Pengembangan Panduan Praktikum Kultur Jaringan dalam Pembelajaran Biologi di SMA Kristen Makedonia
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan temuan bahwa dalam praktikum biologi yang dilakukan sering ditemukan peserta didik yang hanya sebatas aktif, namun tidak sistematis dan sesuai prosedur praktikum. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan lembar panduan praktikum. Penelitian ini menggunakan desain Research and Development (R&D) model ADDIE, sehingga dalam teknik pengumpulan datanya, peneliti menggunakan kuesioner. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil bulan agustus dengan melibatkan masing-masing tiga ahli: desain, media dan materi, kemudian uji coba skala kecil yang dilakukan pada 9 orang peserta didik. Instrumen penelitian menggunakan angket, kemudian data yang dikumpulkan dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian dari validasi ahli menunjukkan bahwa menurut ahli materi persentase kelayakan adalah 98%, ahli media 98%, dan ahli desain adalah 100%. Sedangkan dalam implementasi skala kecil, kelayakan produk yang dinilai peserta didik adalah 94% yaitu “sangat layak.” Berdasarkan temuan yang ada, dapat disimpulkan bahwa pengembangan panduan praktikum sangat perlu dilakukan pada pembelajaran Biologi di SMA Kristen Makedonia. Implikasi dari penelitian ini adalah sebagai perbaikan proses pembelajaran Biologi dan dapat digunakan sebagai rujukan bagi penulis lain.
Downloads
References
Almelhi, A. M. (2021). Effectiveness of the ADDIE Model within an E-Learning Environment in Developing Creative Writing in EFL Students. English Language Teaching, 14(2), 20. https://doi.org/10.5539/elt.v14n2p20
Andi Rustandi, & Rismayanti. (2021). Penerapan Model ADDIE dalam Pengembangan Media Pembelajaran di SMPN 22 Kota Samarinda. Jurnal Fasilkom, 11(2), 57–60. https://doi.org/10.37859/jf.v11i2.2546
Anggraini, P. A. D., & Putra, D. B. K. N. S. (2021). Developing Learning Video with Addie Model on Science Class For 4 th Grade Elementary School Students . Proceedings of the 2nd International Conference on Technology and Educational Science (ICTES 2020), 540(Ictes 2020), 413–421. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210407.273
Arif, W. P., & Maya, S. (2019). Pengembangan penuntun praktikum fisiologi tumbuhan Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Muslim Maros. Jurnal Biotek, 7(2), 69–82. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/biotek/article/view/10365
Aslam, M., Azis, A. A., & Adnan, A. (2021). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Salingtemas (Sains, Lingkungan, Teknologi, Masyarakat) Materi Perubahan Lingkungan Kelas X SMA. Jurnal Biotek, 9(2), 224. https://doi.org/10.24252/jb.v9i2.25885
Dewi, L. (2018). Learning Design Using Addie Approach To Improve Students ’ Critical Thinking Skills in Becoming Ethical Librarians. Jurnal Edulib, 8(1), 199.
