STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR DI SEKOLAH DASAR

  • Faizal Chan Jambi University
    (ID)
  • Issaura Sherly Pamela Jambi University
    (ID)
  • Irma Sari Sinaga Jambi University
    (ID)
  • Mesariani Mesariani Jambi University
    (ID)
  • Rica Oktarina Jambi University
    (ID)
  • Melsa Julianti Jambi University
    (ID)

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis-jenis kesulitan belajar yang dialami peserta didik dan strategi guru dalam menghadapi peserta didik yang mengalami kesulitan belajar di SD Negeri 80/I Muara Bulian. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian fenomenologi. Teknik sampling yang digunakan purposive sampling. Sumber data utama pada penelitian ini adalah guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa peserta didik yang mengalami kesulitan belajar, yaitu kesulitan belajar membaca, kesulitan belajar menulis, dan kesulitan belajar berhitung. Untuk mengatasi masalah tersebut, guru harus memilih strategi, pendekatan, metode, dan teknik belajar mengajar yang dianggap tepat dan efektif sehingga dapat dijadikan pedoman oleh guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran.

Abstract

 The purpose of this study was to determine the types of learning difficulties faced by the students and the teachers’ strategies to overcome the students’ learning difficulties in SD Negeri 80/I Muara Bulian. The research method used was qualitative descriptive method along with the phenomenological research type. The sampling technique used was purposive sampling. The main data source in this study was the teacher. Data collection techniques were through observation, interviews, and documentation. Data analysis technique used was the theory of Miles and Huberman which consisted of data reduction, data presentation, and data verification. The results of this study indicated that there were several students faced learning difficulties including reading, writing, and counting difficulties. To solve those problems, the teachers should determine approppriate strategies, approaches, methods, and techniques as the teachers’ guide of teaching and learning process.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anzar, S. F., & Mardhatillah. (2017). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SD Negeri 20 Meulaboh Kabupaten Aceh Barat Tahun Ajaran 2015/2016. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 53–64. Retrieved from https://ejournal.stkipbbm. ac.id/index.php/pgsd/article/view/25/24

Börü, N. (2018). The Factors Affecting Teacher-Motivation. International Journal of Instruction, 11(4), 761–776. https://doi.org/doi.org/10.12973/iji.2018.11448a

Depdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Dewantara, I. P. M. (2012). Identifikasi Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VIIE SMPN 5 Negara dan Strategi Guru untuk Mengatasinya. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 1(2), 1–15. Retrieved from http://oldpasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/ jurnal_bahasa/article/view/355

Fitra, R. A. (2013). Pelaksanaan Fungsi Kelompok Kerja Kepala Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Jurnal Administrasi Pendidikan, 1(1), 391–461. Retrieved from http://ejournal.unp.ac.id/index.php/bahana/article/ download/2718/2317

Hernanda, D., & Mukzam, M. D. (2018). Pengaruh Kebutuhan Prestasi, Kekuasaan, dan Afiliasi terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada Karyawan PT PLN [PERSERO] Area Kediri Distribusi Jawa Timur). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 62(1), 218–223. Retrieved from http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index. php/jab/article/download/2667/3061

Manizar, E. (2015). Peran Guru sebagai Motivator dalam Belajar. Tadrib, 1(2), 171–187. Retrieved from http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/Tadrib/article/ download/1047/883/

Rahman, U., Sulkifli, & Hasyim, M. (2014). Kesulitan Belajar (Kasus Pada Siswa MI Madani Paopao Gowa). AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1(2), 218–228. Retrieved from http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/auladuna/ article/view/552

Satori, D. A., & Komariah, A. (2014). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, P. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryani, Y. E. (2010). Kesulitan Belajar. Magistra, 22(73), 33–47. Retrieved from https://s3.amazonaws.com/academia.edu.documents/39303495/KESULITAN_BELAJAR.pdf?response-content-disposition=inline%3B filename%3Dkesulitan_ belajar.pdf&X-Amz-Algorithm=AWS4-HMAC-SHA256&X-Amz-Credential= AKIAIWOWYYGZ2Y53UL3A%2F20191216%2Fus-east-1%2Fs3%2Faws

Yeni, E. M. (2015). Kesulitan Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar (JUPENDAS), 2(2), 1–10. Retrieved from http://jfkip.umuslim.ac.id/ index.php/jupendas/article/view/231

Published
2019-12-19
How to Cite
Chan, F., Pamela, I. S., Sinaga, I. S., Mesariani, M., Oktarina, R., & Julianti, M. (2019). STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR DI SEKOLAH DASAR. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(2), 173-182. https://doi.org/10.24252/auladuna.v6i2a8.2019
Section
Vol. 6 No. 2
Abstract viewed = 2461 times