PERANAN ORANG TUA TERHADAP PEMBINAAN AKHLAK PESERTA DIDIK MI POLEWALI MANDAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan orang tua terhadap pembinaan akhlak dalam keluarga, mengetahui faktor apa saja yang memengaruhi pembinaan akhlak, dan mengetahui hubungan pengetahuan orang tua dan peranannya terhadap pembinaan akhlak peserta didik MI Pergis Bonde Kab. Polewali Mandar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan melalui tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi data, triangulasi metode dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa peranan orang tua terhadap pembinaan akhlak peserta didik masih sangat kurang, pemahaman orang tua tentang ilmu agama Islam masih minim, sehingga pembinaan akhlak anak dalam rumah tanngga atau keluarga sangat terbatas.Downloads
References
Departemen Agama RI. (1993). Ensiklopedia Islam di Indonesia. Jilid I, IAIN Jakarta.
Hasbullah. (2013). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan, Jakarta: Rajawali Press.
Kadir, A. (2012). Dasar-Dasar Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Munirah. (2015). Peran Ibu dalam Membentuk Karakter Anak Perspektif Islam. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1 (2).
Permatasari, B., I. (2015). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua, Gaya Belajar, dan Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa MTsN Se-Makassar. MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 3 (1), 1-8.
Rofik, Y. N. (2011). “Peran Orang Tua dalam Pembinaan Akhlak Remaja di Desa Mirigambar Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung”, Skripsi. Tulungagug: Fak. Tarbiyah STAIN Tulungagung.
Shabir, M. (2015). Kedudukan Guru sebagai Pendidik: (Tugas dan Tanggung Jawab, Hak dan Kewajiban, dan Kompetensi Guru). AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2 (2), 221-232.
Susantin, J. (2015). Urgensi Kontinuitas Pengawasan Orang Tua Terhadap Pergaulan Anak. KARIMAN: Jurnal Kependidikan dan Keislaman, 3(1), 121-132.
Tafsir, A. (2004). Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS) beserta Penjelasannya.
Uniarti. (2011). “Kepribadian Penerapan Pendidikan Akhlak dan Fungsinya terhadap Peningkatan Siswa RA Az-zahrah”, Skripsi. Makassar: Fak. Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin.
Zainuddin & Riza. (2015). Konsep Pendidikan Humanis dalam Perspektif Islam. EDUKKASI: Jurnal Pendidikan Islam, 3 (2), 844-861.
Copyright (c) 2018 Hernawati Hernawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.