Pengaruh Religiusitas dan Citra Lembaga Terhadap Keputusan Muzakki Membayar Zakat di Baznas Kabupaten Bulukumba

  • Astriani Astuti Syam UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Rahman Ambo Masse UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Syathir Sofyan UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Rahmawati Muin UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Trisno Wardy Putra UIN Alauddin Makassar
    (ID)
Keywords: Religiusitas, Citra Lembaga, Keputusan Membayar Zakat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh religiusitas dan citra lembaga terhadap keputusan muzakki membayar zakat di Baznas Kabupaten Bulukumba. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian asosiatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik penarikan sampel purposive sampling. Teknik penentuan sampel dengan menggunakan kriteria-kriteria tertentu, sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 364 responden. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan bantuan SPSS versi 2.0 for windows, yang diarahkan untuk menjawab rumusan masalah atau hipotesis yang telah dirumuskan dalam penelitian ini serta digunakan untuk menguji hubungan variabel religiusitas dan citra lembaga terhadap keputusan muzakki membayar zakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa religiusitas berpengaruh positif terhadap keputusan muzakki membayar zakat, citra lembaga berpengaruh posotof terhadap keputusan muzakki membayar zakat.

References

Aisyah, Siti, And Bambang Sutejo. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Pengetahuan Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Muzakki Dalam Membayar Zakat Di Lembaga Amil Zakat Nurul Fikri Zakat Center Area Sampit.” Jurnal Kajian Ekonomi, Manajemen, & Akuntansi 1, No. 1 (2020): 50–59.
Ana Mulyana, Dkk. “Pengaruh Pemahaman Dan Religiusitas Serta Kepercayaan Terhadap Minat Membayar Zakat Profesi Oleh Muzakki Pada Lembaga Amil Zakat Inisiatif Zakat Indonesia (Izi) Kaltim Kota Balikpapan” (2017).
Anggraeni, Yuyun. Skripsi Analisis Kinerja Pengelolaan Zakat Ditinjau Melalui Indeks Zakat Nasional (Izn) Pada Baznas Kabupaten Bulukumba, 2021.
Aningsih, Indri. “Pengaruh Pendapatan, Citra Lembaga, Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Membayar Zakat Maal Laz-Uq Jombang.” Jurnal Ekonomi Islam 2 (2019): 99–109.
Baznas. Indeks Literasi Zakat. Jakarta Pusat: Pusat Kajian Strategis – Badan Amil Zakat Nasional (Puskas Baznas), 2019.
Bolita, F., & Murtani, A. “Analisis Pengaruh Akuntabilitas , Transparansi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Muzakki Membayar Zakat Pada Baznas Sumatera Utara.” Jurnal Feb 2, No. 1 (2021): 1.
Eka Satrio, D. S. “Analisis Faktor Pendapatan, Kepercayaan Dan Religiusitas Dalam Mempengaruhi Minat Muzakki Untuk Membayar Zakat Penghasilan Melalui Lembaga Amil Zakat.,” 2016.
F, Rahayu. “Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Muzakki Membayar Zakat Melalui Zakat Center Thoriqotul Jannah Kota Cirebon (Pada Masa Pandemi 2020).” Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam (2016): 1–23. Https://Repository.Syekhnurjati.Ac.Id/5384/.
Fahrani, K. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Muzaki Dalam Membayar Zakat Di Baznas Kota Depok,” 2021.
Iin Sofiyani, Agus Kristiyono. “Analisis Pengaruh Citra Lembaga , Kualitas Layanan Dan Religiusitas Terhadap Keputusan Muzaki Membaya Zakat Dengan Minat Sebagai Variabel Moderating ( Studi Kasus Pada Lazismu Cabang Suruh )” 4, No. 1 (2021): 74–81.
Imroatual Afifah, Kurniawati, H.Agus Hendra Gunawan. “Faktor-Faktor Dalam Meningkatan Minat Muzakki Berzakat Melalui Baznas Provinsi Bali” (2021): 1–10.
Masfufah, Zuhriyati. “Pengaruh Literasi Zakat, Pendapatan, Dan Religiusitas Terhadap Kepatuhan Petani Mmbayar Zakat Pertanian (Studi Kasus Pada Petani Kabupaten Cilacap).” Institut Agama Islam Negeri Purwakerto, 2021.
Nur, Hanifah, And M Rasyid Ridla. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Lembaga Dan Religiusitas Terhadap Minat Muzakki Untuk ( Studi Di Pos Keadilan Peduli Ummat Yogyakarta )” (2019): 207–228.
Pangiuk, Ambok, Bambang Kurniawan, And Ulpa. “Pengaruh Citra Laz Opsezi Kota Jambi Terhadap Minat Muzakki Untuk Menyalurkan Zakat.” Journal For Religious Innovation Studies Xvii, No. 1 (2017).
Rakhmania, Nabila Akhiris. Pengaruh Pendapatan, Religiusitas, Kepercayaan, Dan Pengetahuan Terhadap Minat Muzakki Mengeluarkan Zakat Melalui Lembaga Amil Zakat Di Kota Malang, 2018.
Setiawan, Fery. “Pengaruh Religiusitas, Kepercayaan Dan Reputasi Terhadap Minat Muzakki Dalam Membayar Zakat Profesi Studi Kasus Di Kabupaten Ponorogo” (2017).
Tishwanah, Nuris, And Fitri Nur Latifah. “Analisis Minat Muzakki Dalam Membayar Zakat Ditinjau Dari Kualitas Pelayanan Dan Citra Lembaga.” Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam 9, No. 01 (2023): 1466–1473.
Yanto, Warnando Tri. Kontribusi Tingkat Kepercayaan Muzakki Terhadap Keinginan Berzakat Di Baznas Kab. Lebong, 2019.
Published
2024-08-14
Section
Artikel
Abstract viewed = 50 times