabel halal; b) Mengunakan Iklan Islami; c) Melakukan kegiatan promosi diskon 15% pada hari-hari besar islam dan diskon 20% pada tanggal dan bulan yang bersamaan seperti (10-10, 11-11, 12-12); d) Karyawan memberikan salam, berperilaku sopan dan santun saat melakukan transaksi dengan konsumen; dan e) Melakukan pemasaran melalui website resmi yang dimilikinya; 2). Usaha kripik pisang Bunkey juga mengalami beberapa kendala dalam meningkatkan usahanya, seperti: brand awareness yang masih kurang, ongkos kirim keluar daerah dan ekspor yang relatif mahal, dan chanel distribusi yang masih kurang berkembang.

Referensi

Alma, Buchari. Manejemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Cet.VI. Bandung: Alfabeta. 2004.
Masatip, Anwari. dkk. “Analisis Strategi Pemasaran pada Hotel Inna Parapat dalam Situasi Pandemi Covid-19”. Akademi Pariwisata Medan. No. 92. (25 Maret 2018): h. 14.
Aedy, Hasan. Teori dan aplikasi Etika Bisnis Islam. Yogyakarta: Alfabeta. 2016.
Kementerian Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya. Cet. XXIII. Jakarta Timur: Darus Sunnah. 2018).
Suma, Muhammad Amin. Tafsir Ayat Ekonomi. Jakarta: Amzah. 2013.
Prawirosentono, Suyadi. Filosofi Baru Tentang Menejemen Mutu Terpadu Total Quality Manegement ABAD 21 Studi Kasus dan Analisis. Jakarta: PT Bumi Aksara. 2004.
Anoraga, Panji. Menejemen Bisnis. Jakarta: Rineka Cipta. 2009.
Ancep, Candra. “Tujuan Utama Kegiatan Pemasaran”. Blog Candra Ancep. http://candra-ancep.blogspot.co.id/2012/07/tujuan-utama-kegiatan-pemasaran.html (20 januari 2022).
Alma, Bukhari dan Donni Juni Priansa. Manajemen Bisnis Syariah: Menanamkan Nilai dan Praktis Syariah dalam Bisnis Kontermporer. Bandung: Alfabeta. 2014.
Saifullah, Hunafa. “Etika Jual Beli dalam Islam”. Studia Islamika 11. No. 2. (Desember, 2014): h. 371.
Fawzi, Marissa Grace Haque. Dkk. Strategi Pemasaran (Konsep, Teori dan Implementasi). Tangerang Selatan: Pascal Books. 2022.
Christiyaningsih. “Tujuh Kendala Pemasaran yang Sering Dihadapi Pebisnis”. Republika Online. https://www.republika.co.id/berita/rkgohh459/tujuh-kendala-pemasaran-yang-sering-dihadapi-pebisnis (20 januari 2022).
Diterbitkan
2023-04-30
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 102 times