Dampak distribusi Zakat Produktif BAZNAS Kabupaten Pinrang untuk meningkatkan Kesejahteraan Mustahik dengan Metode CIBEST

  • Nur Hikmah UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Ayu Ruqayyah Yunus UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • A. Syathir Sofyan UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis rumah tangga mustahik yang menerima bantuan zakat Produktif dari BAZNAS Kabupaten Pinrang dengan menggunakan Model CIBEST untuk mengukur apakah mustahik tersebut meningkat secara materi dan spritual. Penelitian ini menggunakan metode campuran antara kuantitatif dan kualitatif dimana pendekatan kuantitatif menggunakan penelitian lapangan, kuesioner, dan penelitian kualitatif berupa wawancara. Adapun proses wawancara dijelaskan kedalam tahap Pengumpulan data, Reduksi data, penyajian data dan penarikan k esimpulan. Adapun Teknik Analisis data yang dipakai pada penelitian ini ialah Model Indeks Kesejahteraan BAZNAS atau lebih dikenal dengan Model CIBEST (Center Business and Economic Studies). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kuadran satu dengan 8 rumah tangga, Kuadran II dengan 3 rumah tangga, kuadran III dengan 0 rumah tangga dan Kuadran IV dengan 0 rumah tangga sedangkan setelah diberi bantuan zakat terdapat perbuhan pada rumah tangga Mustahik. Kuadran I dengan 11 rumah tangga, Kuadran II dengan 0 rumah tangga, Kuadran III dengan 0 rumah tangga dan Kuadran IV dengan 0 rumah tangga. Sedangkan pada hasil Uji Paired Sampel T diperoleh hasil pendapatan rumah tangga mustahik sebelum diberikan bantuan zakat produktif dan sesudah diberikan bantuan zakat produktif mempunyai perbedaan yang nyata. diperoleh hasil signifikan (0,000), nilai tersebut lebih kecil dari taraf nyata 5% maka H0 ditolak, Artinya terdapat peningkatan pada pendapatan rumah tangga Mustahik sesudah menerima bantuan zakat produktif dari BAZNAS Kabupaten Pinrang.

References

Ashar, MA, Nafik M. (2019). Implementasi Metode CIBEST (Center of Islamic Business and Economic Studies) dalam mengukur peran zakat Produktif terhadap Pemberdayaan Mustahik di Lembaga Yayasan Dana Sosial Al-Falah (YDSF) Surabaya, Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan, Vol. 6, No. 5: 1057-1071

Beik IS, Arsyianti LD. (2015). Construction of CIBEST Model as Measurement of Poverty and Welfare Indicesfrom Islamic Perspective. Al-iqtishad. 2(1)

Beik IS, Arsyianti LD. 2016. Ekonomi Pembangunan Syariah. Bogor: IPB Press

Fitri, M. (2017) Pengelolaan Zakat Produktif sebagai Instrumen Peningkatan Kesejahteraan Umat. Economica: Jurnal Ekonomi Islam, 8(1)

Indonesia. Pusat Kajian Strategis Badan Amil Zakat Nasional 2020. Indeks Zakat Nasional & Kaji Dampak Zakat Lembaga Amil Zakat 2020 Jilid II. 2020. Maret 2020

Kamarni, N. & Saputra, Y. (2021). Penyaluran Dana Zakat Produktif dalam Meningkatkan Kesejahteraan Mustahik Kota Padang (Model CIBEST BAZNAS Kota Padang)

Syarifuddin, H. S. (2018). Analisis Pengentasan Kemiskinan pada Dinas Kesejahteraan Sosial Kabupaten Pinrang. Al-Qisthi: Jurnal Sosial dan Politik-Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Politik (STISIP) 8(1), 1

Sari, R. (2015) Pengaruh Pendayagunaan Zakat Produktif terhadap Pemberdayaan Mustahiq Dompet Peduli ummat Daarut Tauhid Yogyakarta. Jurnal Manajemen dan Bisnis. 5(2)

Wicaksono, J. W. (2019). Distribusi Zakat Produktif untuk Pengembangan Ekonomi. Dinar: Jurnal Prodi Ekonomi Syari’ah. 2(2)

Wongdesmiwati, 2009. Pertumbuhan Ekonomi Dan Pengentasan Kemiskinan Di Indonesia: Analisis Ekonometrika
Published
2023-03-29
Section
Artikel
Abstract viewed = 297 times