Dianna, D. N. (2020). Dasar-Dasar Penelitian Akademik : Analisis Data Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal Akuntansi, March, 1–10. https://www.researchgate.net/publication/340063433
Didik, B. P. (2021a). Desain E-Magazine Pada Mata Pelajaran Biologi Bermuatan High Order Thinking Skill (Hots) Untuk Siswa SMA/MA. Jurnal Biotek, 9(1), 1–10. https://www.researchgate.net/profile/Nurdiyanti-Nurdiyanti/publication/348404305_PERANAN_EDMODO_SEBAGAI_ALTERNATIF_DALAM_PEMBELAJARAN_DARING/links/5ffd3479299bf140888c88dc/PERANAN-EDMODO-SEBAGAI-ALTERNATIF-DALAM-PEMBELAJARAN-DARING.pdf
Didik, B. P. (2021b). Pengembangan Handout Elektronik Menggunakan Flip Pdf Professional pada Materi Kingdom Plantae Siswa Kelas X SMA/MA. Jurnal Biotek, 9(1), 1–10. https://www.researchgate.net/profile/Nurdiyanti-Nurdiyanti/publication/348404305_PERANAN_EDMODO_SEBAGAI_ALTERNATIF_DALAM_PEMBELAJARAN_DARING/links/5ffd3479299bf140888c88dc/PERANAN-EDMODO-SEBAGAI-ALTERNATIF-DALAM-PEMBELAJARAN-DARING.pdf
Didik, B. P. (2021c). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Model Pembelajaran Diskursus Multi Representasi Materi Sistem Reproduksi Manusia. Jurnal Biotek, 9(1), 1–10. https://www.researchgate.net/profile/Nurdiyanti-Nurdiyanti/publication/348404305_PERANAN_EDMODO_SEBAGAI_ALTERNATIF_DALAM_PEMBELAJARAN_DARING/links/5ffd3479299bf140888c88dc/PERANAN-EDMODO-SEBAGAI-ALTERNATIF-DALAM-PEMBELAJARAN-DARING.pdf
Iswati, L. (2019). Developing Addie Model-Based Esp Coursebook. Indonesian EFL Journal, 5(2), 103. https://doi.org/10.25134/ieflj.v5i2.1804
Kartika, N., Nyeneng, I. D. P., & Maharta, N. (2020). Pengembangan Panduan Praktikum Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Fluida Statis. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 9(2), 163–175. https://doi.org/10.21580/phen.2019.9.2.3904
Ma’soem University. (2020). Beberapa Manfaat Literasi Digital. March. https://masoemuniversity.ac.id/berita/beberapa-manfaat-literasi-digital.php
Masaong, K. (2019). Manajemen Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0. April, 30.
Ngussa, B. M. (2014). Application of ADDIE Model in instruction in teaching-learning transaction among teachers of Mara Conference Adventist secondary school, Tanzania. Journal of Education and Practice, 5(25), 99–105.
Nurfalaq, M., Wahyuni, N., Prasetyo, M. M., Sitti Wirda, & Nurhidayah, N. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Menyenangkan (Joyfull Learning) dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Biotek, 10(1), 102–116. https://doi.org/10.24252/jb.v10i1.29297
Prayitno, T. A. (2017). Pengembangan Petunjuk Praktikum Mikrobiologi Program Studi Pendidikan Biologi. Biota, 3(1), 31. https://doi.org/10.19109/biota.v3i1.1041
Rosdianto, H., Sulistri, E., & Munandar, N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran ADDIE Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Kinematika Gerak Lurus. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 5(1), 53. https://doi.org/10.25273/jpfk.v5i1.2947
Siti Aminah. (2018). Implementasi Model Addie Pada Education Game Pembelajaran Bahasa Inggris (Studi Kasus Pada SMP Negeri 8 Pagaralam ). Jurnal Ilmiah Betrik, 09(03), 152–162.
Spatioti, A., Kazanidis, I., & Pange, J. (2022). A Comparative Study of the ADDIE Instructional Design Model in Distance Education. Information, 13(9), 402. https://doi.org/10.3390/info13090402
Sudarman, S. muhammad. (2018). Pengembangan Ebook Panduan Praktikum Sebagai Suplemen Pendukung Konferensi Antar bangsa islam Borneo ke-10 2017 / ISBN978-9670828-18-3 Muhammad Saparuddin. March.
Sugihartini, N., & Yudiana, K. (2018). Addie Sebagai Model Pengembangan Media Instruksional Edukatif (Mie) Mata Kuliah Kurikulum Dan Pengajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2), 277–286. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14892
Sutisna, I. P. G. (2020). Gerakan Literasi Digital Pada Masa Pandemi Covid-19. STILISTIKA: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Seni, 8(2), 268–283. https://doi.org/10.5281/zenodo.3884420
Wibawa, A., Ashrianto, P. D., & Pambudi, S. T. (2021). Implementation of ADDIE Model in Improving the Ability of Lecturers to Write Scientific Articles in Accredited Journals. RSF Conference Series: Business, Management and Social Sciences, 1(4), 124–133. https://doi.org/10.31098/bmss.v1i4.353
Widyastuti, E., & Susiana. (2019). Using the ADDIE model to develop learning material for actuarial mathematics. Journal of Physics: Conference Series, 1188(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1188/1/012052
Copyright (c) 2022 Debora Nuraini, Indri Astuti, Eny Enawaty
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Biotek agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.