HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI INTRINSIK DAN PROKRASTINASI AKADEMIK DENGAN HASIL BELAJAR PENGURUS HMJ PENDIDIKAN BIOLOGI
Abstract
Penelitian kuantitatif ini menggunakan pendekatan korelasional yang bertujuan mengetahui hubungan antara motivasi intrinsik dan prokrastinasi terhadap hasil belajar mahasiswa pengurus HMJ Pendidikan Biologi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Penelitian ini terdiri atas tiga variabel yakni dua variabel bebas serta satu variabel terikat. Variabel bebas adalah motivasi intrinsik dan prokrastinasi akademik. Adapun variabel terikat adalah hasil belajar. Penelitian ini memiliki populasi sebanyak 52 orang yang merupakan pengurus HMJ Pendidikan Biologi Angkatan 2017. Penelitian ini memakai instrumen berupa skala motivasi intrinsik, skala prokrastinasi akademik, serta dokumentasi berupa nilai IPS (Indeks Prestasi Semester). Adapun teknik analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis motivasi intrinsik menunjukkan nilai rata-rata sebesar 47,74 dengan kategori sedang, prokrastinasi akademik menunjukkan nilai rata-rata sebesar 46,63 dengan kategori sedang, dan hasil belajar diperoleh nilai rata-rata sebesar 81,01 berada pada kategori tinggi. Hasil analisis statistik inferensial dengan uji F menunjukkan bahwa nilai Fhitung>Ftabel (0,297 > 0,05), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat hubungan antara motivasi intrinsik dan prokrastinasi akademik dengan hasil belajar mahasiswa pengurus HMJ Pendidikan Biologi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.Downloads
References
Ayyub, N. (2010). Effect of Intrinsic and Extrinsic Motivation on Academic Performance. (http:www.researchgate.net/publication/25571285, diakses 10 November 2017).
Choi, J.N. (2005). Rethinking Procrastination: Positive Effects of “Active” Procrastination Behavior on Attitudes and Performance. The Journal of Social Psychology. 145 (1), 242-250.
Dini, A. (2010). Perbedaan Prokrastinasi Akademik antara Mahasiswa yang Aktif dengan yang Tidak Aktif dalam Organisasi Kemahasiswaan PEMA USU.. Medan: Skripsi Universitas Sumatera Utara.
Damayanti, Eka. (2015). Peran Belajar Berdasar Regulasi Diri dan Penyesuaian Diri terhadap Prestasi Belajar Siswi Madrasah Tsanawiyah Muallimat Yogyakarta. Jurnal Biotek (online), Vol 3 No 2 (http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/biotek/article/view/1023, diakses 1 November 2017).
Djaali, H. (2007). Psikologi Pendidikan. Cet. II; Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Djamarah, S.B. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Elliot, A.J. (2009). Competence Valuation As a Strategic Intrinsic Motivation Process, Journal of Personality and Social Psyhology. 26 (7), 232-242.
Fibrianti, I.D. (2009). Hubungan antara Dukungan Sosial Orang Tua dengan Prokrastinasi Akademik dalam Menyelesaikan Skripsi pada Mahasiwsa Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. (Online). (http://eprints.undip.ac.id/10517/ 1/SKRIPSI.pdf, diakses 02 Juli 2016.
Ghufron, M N. dan Risnawita, R. (2011). Teori-teori Psikologi. Jogjakarta: AR-Ruzz Media.
Lee, E. (2015). The Relationship of Motivation and Flow Experience to Academic Procrastination in University Students. (http://proquest.umi.com, diakses 2 Juni 2016).
Muhibbin, S. (2001). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ngatini. (2012). Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Tentang Fungsi Melalui Model Pembelajaran Numbered Heads Together Bagi Siswa SMP. Jurnal Manajemen Pendidikan. 7 (2), 150-160.
Nirwan, T.S., Rapi, M., & Muchlisah. (2016). Hubungan antara Kesiapan Mental dengan Motivasi Belajar pada Mata Pelajaran Biologi. Jurnal Biotek (Online), Vol. 4, No. 2 (http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/biotek/article/view/ 1886/1826, diakses 10 April 2017).
Pangando, N. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas IV SDN 1 Tumora. Jurnal Gorontalo. 20 (1), 1-15.
Pratiwi, N.Y. (2010). Hubungan antara Ketakutan Gagal dengan Prokrastinasi Akademik yang Memprogram Skripsi di Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar. Makassar: Skripsi Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar.
Purwanto, M., N. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya.
Rangga, M. (2007). Pengaruh Motivasi Diri terhadap Kinerja Belajar Mahasiswa. (Online). (http://jurnal.upi.edu/abmas/view/432/Pengaruh-motivasi-diri-terhadap-kinerja-belajar-mahasiswa-studi-kasus-pada-mahasiswa-universitas-paramadina-,html, diakses 30 Oktober 2016).
Satiadarma, M.P. (2005). Self-Handicapping dan Prokrastinasi dalam Dunia Pendidikan. Journal Provitae. 2 (2), 165-175.
Setiabudi, J. (2009). The Power Of Kepepet. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Siagian, R. E., F. (2009). Pengaruh Sikap Mahasiswa Pada Matematik Dan Konsep Diri Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Pengantar Dasar Matematika. Jurnal Formatif. 1(2), 130-146.
Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Yayasan Penyelenggara Penerjemah Al-Qur’an. 2005. Mushaf Al-Qur’an Terjemah. Depok: Al Huda Kelompok Gema Insani.
Authors who publish with Jurnal Biotek agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.