IMPLIKASI LINGKUNGAN PENDIDIKAN TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM
Abstract
Abstrak
Lingkungan merupakan salah satu faktor atau unsur pendidikan yang berpengaruh dalam penentuan corak pendidikan Islam. Pengaruh lingkungan tersebut dapat berupa pengaruh positif maupun negatif terhadap perkembangan anak. Permasalahan pokok dari penelitian ini adalah bagaimana implikasi lingkungan pendidikan terhadap perkembangan anak perspektif pendidikan Islam. Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif berjenis library research. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan teologis normatif, pedagogis, dan psikologis. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode kutipan langsung dan tidak langsung yang diolah dan dianalisis dengan teknik data reduction, data display, dan content analysis, serta conclusion drawing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) lingkungan memberikan corak dan warna tersendiri terhadap perkembangan manusia. Oleh karena itu, dalam pelaksanaan pendidikan menjadi tanggung jawab tiga lingkungan yaitu lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat; (2) perkembangan yang dilalui oleh anak merupakan masa peralihan atau masa persiapan bagi masa selanjutnya; dan (3) dampak lingkungan pendidikan terhadap perkembangan anak dapat dilihat dari perkembangan bahasa, keagamaan, moral, sosial, intelegensi, kepribadian emosi, dan kemandirian.
Abstract
The environment is a factor or an element of education determining the diversity of Islamic education. The environment can give positive or negative influences on child development. The main problem of this research was how the implications of the educational environment for child development in Islamic educational perspective. The method used was descriptive qualitative research with library research. This research used normative theological, pedagogical, and psychological approaches. The data was collected using direct and indirect quotations which were analyzed through data reduction, data display, content analysis, and conclusion drawing. The results showed that; (1) the environment influenced the diversity of human development so that educational implementation became a responsibility of three environments, namely family, school, and community; (2) the child development was a transitional phase or preparation for the next period; and (3) the impact of educational environment on child development could be seen from the language, religion, moral, social, intelligence, emotional personality, and independence.
Downloads
References
Afriani, D. A. (2019). Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di Lingkungan Keluarga, Sekolah dan Masyarakat. An Educational Journal Zirah, 1(1), 99–105. http://jurnal.isnuinhil.org/index.php/zirah/article/view/11.
Arifin, H. M. (1996). Ilmu Pendidikan Islam: Suatu Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner. Bumi Aksara.
Getteng, A. R. (1996). Konsep Pendidikan Islam sebagai Disiplin Ilmu. Warta Alauddin.
Ginanjar, M. H. (2013). Urgensi Lingkungan Pendidikan sebagai Mediasi Pembentukan Karakter Peserta Didik. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 2(04), 376–396. https://doi.org/dx.doi.org/10.30868/ei.v2i04.37.
Hasbullah. (2018). Lingkungan Pendidikan dalam Al-Qur’an dan Hadis. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(1), 13–26. https:// dx.doi.org/10.32678/ tarbawi.v4i01.1768.
Hulukati, W. (2015). Peran Lingkungan Keluarga terhadap Perkembangan Anak. Jurnal Musawa IAIN Palu, 7(2), 265–282.
Indar, M. D. (1994). Filsafat Pendidikan (Cet. I). Abditama.
Iwan. (2020). Merawat Sikap Sopan Santun dalam Lingkungan Pendidikan. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 98–121. http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/tarbawi/article/view/6258.
Labaso, S. (2018). Konsep Pendidikan Keluarga dalam Perspektif Al-Qur’an dan Hadis. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 15(1), 50–64.
Miles, B. M., & Huberman, M. (1992). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber tentang Metode-Metode Baru. UIP.
Nurhasan, R., & Yusuf, S. (2020). Lingkungan Pendidikan dan Motivasi Belajar di Era Globalisasi. Journal Civics & Social Studies, 4(1), 60–66. https://doi.org/10.31980/civicos.v4i1.783.
Poondej, C., & Lerdpornkulrat, T. (2016). Relationship Between Motivational Goal Orientations, Perceptions of General Education Classroom Learning Environment, and Deep Approaches to Learning. Kasetsart Journal of Social Sciences, 37(2), 100–103. https://doi.org/10.1016/j.kjss.2 015.01.001.
Purandina, I. P. Y., & Winaya, I. M. A. (2020). Pendidikan Karakterdi Lingkungan Keluarga Selama Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid-19. Cetta: Journal Ilmu Pendidikan, 3(2), 270–290. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i2.454.
Saihu, M. (2020). Menciptakan Harmonisasi di Lingkungan Pendidikan melalui Model Pendekatan Pembelajaran Islam Multikultural (Studi di SMAN 1 Negara Jembrana-Bali). Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(3), 62–79. https://doi.org/10.36671/andragogi.v2i3.116.
Saputro, H., & Talan, Y. O. (2017). Pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Perkembangan Psikososial pada Anak Prasekolah. Journal of Nursing Practice, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.30994/jnp.v1i1.16.
Sari, S. M. (2004). Peran Warna Interior terhadap Perkembangan dan Pendidikan Anak di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Dimensi Interior, 2(1), 22–36. http://203.189.120.189/ejournal/index.php/int/article/view/16244.
Taubah, M. (2015). Pendidikan Anak dalam Keluarga Perspektif Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 110–136. https://doi.org/10.15642/jpai.2015.3.1.109-136
Ummah, S., & Nisa Fitri, N. (2020). Pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 6(1), 84–88. https://doi.org/10.29062/seling.v6i1.624.
Wahyuni, & Husna, N. (2020). Pengaruh Lingkungan terhadap Minat dan Motivasi Belajar Siswa (Studi Kasus di SMA Negeri 12 Banda Aceh). Jurnal Pena Edukasi, 7(2), 43–48. https://doi.org/10.33330/jpe.v7i2.434.
Zuhairini. (1995). Filsafat Pendidikan Islam (Cet. II). Bumi Aksara.
Copyright (c) 2020 Ramli Rasyid
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.