EFEKTIVITAS PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IV SD INPRES BTN IKIP I MAKASSAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar efektif terhadap hasil belajar IPA peserta didik di kelas IV Sekolah Dasar Inpres BTN IKIP I Makassar. Penelitian eksperimen ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun sumber data penelitian ini adalah data hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres BTN IKIP I Makassar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Inpres BTN IKIP I yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah peserta didik sebanyak 54, dengan penyebaran yang homogen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, dengan instrumen penelitian yaitu lembar tes dan lembar observasi. Teknik pengolahan dan analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata hasil belajar IPA dengan memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar sebesar = 80,33, sedangkan rata-rata hasil belajar IPA kelompok yang tidak memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar sebesar = 67,33. Hasil analisis inferensial data menunjukkan bahwa nilai signifikansi yang diperoleh thitung 3,374 > t tabel 2,007 dan signifikansi (0,001 < 0,05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat efektivitas pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas IV SD Inpres BTN IKIP I Makassar.
Downloads
References
Anshari, Hafi. Pengantar Ilmu Pendidikan Surabaya: Usaha Nasional, 1982.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Cet. XIII; Jakarta: Rineka Cipta, 2007.
Arikunto, Suharsimi. Manajemen Penelitian, Cet. XI; Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Arikunto, Suharsimi. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Edisi, 2 Cet. III; Jakarta: Bumi Aksara, 2013.
Damanik, Ericson. Pengertian Sekolah, Diakses dari http://sondyi.blogspot.com/ 2013/05/nilai-estetika-pendidikan.html.
Darajat, Zakiyah. Ilmu Pendidikan Islam, Cet. VII; Jakarta: BumiAksara, 2008.
Depdikbud. kamus besar bahasa Indonesia, Cet. II Jakarta: Balai Pustaka, 1989.
Depdiknas UU RI No. 20 Tahun 2003, Cet. I; Jakarta: Depdiknas.
Departemen Agama RI. Alquran dan Terjemahan Kitab Suci, Bandung: CV. Diponegoro, 2005.
Daryanto. Perlunya Pendidikan Lingkungan Hidup di Sekolah PPPPBEO/ VEDCMA LANG Diakses dari http://www.vedcmalang.com/ pppptkboemlg/index.php/artikelcoba2/edukasi/996-perlunya-pendidikan-lingkungan-hidup-di-sekolah.
Departemen Pendidikan Nasional. “Pedoman Umum Sistem Pengujian Hasil Belajar ”Diakses dari http://www.blogger.com/blogger.g?blogID= 57570580 09494355309
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.
E, Mulyasa. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Panduan praktis, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.
E, Mulyasa. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangka, Cet. X; Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.
Haris, Abdul dan Jihad, Asep. Evaluasi Pembelajaran, Yogyakarta: Multi Presindo, 2013.
Hasbullah. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2006.
Hudutu, Herman. Strategi Mengajar Biologi, Malang: Mizan, 1999.
Jannah, Miftakhul. 2015. “Efektivitas Penggunaan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Materi IPA Pokok Bahasan Ekosiste pada Kelas VII SMP Negeri 2 Pringapus Kabupaten Semarang terhadap Hasil Belajar Siswa” (Jurnal Penelitian Pendidikan), Diakses dari http://www.vedcmalang.com/pp pptkboemlg/index.php/artikelcoba2/edukasi/996-perlunyapendidikanlingkung an-hidup-di-sekolah.14 Juli 2015.
Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar. 2016. Upaya Meningkatkat Hasil Belajar IPA Melalui Media Lingkungan Alam sebagai Sumber Belajar Diakses dari http://Prosiding.upgrismg.ac.id/index.php/pgsd/paper/viewFile/320/272.
L, Halimah. Kemandirian Profesional Guru dalam Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Belajar, Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar. No. 5, tahun II. (1): 1- 12, 1998. dalam Diana Endah Handayani. Problem Based Learning dalam Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Diakses dari Error! Hyperlink reference not valid.,pukul06.12WITA.
Mariyana, Rita. dkk. Pengelolaan Lingkungan Belajar, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010.
Moha, Hatim. 2015. “Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Pada Pembelajaran IPA di Kelas V SD Negeri 13 Kabila Kabupaten Bone Bolango” Jurnal Penelitian Pendidikan, Gorontalo: Fak. Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Diakses dari http://enprints.uny,ac.id/SKRIPSI. PDF. 16 September 2015 .
Muslich, Masnur. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2007.
Muhamad, Nurdin dan B. Uno, Hamzah. Belajar dengan Pendekatan PAIKEM, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2012.
Observasi awal. Madrasah Ibtidaiyah Negeri Bantabantaeng Makassar, Hari Selasa s/d Rabu, 27-28 september 2016, pukul 09.10 WITA.
Pujiriyanto. Peranan Komputer sebagai Media Pembelajaran bagi Anak. Diakses dari http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/peranan%20Kompute r%20sebagai %20media%20bagi%20Anak.doc.7 November 2013, pukul 12.11 WITA.
Purwanto. Evaluasi Hasil Belajar, Cet. V; Jakarta: Pustaka Belajar, 2013.
Risnawita S., Rini dan Ghufron, M. Nur. Gaya Belajar, Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2014.
Rivai, Ahmad dan Sudjana, Nana. Media Pengajaran Penggunaan dan Pembuatannya, Cet. VII-VIII; Bandung, 2007-2008.
Rohani, Ahmad. Pengelolaan Pengajaran, Cet. II, Jakarta: PT Asdi Mahasatya, 2004.
Saada, Khozinatus. 2014. “Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Yakti Kebonagung, Tegalrejo, Magelang”.Skripsi, Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Diakses dari http://enprints.uny,ac.id/ SKRIPSI.PDF. 16 September 2016.
Safei, Muh. Media Pembelajaran Pengertian, Pengembangan, dan Aplikasinya, Cet.1; Alauddin University Press, 2011.
Sanjaya, Wina. 2010. Penelitian Pendidikan Jenis, Metode dan Prosedur, Cet.VII; Jakarta: Premada Media Group, 2010.
Sanjaya, Wina. 2012. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan Jakarta: Kencana, 2012.
Sarwono, Jonathan. Analisis Data Penelitian Menggunakan SPSS, Yogyakarta: Penerbit Andi, 2006.
Siregar, Syafaruddin. Statistik Terapan untuk Penelitian, Jakarta: Grasindo, 2005.
Sudijono, Anas. Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2001.
Sudirman. interaksi dan motivasi belajar mengajar, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2007.
Sugiyono. Metode Penelitian Administrasi, Edisi XII; Bandung: Alfabeta, 2005.
Sugiono. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2008.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Cet.VI; Bandung: Alfabeta, 2009.
Sugiono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&, Bandung: Alfabeta, 2015.
Sukardi. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Prakteknya, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2007.
Sukmara, Dian. Implementasi Life Skill dalam KTSP melalui model manajemen Potensial Qodrat I, Cet.I; Bandung: Mughni Sejahtera, 2007.
Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Cet.IV; Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.
Tanzeh, Ahmad. Pengantar Metode Penelitian, Yogyakarta: Teras, 2009.
Copyright (c) 2018 Dini Haryati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.