PERANAN ORANG TUA TERHADAP PEMBINAAN AKHLAK PESERTA DIDIK MI POLEWALI MANDAR

  • Hernawati Hernawati Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan orang tua terhadap pembinaan akhlak dalam keluarga, mengetahui faktor apa saja yang memengaruhi pem­bina­an akhlak, dan mengetahui hubungan pengetahuan orang tua dan peranan­nya terhadap pembinaan akhlak peserta didik MI Pergis Bonde Kab. Polewali Mandar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Metode pe­ngumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan melalui tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi data, triangulasi metode dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa peranan orang tua terhadap pembinaan akhlak peserta didik masih sangat kurang, pemahaman orang tua tentang ilmu agama Islam masih minim, sehingga pembinaan akhlak anak dalam rumah tanngga atau keluarga sangat terbatas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Departemen Agama RI. (1993). Ensiklopedia Islam di Indonesia. Jilid I, IAIN Jakarta.

Hasbullah. (2013). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan, Jakarta: Rajawali Press.

Kadir, A. (2012). Dasar-Dasar Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Munirah. (2015). Peran Ibu dalam Membentuk Karakter Anak Perspektif Islam. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1 (2).

Permatasari, B., I. (2015). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua, Gaya Belajar, dan Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa MTsN Se-Makassar. MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 3 (1), 1-8.

Rofik, Y. N. (2011). “Peran Orang Tua dalam Pembinaan Akhlak Remaja di Desa Mirigambar Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung”, Skripsi. Tulungagug: Fak. Tarbiyah STAIN Tulungagung.

Shabir, M. (2015). Kedudukan Guru sebagai Pendidik: (Tugas dan Tanggung Jawab, Hak dan Kewajiban, dan Kompetensi Guru). AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2 (2), 221-232.

Susantin, J. (2015). Urgensi Kontinuitas Pengawasan Orang Tua Terhadap Pergaulan Anak. KARIMAN: Jurnal Kependidikan dan Keislaman, 3(1), 121-132.

Tafsir, A. (2004). Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS) beserta Penjelasannya.

Uniarti. (2011). “Kepribadian Penerapan Pendidikan Akhlak dan Fungsinya terhadap Peningkatan Siswa RA Az-zahrah”, Skripsi. Makassar: Fak. Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin.

Zainuddin & Riza. (2015). Konsep Pendidikan Humanis dalam Perspektif Islam. EDUKKASI: Jurnal Pendidikan Islam, 3 (2), 844-861.

Published
2018-06-13
How to Cite
Hernawati, H. (2018). PERANAN ORANG TUA TERHADAP PEMBINAAN AKHLAK PESERTA DIDIK MI POLEWALI MANDAR. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 3(2), 50-59. Retrieved from https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/auladuna/article/view/5100
Section
Vol.3 No.2
Abstract viewed = 1061 times