PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS II MI DARUL ISTIQAMAH MAKASSAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), dan apakah ada pengaruh model yang digunakan tersebut terhadap hasil belajar peserta didik kelas II pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MI Darul Istiqamah Makassar. Jenis penelitian ini adalah Pre-Experimental Design dengan desain penelitian One Group Pretest-posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas II MI Darul Istiqamah Makassar yang berjumlah 10 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Adapun hasil belajar akidah akhlak sebelum diterapkan model pembelajaran CTL menunjukkan skor rata-rata 48,00 dan skor hasil belajar setelah diterapkan model tersebut menunjukkan skor rata-rata 72,00. Dari hasil analis uji hipotesis menunjukkan t hitung 20,055 > t tabel 2,308 ini berarti hipotesis dari penelitian terbukti, Ho ditolak H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar akidah akhlak melalui penerapan model pembelajaran CTL peserta didik kelas II MI Darul Istiqamah Makassar.Downloads
References
Depertemen Agama RI.Al-Qur’an dan Terjemahan.Bandung : Fitrah Rabbani. 2012.
Ihsan, Fuad. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta. 2005.
Purwanto. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2009.
Poerwadarminta. Kamus Umum Bahasa Indonesai. Jakarta: Balai Pustaka.
Sagala, Syaiful. Konsep dan Makna Pembelajaran:Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta. 2009.
Sahabuddin. Mengajar dan Belajar. Makassar: Badan Penerbit UNM.
Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran, Berorientasi Standar Pendidikan. Jakarta: Kencana. 2006.
Trianto. Mendesain Pembelajaran Kontextual di Kelas. Jakarta: Cerdas Pustaka Publisher. 2008.
Copyright (c) 2018 Musrifah Musrifah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.