PENGARUH BAHASA DAERAH TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS 1 SD INPRES MAKI KECAMATAN LAMBA-LEDA KABUPATEN MANGGARAI TIMUR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui intensitas penggunaan bahasa daerah, hasil belajar, dan seberapa besar pengaruh intensitas penggunaan bahasa daerah terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas I1SD Inpres Maki kecamatan Lamba-leda Kabupaten Manggarai Timur. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes lisan dengan menggunakan kata atau kalimat. Pengolahan data dengan menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah keseluruh peserta didik yang berjumlah 25 orang. Pengujian yang dilakukan dengan menggunakan uji dua sisi dengan tingkat signifikan yang digunakan adalah α 5% atau α = 0,05. Berdasarkan analisis deskriptif, nilai rata-rata intensitas penggunaan bahasa daerah peserta didik mencapai rata-rata 8 dengan presentase 56%. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik mencapai rata-rata 4,4 dengan presentase 44% masuk dalam kategori sangat rendah. Berdasarkan hasil analisis inferensial diperoleh r hitung = -0,026 < r tabel= 0,396. Dapat disimpulkan bahwa H0 diterima dan Ha ditolak. Sehingga penggunaan bahasa daerah pada hasil belajar bahasa Indonesia Siswa Kelas 1 SD Inpres Maki menghasilkan pengaruh yang Negatif. Kesimpulannya, penggunaan bahasa daerah terhadap hasil belajar peserta didik kelas 1 SD Inpres Maki menghasilkan pengaruh yang negatif. Hal ini ditandai dengan hasil belajar bahasa Indonesia yang masih tergolong sangat rendah.Downloads
References
Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta, 2010
D. Yanto S.S. Kosa Kata Baru Bahasa Indonesia; Kamus Bahasa Indonesia Lengkap; EYD dan Pantun. Surabaya; Nidya Pustaka.1999.
Dadang Sunendar, Iskandar Wassid. Strategi Pembelajaran Bahasa. PT. Remaja Rosda Karya: Rineka Cipta, 2008.
Darminto,Wjs Poerwo. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 1993
Hazin,Nurkholik. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya;Terbit Terang. 2000
Iskandarwassid dan Dadang Sunendar, Strategi Pembelajaran Bahasa. Jakarta: PT Remaja Rosda Kariya: Rineka Cipta, 2008.
Manan, Solihin. Pengantar Kaidah Berbahasa Indonesia yang Baik dan Benar. Surabaya: Jurusan PAI Fakultas Tarbiyah IAIN Surabaya, 1999
Parera Jos Daniel. Leksikon Istilah Pembelajaran Bahasa: Bahasa-Istilah dan Ungkapan-Leksikologi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. 1989
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekataan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2012
Wibowo, Wahyu. Manajemen Bahasa. Jakarta: Gramedia. 2001
Widodo, Spriono, Abu Ahmad. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta. 2004
Copyright (c) 2018 Astuti Rahman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.