THE EFFECT OF LEARNING MOTIVATION AND PARENTS’ ROLE ON THE ACHIEVEMENT INDEX IN PGMI STUDENTS' ONLINE LEARNING

  • Yulia Pramusinta PGMI Universitas Islam Lamongan
    (ID)
  • Silviana Nur Faizah Pendidikan Guru MAdrasah Ibtidaiyah Fakultas Agama Islam Universitas Islam Lamongan
    (ID)
Kata Kunci: Learning Motivation; Role of Parents; Achievement Index (AI); Online Learning

Abstrak

Abstrak

Pada masa pandemi virus Covid-19 yang melanda seluruh warga dunia terutama di Indonesia menjadi masalah tersendiri khususnya pada bidang pendidikan. Seluruh jenjang pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi diharuskan melaksanakan pembelajaran dari rumah atau daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh motivasi belajar terhadap Indeks Prestasi (IP), (2) pengaruh peran orang tua terhadap IP, dan (3) interaksi antara motivasi belajar dan peran orang tua terhadap IP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan pendekatan survei google form. Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa prodi PGMI sebanyak 154 mahasiswa semester genap 2020/2021.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda untuk menguji tiga hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap IP mahasiswa, (2) terdapat pengaruh peran orang tua terhadap IP, dan (3) terdapat interaksi antara motivasi belajar dan peran orang tua terhadap IP mahasiswa.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Baber, H. (2020). Determinants of Students’ Perceived Learning Outcome and Satisfaction in Online Learning during the Pandemic of Covid-19. Journal of Education and E-Learning Research, 7(3), 285–292. https://doi.org/10.20448/ JOURNAL.509.2020.73.285.292

Dedi, R., Hendrayana, A. S., Erisyani, E., & Setiana, N. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar, Gaya Belajar, dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Mahasiswa S1 PGSD Masukan Sarjana di UPBJJ UT Bandung. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 163–177. https://doi.org/10.17509/eh.v8i2.5139

Eze, S. C., Chinedu-Eze, V. C., & Bello, A. O. (2018). The Utilisation of E-Learning Facilities in the Educational Delivery System of Nigeria: A Study of M-University. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 15(34), 1–20. https://doi.org/10.1186/s41239-018-0116-z

Firman, & Rahman, S. R. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89. https://doi.org/ 10.31605/ijes.v2i2.659

Gilbert, B. (2015). Online Learning Revealing the Benefits and Challenges [St. John Fisher College]. https://fisherpub.sjfc.edu/education_ETD_masters/303/

Handayani, D. (2017). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Konsep Diri Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1), 127–143. https://doi.org/10.21009/JPD.081.11

Hurit, A. A., Lestari, N. E., & Hermansyah, A. K. (2020). Pengaruh Peran Orang Tua terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas V. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(4), 457–472. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v9i4.7986

Husna, N. P., & Rukoyah, S. (2020). Pengaruh Disiplin dan Motivasi terhadap Indeks Prestasi Mahasiswa Prodi Akuntansi Universitas Nusa Putra. Jurnal AKTIVA : Riset Akuntansi dan Keuangan, 2(1), 16–26. https://doi.org/10.52005/aktiva.v2 i1.46

Lee, J. X., Azman, A. H. A., Ng, J. Y., & Ismail, N. A. S. (2020). Reflection of Connectivism in Medical Education and Learning Motivation during Covid-19. MedRxiv the Preprint Server for Health Science. https://doi.org/10.1101/2020. 07.07.20147918

Makrooni, G. (2019). Being a First-Generation Migrant Family Student in Finland: Perceptions and Experiences of the Educational Journey to Higher Education. Journal of Ethnic and Cultural Studies, 6(3), 157–170. https://doi.org/10.29333/ ejecs/293

Manurung, T. M. S. (2017). Pengaruh Motivasi dan Perilaku Belajar terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa. JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi), 1(1), 17–26. https://doi.org/10.36339/jaspt.v1i1.36

Mawarsih, S. E., Susilaningsih, & Hamidi, N. (2013). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa. JUPE UNS, 1(3), 1–13. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ekonomi/article/download/25 49/1806

Mulyani, R., & Subkhan. (2015). Pengaruh Perhatian Orang Tua, Minat Belajar, dan Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X SMK Swadaya Semarang Program Keahlian Akuntansi SMK Swadaya Semarang Tahun Ajaran 2013/2014. Economic Education Analysis Journal, 4(1), 219–226. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/4700

Sandy, L. L., Suryadi, & Nasrullah, A. (2017). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Bimbingan dan Konseling, 2(1), 38–50. https://doi.org/10.30870/jpbk.v2i1.3023

Sihaloho, F. A. S., Artin, A. A., & Ediyono, S. (2017). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa. Prosiding SNP (Seminar Nasional Pendidikan) Prodi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sobron, A. N., Bayu, Rani, & Meidawati, S. (2019). Persepsi Siswa dalam Studi Pengaruh Daring Learning terhadap Minat Belajar IPA. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, 1(2), 30–38. https://doi.org/10.376 80/scaffolding.v1i2.117

Soeparwoto, D. (2005). Psikologi Perkembangan. UPT MKK UNNES.

Uno, H. B. (2014). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Bumi Aksara.

Uno, H. B. (2016). Teori Motivasi dan Pengukurannya. PT Bumi Kasara.

Wahyudi, Mulyaningsih, N. N., & Purwanti, P. (2020). Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa Ditinjau dari Minat Siswa. Schrӧdinger Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 1(2), 127–136. http://jim.unindra. ac.id/index.php/schrodinger/article/view/3142

Wang, M. Te, & Sheikh-Khalil, S. (2014). Does Parental Involvement Matter for Student Achievement and Mental Health in High School? Child Development, 85(2), 610–625. https://doi.org/10.1111/cdev.12153

Diterbitkan
2022-06-07
Bagian
Vol. 9 No. 1
Abstrak viewed = 193 times