Fenomena Persaingan Harga Perspektif Etika Bisnis Islam: Sektor Industri Usaha Batako di Kabupaten Buton Tengah

  • Susiyana Susiyana Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Fadil Adrianto Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Erwin Saputra Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • A Syathir Sofyan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui fenomena yang terjadi akibat dari persaingan harga antara pengusaha batako. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilakukan dengan observasi dan mewawancarai langsung beberapa pengusaha batako. Hasil wawancara menunjukkan bahwa masalah persaingan harga muncul disebabkan meningkatnya jumlah pengusaha batako, sehingga demi kelancaran usahanya, beberapa pengusaha batako mengecilkan ukuran batakonya dan  menurunkan harga batako dengan harga yang lebih murah dibandingkan pengusaha lainnya. Pengusaha tersebut mengambil keuntungan lain dengan memperbanyak hasil cetakan batako per sak dari jumlah normal, hal ini membuat kualitas batako menjadi kurang bermutu. Maka fenomena pengusaha batako merugikan konsumen akibat perilaku non-etis.

References

Yanuardi, Muhammad Dwi “Penetapan Harga Jual Batu Bata Pada CV. X dengan Menggunakan Metode Target Profit Pricing” Jurnal Online Institut Teknologi Nasional Vol. 8 (2014): h. 13-24.

Irawan, Heri Tri “Penetapan Harga Jual Batu Bata Pada UD. Bata Jaya Dengan Menggunakan Metode Target Profit Pricing” Jurnal Optimalisasi Vol. 5, No. 1 (2019): h. 1-9.

Mallisa, Harun “Studi Kelayakan Kualitas Batako Hasil Produksi Industri Kecil di Kota Palu” Media Litbang Sulteng Vol. 4, No.2 (2011): h. 75-82.

Muhammad “Kesatuan Bisnis dan Etika dalam Al-Qur’an: Upaya Membangun Kerangka Bisnis Syariah” Jurnal Tsafaqah Vol. 9, No. 1 (2013): h. 1-27.

Mustaming “Persaingan Harga dalam Usaha dan Peran Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU)” Jurnal Muamalah Vol. 5, No. 1 (2015): h. 71-80.

Ikhsan, Arfan “Pengaruh Intensitas Persaingan Pasar Terhadap Kinerja Unit Perusahaan: Informasi Sistem Akuntansi Manajemen Sebagai Variabel Intervening” Jurnal Bisnis dan Akuntansi Vol. 8, No. 2 (2006): h. 151-171.

Darsih “Peranan Sektor Industri Kecil Batu Bata Press dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat di Kecamatan Tenayan Raya” Jurnal Ekonomi Vol. 4, No. 1 (2017): h. 956-967.

Putri, Agnes Febrina. “Analisis Pengaruh Modal, Tingkat Upah, dan Teknologi Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja Serta Produksi Pada Industri Kerajinan Batako” E-Jurnal EP Unud Vol. 6, No. 3 (2017): h. 387-413.

Susanta, Gatut. Panduan Lengkap Membangun Rumah. Jakarta: Griya Asri,2008.

Published
2021-08-30
Section
Artikel
Abstract viewed = 298 times