Peranan Bank Sampah Terhadap Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Dalam Tinjauan Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Pada Bank Sampah di Desa Sabang Subik Kecamatan Balanipa Kabupaten Polewali Mandar)

  • Padliani Padliani Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Memen Suwandi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Emily Nur Saidi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peran bank sampah bersinar siwaliparri di Desa Sabang Subik dalam pemberdayaan ekonomi nasabah ditinjau dari perspektif ekonomi islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Sumber data yang digunakan iyalah data primer dan data sekunder, pengumpulan datanya dilakukan dengan observasi langsung, wawancara dan dokumentasi kepada informan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pemenuhan kebutuhan pokok, peningkatan pendapatan, peningkatan kemandirian, dan keamanan kebersihan lingkungan. Mekanisme pengelolaan bank sampah bersinar iyalah dimana masyarakat mengumpulkan sampah, dan dipungut oleh tim bank sampah kemudian ditimbang dan dicatat kebuku rekening nasabah setelah itu, tim bank sampah memilah sampah tersebut kemudian dijual kepengepil, Peran bank sampah bersinar siwaliparri sangat baik dengan mengelola dan memilah sampah untuk dijadikan sebuah barang yang bernilai ekonomis, sehingga mampu meningkatkan perekonomian nasabahnya. Dalam islam juga mengajarkan kepada kita untuk selalu menjaga kebersihan, dengan terbentuknya bank sampah ini kebersihan itu mulai terpenuhi.  

References

Andini, Ully Hikmah, dkk, “Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Dari Desa Tertinggal Menuju Desa Tidak Tertinggal (Study di Desa Muktiharjo Kecamatan Margorejo, Kabupaten Pati)”, Jurnal Administrasi Publik (JAP), Vol.2, No.12, (2015).

Aulia, Rihlah Nur, dkk, “Pemberdayaan Ekonomi Komunitas Muslim Melalui Bank Sampah Studi Kasus Majlis Talim Alkaromah Kelurahan Pejuang Kecamatan Medan Satria Bekasi”, Jurnal Studi Al-Qur’ani, Vol.11, No.2, (2015)

Dewi, Dyah Andriantini Sintha, “Konsep Pengelolaan Lingkungan Hidup Menuju Kemakmuran Masyarakat”, (2019)

Elamin, Muchammad Zamzami, dkk, “Analisis Pengelolaan Sampah pada Masyarakat Desa Disanah Kecamatan Sreseh Kabupaten Sampang”, Jurnal Kesehatan Lingkungan, Vol.10, No.4, (Oktober 2018).

Fauzi, Ahmad Thoriq Alfarisy dan R.Moh Qudsi, “Peran Pemberdayaan Bank Sampah Dalam Islam (Studi Kasus Pada Bank Sampah Induk Surabaya)

Febriansyah, Vina Herviani dan Angky, “Tinjauan atas Proses Penyusunan Laporan Keuangan pada Young Enterpreneur Academy Indonesia Bandung”, Jurnal Riset Akuntansi, Vol. 8, No. 2, (oktober 2016.)

H.Mansur, Imam Masjid, Wawancara Dilakukan Pada Tanggal 20 Oktober 2020.

Hendardi, Dicky Nurmayadi dan Agi Rivi, “Pengelolaan Sampah dengan Pendekatan Behavior Mapping di Pasar Tradisional kota Tasikmalaya”, Vol.3, No.1, (Februari 2020).

Latuconsina, Muh. Mansyur Syah, “Potensi Ekonomi Melalui Pengolahan Sampah Dalam Perspektif Islam”, Vol.3, No.2, (2017)

Marwah, Sekretaris Bank Sampah Bersinar, Wawancara dilakukan Pada Tanggal 6 Oktober 2020.

Nurma, Anggota Bank Sampah Bersinar, Wawancara dilakukan Pada Tanggal 15 Oktober 2020.

Purwanto, “Pengelola “Bank Sampah” Berbasisi Masyarakat Sebagai Alternatif Meningkatkan Ekonomi Warga RT 004/RW 09, Cikarang Utara-Bekasi”, Academics in Action Journal, Vol.1, No.1, (2019)

Rida, Nasabah Bank Sampah Bersinar, Wawancara dilakukan pada tanggal 14 Oktober 2020.

Rosana, Mira, “Kebijakan Pembangunan Berkelanjutan yang Berwawasan Lingkungan di Indonesia”, Jurnal Ilmu Sosial, Vol.1, No.1, (2018).

Rozak, Abdul, “Peran Bank Sampah Warga Peduli Lingkungan (WPL) dalam Pemberdayaan Perekonomian Nasabah”

Saputro, Yusa Eko, dkk, “Pengelolaa Sampah Berbasis Masyarakat Melalui Bank Sampah”

Suryani, Anih Srih, “Peranan Bank Sampah dalam Efektivitas Pengelolaan Sampah. (Study Kasus Bank Sampah Malang)”, Aspirasi, Vol. 5, No.1, (Juni 2015)

Widiarti, Ika Wahyuning, “Pengelolaan Sampah Berbasis “Zero Waste” Skala Rumah Tangga Secara Mandiri” Jurnal Sains dan Teknologi Lingkungan, Vol.4, No.2, (Juni 2015)

Published
2021-02-25
Section
Artikel
Abstract viewed = 331 times