Budaya Perusahaan Dalam Persepektif Islam

  • Elma Tiana Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Ambo Intang Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Budaya dalam perusahaan merupakan ciri khas yang dapat membedakan antar perusahaan. Dalam setiap organisasi memiliki faktor-faktor tersendiri yang dapat mempengaruhi suatu budaya dalam perusahaan. Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui budaya perusahaan dalam persepektif islam. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dengan menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan kajian pustaka sebagai metode pengumpulan data maka ditemukan bahwa konsep dasar dari ekonomi Islam yang dapat dijadikan landasan budaya organisasi yang Islami didasarkan pada tiga konsep fundamental, yaitu tauhid (keimanan kepada Allah), khilafah (kepemimpinan), dan a’dalah (keadilan). Salah satu faktor penting dalam mengukur kerangka kerja antara karyawan dan organisasi adalah masalah kepemimpinan. Dibutuhkan kepemimpinan uang baik untuk mengelola dan mengarahkan semua pemangku kepentingan untuk mencapai kerangka kerja yang lebih baik.


References

Akbar, Muhammad Rizza. (2013). “Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Employee Enggement (Studi Pada Karyawan PT. Primatexco Indonesia di Batang).” Journal of Social and Industrial Psychology. Vol. 2, No. 1.

Attahiru, Mustapha Sidi, dkk. (2016). “Relationship between Culture and Work Ethics: The Islamic Perspective”, International Review of Management and Marketing, Vol. 6, No.7, 282-286.

Budiasih, Yanti. (2012). “Struktur Organisasi, Desain Kerja, Budaya Organisasi dan Pengaruhnya Terhadap Produktivitas Karyawan (Studi kasus pada PT. XX di Jakarta).” Jurnal Liquidity. Vol. 1, No. 2, 99-105.

Byarwati, Anis. (2016). “Creating Islamic Corporate Culture Model For Islamic Banking”, Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, Vol. 2, No. 2, 205-218.

Davis, K and Newstroom J (2001) Perilaku Dalam Organisasi, Jilid 1, terjemahan: Benyamin Molan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Gaisina, Lyutsiya Mugtabarovna, dkk. (2015). “Corporate Staff Identity as a Factor of Increasing Labor Productivity.” Mediterranean Journal of Social Sciences. Vol. 6, No. 5.

Hafinuddin, D. and T. Hendri, 2003. Manajemen syariah dalam praktik. Cetakan I. Jakarta: Gema Insani Press. pp: 64-65.

Hakim, Abdul, (2012). “The Implementation of Islamic Leadership and Islamic Organizational Culture and Its Influence on Islamic Working Motivation and Islamic Performance PT Bank Mu’amalat Indonesia Tbk. Employee in the Central Java”, Asia Pacific Management, Vol. 17, No. 1, 77-90.

Hakim, Lukman, (2016). “Budaya Organisasi Islami Sebagai Upaya Meningkatkan Kinerja”, Iqtishadia, Vol. 9, No. 1, 179-200.

Hoque, Nazamul, (2013). “Organisational culture: features and framework from Islamic perspective”, Humanomics, Vol. 29 No. 3, 202-219.

Kusumawati, Diah Ayu, (2015). “Peningkatan Perilaku Kerja Islami Dengan budaya Organisasi Islami Sebagai Variabel Moderasi” Conference in Business, Accounting, and Management, Vol. 2, No. 1, 233-242.

Madhi, J. (2002). Al Qiyadah Al Muatsiroh, Menjadi Pemimpin yang Efektif dan Berpengaruh, Tinjauan Manajemen Kepemimpinan Islam, Bandung: Asy Syamil.

Nongo, Ezekiel Saasongu dan Darius Ngutor Ikyanyon. (2012)“The Infuence of Corporate Culture on Employee Commitment to the Organization.” International Journal of Business and Management. Vol. 7, No. 22.

Nowack, Kenneth. (2004). Does Leadership Practices affect a Psychologcally a healthy Workplace? Working Paper. Consulting Tools Inc.

Purnama, Chamdan, (2017). “Islamic Culture Impact Of Increasing Satisfaction And Performance Of Employees: Study Of Educational Institutions Sabillilah Sampang”, Asian Economic And Financial Review, Vol. 7, No. 5, 528-540.

Rahman, Rosfazila Binti Abd, (2015). “Pembentukan Budaya Organisasi Korporat Islam: Suatu Penelitian Kualitatif terhadap FPOPP Bank Islam Malaysia Berhad (BIMB)”, JSASS VOL. 2, No. 2, 52-66.

Rahmat, Ihsan, (2016). “The Celestial Management: Ikhtiar Mewujudkan Budaya Organisasi Islam” Membangun Profesional Keilmuan.

Ramdhani, Abdullah, dkk. (2017) “Model Conceptual Framework of Corporate Culture Influenced on Employees Commitment to Organization.” International Business Management. Vol. 11, No. 3, 826-830.

Rasyid, Md. Zabid Abdul, dkk. (2003) “The Influence of Corporate Culture and Organisatinal Commitment in Performance.” Journal of Management Developmen., Vol. 22, No. 8, 708-728.

Roos, Wanda dan Rene Van Eeden. “The Relationtip Between Employee Motivation, Job Satisfaction and Corporate Culture.” SA Journal of Industrial Psychology, Vol. 34, No. 1, 54-63.

Suripto, Teguh, (2016). “Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan Melalui Budaya Organisasi Yang Islami”, Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia, Vol. 6, No. 2, 144-153.

Quthb, S. (1985). As Suluk Atandzim. Saudi Arabia: Dar Al Fikr.

Yang, Zainal bin. (2003). “Nilai, Etika dan Budaya Kerja Dalam Pentadbiran Sektor Awam Di Malaysia Dari Perspektif Islam (Satu Imbasan Kembali Tinjauan Karya)”, Jurnal Pengurusan Awam, Vol. No. 1, 45-67.

Published
2021-02-25
Section
Artikel
Abstract viewed = 759 times