METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA DAN MENULIS DI SD/MI

  • Andi Halimah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Abstrak: Ada dua macam keterampilan berbahasa yang harus dikuasai siswa sejak mengenal dunia pendidikan, yaitu: keterampilan menulis dan membaca. Dengan menguasai dua keterampilan itu, maka akan terjadi kemampuan awal dalam menguasai ketrampilan yang lain. Penguasaan keterampilan menulis dan membaca merupakan hal yang mendasari penemuan metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Pengembangan CIRC dihasilkan dari sebuah analisis masalah-masalah tradisional dalam pengajaran seperti pelajaran membaca, menulis, seni bahasa dan mengungkap sesuatu dari realita yang ada. Satu fokus utama dari kegiatankegiatan CIRC adalah membuat penggunaan waktu lebih efektif. Para siswa bekerja di dalam tim-tim kooperatif yang dikoordinasikan dengan pengajaran kelompok membaca, supaya dapat memenuhi tujuan-tujuan dalam bidang lain seperti pemahaman membaca, kosa kata, pembacaan pesan dan ejaan dalam materi yang sedang dipelajari.

Abstract: There are two kinds of language skills that must be mastered since the existence of the world of education, namely students’ skills of writing and reading. Mastering these two skills, would be a prequisite to master other skills. The acquisition of writing and reading skills underlying the invention of Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) method. CIRC development resulting from an analysis of the traditional teaching problems such as reading, writing, language art, and revealed something from the reality. One of the main focus of CIRC activities is to make use of more efective time. Students work in cooperative teams coordinated by the teaching of reading group, in order to meet the objectives of other aspects such as reading comprehension, vocabulary, message reading in the material being studied.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2014-06-19
How to Cite
Halimah, A. (2014). METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA DAN MENULIS DI SD/MI. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1(1), 27-35. Retrieved from https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/auladuna/article/view/539
Section
Artikel
Abstract viewed = 5970 times