KONSEP HARGA LELANG TERHADAP BARANG GADAI DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS PADA PT.PEGADAIAN SYARIAH UJUNG BULU DI KABUPATEN BULUKUMBA)

  • Khalizanur Universitas Islam Negeri Alauddin makassar
    (ID)
Keywords: Kata Kunci : Harga lelang, Barang Gadai, Ekonomi Islam

Abstract

 

            Skripsi ini membahas tentang konsep harga lelang terhadap barang gadai dalam perspektif ekonomi islam adapun Pokok masalah penelitian yaitu
1) Bagaimana mekanisme penetapan harga lelang barang gadai di PT.Pegadaian Syariah Ujung Bulu di Kabupaten Bulukumba?, 2) Bagaimana penerapan konsep harga lelang pada PT. Pengadaian Syariah Ujung Bulu di Kabupaten Bulukumba menurut perspektif ekonomi Islam?.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi.   Penelitian. penelitian deskriptif kualitatif yaitu memaparkan obyek secara khusus dan realistis apa yang tengah terjadi sesuai dengan keberadaan dan informasi data yang ditemukan di PT.Pegadaian Syariah Ujung Bulu di Kabupaten Bulukumba. Peneliti melakukan wawancara untuk menggali informasi tentang Konsep Harga Lelang Menurut Presepektif Ekonomi Islam.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Konsep harga lelang
di Pegadaian Syariah Ujung Bulu di Kabupaten Bulukumba sudah menggunakan prinsip syariah, dimana jika barang jaminan nasabah sudah jatuh tempo pihak pegadaian memberitahukan kepada pihak nasabah bahwa barang jaminan sudah jatuh tempo, tetapi pihak nasabah tidak melakukan perpanjangan maka pihak pegadaian syariah melakukan lelang. Penerapan Mekanisme penetapan harga lelang barang jaminan di sudah menggunakan prinsip syariah karena pegadaian syariah dalam menetapkan harga terlebih dahulu melihat harga dasar lelang Emas yaitu melakukan surve ke pasar setempat dan pasar pusat.

References

Ali, Zainuddin, Hukum Gadai., (Jakarta : Sinar Grafika, 2005)
Aziz, Abdul, Ekonomi Islam; AnalisisMikrodanMakro, (Yogyakarta: GrahaIlmu, 2008),
Ali, Zainuddin , HukumEkonomi., (Jakarta : Grafika, 2008)
Aziz, Abdul, Ekonomi Islam., (Yogyakarta : Graha Ilmu,2008)
At - Tirmidzi, Al-Jami‟ Al-Shohih, (Beirut Libanon: Darul Al-Fikr, 1988) Hadist No. 908.
Bapak Girwanto,salah satu Kepala Unit Pelayanan CPS Ujung Bulu (wawancara 6 desember 2022.pukul 14.00)
Kartono, Kartini, Pengantar Metodologi Riset Sosial, (Bandung: Mandar Maju, 1996),
Keegen,Warren J, Global Marketing Management, terj. Alexander Sindoro, Manajemen Pemasaran Global, (Prenhallindo, Jakarta, 1996),
Mardani, Ayat-Ayat dan Hadis Ekonomi Syari’ah,(Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2011),
Rusyd, Ibnu, Bidayatul Mujtahid, Jilid IX, (Jakarta: PT. Bulan Bintang, 1970),
Rachman, Afzarul, Doktrin Ekonomi Islam, Jilid 2, (Yogyakarta: Dana Bhakti Wakaf: 1995),
Sutedi, Adrian, Hukum Gadai Syariah, Alfabeta: Bandung, 2011.
Syafei, Rachmat, Fiqih Muamalah, CV Pustaka Setia: Bandung, 2001.
Sabiq, Sayyid, Fiqh Sunnah. Jilid 12. Alih Bahsa H. Kamaluddin, (Bandung: PT. Al-Ma’arif, 1996),
Saepudin, Asep, dkk, Hukum Keluarga, Pidana & Bisnis,(Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2013),
Sutendi, Andrian, Hukum Gadai Syariah, (Bandung: Alfabeta, 2011),
Suhendi, Hendi, Fiqh Muamalah , (Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2002),
Syafei, Rachmat, Fiqh Muamalah, CV Pustaka Setia: Bandung,2001..,
Usman, Racmhadi, Hukum Lelang, (Jakarta: Sinar Grafika, 2017),
Zikmund, William G, Exploring Marketing Research, terj. Hirson. Kurnia, Menjelajahi Riset Pemasaran, (Salemba, Jakarta, 2011) Mardani, Ayat-Ayat dan Hadis Ekonomi Syari’ah,(Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2011),
Published
2022-11-23
Section
Artikel
Abstract viewed = 104 times