PENGARUH PEMBERIAN PENGUATAN POSITIF TERHADAP SIKAP BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MI DARUL ISTIQAMAH KECAMATAN PATTALASSANG KABUPATEN GOWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu bentuk pemberian penguatan positif para guru, realitas sikap belajar peserta didik, dan seberapa besar pengaruh pemberian penguatan positif terhadap sikap belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di MI Darul Istiqamah Kecamatan Pattalassang Kabupaten Gowa. Penelitian ex post facto ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV dan V yang berjumlah 45 orang peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket untuk mengukur data pemberian penguatan positif dan angket untuk mengukur data sikap belajar peserta didik. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil perhitungan statistik deskriptif tentang pemberian penguatan positif oleh guru berada pada kategori tinggi dengan persentase 53,3%. Hasil perhitungan statistik deskriptif tentang sikap belajar peserta didik berada pada kategori tinggi dengan persentase 66,7%. Berdasarkan hasil analisis statistik regresi linear sederhana maka diperoleh nilai 0,001 terbukti bahwa antara pemberian penguatan positif terhadap sikap belajar peserta didik pada mata pelajaran bahasa Indonesia terdapat pengaruh yang signifikan terbukti dari nilai yang didapatkan ˂0,01(0,001˂0,01).
Downloads
References
Adi, Sutarjo. Pembelajaran Nilai Kontruktivisme dan VCT. Cet. II; Jakarta; Rajawali Press, 2013.
Alma, Buchari. Guru Profesional Menguasai Metode dan Terampil Mengajar. Cet. VI; Bandung: Alfabeta, 2014.
Anwar, Muhammad. Mengajar dengan Tekhnik Hipnosis. Cet. I; Makassar: Gunadarma Ilmu, 2014.
Arifin, Tajul. Manajemen Penelitian. Cet. IV; Jakarta; Rajawali Press, 2012.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Cet. IX; Jakarta: PT Rineka Cipta,1993.
Azril, Zainal. Microteaching Disertai Pedoman Pengalaman Lapangan. Cet. IV ; Jakarta dengan: Rajawali Pers, 2012.
Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta: PT Sygma Examedia Arkanleema, 2009.
Depdiknas, “Undang-Undang no.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional .”
Damopolii. Muljono, Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Cet I; Makassar: Alaudin Press Makassar, 2013.
Hasbullah, Dasar Dasar Ilmu Pendidikan. Cet. X; Jakarta: Rajawali Pers, 2012.
Musfira (26 tahun), Guru Kelas V MI Darul Istiqamah Kecamatan Pattalassang Kabupaten Gowa, wawancara, Gowa 18 Desember 2015.
Nasriningsih, Pengaruh Pemberian Penguatan (reinforcement) terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa di Sekolah Dasar Inspres 12/29 Cammilo Bone”, Skripsi. Makassar: Fak. Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar,2011.
Nugraheni, Pratiwi Wahyu. “Pengaruh Pemberian Penguatan (reinforcemen) dan Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X SMAN 1 Kalego Boyolali Tahun 2010/2011”, Skripsi. Surakarta: Fak. Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, 2011..
Rahman, Ulfiani. Nuansa Baru Psikologi Belajar. Cet. I; Makassar: Alauddin Press,2013.
Riduwan, Dasar- Dasar Statistika. Cet. VII; Bandung: Alfabeta, 2009.
Riduwan, Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Cet. V; Bandung: Alfabeta, 2012.
Saefuddin, Udin. Pengembangan Profesi Guru. Cet. IV; Bandung: Alfabeta, 2011.
Saud, Udin Syaefudin. Pengembangan Profesi Guru. Cet. IV; Bandung:Alfabeta, 2011.
Sobur, Alex. Psikologi Umum. Cet. I; Bandung: CV Pustaka Setia, 2003.
Sufren, Belajar Otodidak SPSS Pasti Bisa. Cet. I; Jakarta: PT Gramedia, 2014.
Sugiyono, Statistika untuk Penelitian. Cet. XXIV; Bandung: Alfabeta, 2014.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekataan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2015
Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Cet. I; Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.
Trihesty, Oktavika. “Pengaruh Pemberian Penguatan (Reinforcement) terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V SD Dzerzh Binaan 5 kecamatan Petarukang Kabupaten Pemalang tahun 2014/2015”, Skrips, h. 84.
Yahdi, Muh. Pembelajaran Micro Teaching. Cet. I; Makassar: Alauddin University Press, 2013.
Copyright (c) 2018 Chaeruni Rezki Syarifuddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.