PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES PADA POKOK BAHASAN SUBSTANSI GENETIKA KELAS XII IPA SMA NEGERI 16 MAKASSAR

  • Andi Ernawati Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Misykat Malik Ibrahim Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Ahmad Afiif Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) yang bertujuan untuk menghasikan produk berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis multiple intelligences. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan LKS hingga menghasilkan LKS yang berkualitas menurut para ahli, dan untuk menganalisis tingkat kevalidan serta tingkat keefektifan LKS.Penelitian ini mengacu pada model pengembangan 4-D atau model Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahap yaitu tahap define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA 1 SMA Negeri 16 Makassar. Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian adalah intrumen pengujian kevalidan berupa angket dan instrumen pengujian keefektifan berupa angket respon siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif.Berdasarkan uji coba kevalidan LKS yang dikembangkan berada pada kategori valid dengan nilai rata-rata semua aspek penilaian 3,22. Siswa juga memberikan respon positif terhadap LKS yang dikembangkan dengan rata-rata 3,33.Hal ini menandakan bahwa LKS yang dikembangkan efektif digunakan dalam proses pembelajaran.Hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa LKS yang dikembangkan memenuhi kategori valid dan efektif sehingga bisa dikatakan layak untuk digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Andi Ernawati, Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Jurusan Pendidikan Biologi
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Misykat Malik Ibrahim, Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Jurusan Pendidikan Biologi
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Ahmad Afiif, Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Jurusan Pendidikan Biologi
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

References

Afiif, Ahmad. (2014). Psikologi Guru. Makassar: Alauddin University Press. Amstrong,

Thomas. (2004). Menerapkan Multiple Intelligences di Sekolah. Bandung: Penerbit Kaifa.

Bayuni. (2016). Pengembangan LKS Berbasis Kecerdasan Ganda Subtema Tugasku Sehari-Hari di Rumah. Jurnal Ilmu Pendidikan. 3 (1), 2-26.

Kristiyanto, Sidan. (2015). Buku Sakti Biologi. Yogyakarta: Laksana.

Lunenburg, Fred. (2014). Applying Multiple Intelligences in The Classroom: AFresh Look at Teaching Writing. International Journal of Scholary Academic Intellectual Diversity,16 (1), 2.

Majid, Abdul. (2008). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nasution. (1999). Sosiologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Prasetyo, Reza dan Yeni Andriani. (2009). Multiply Your Multiple Intelligences: Melatih 8 Kecerdasan Majemuk pada Anak dan Dewasa. Yogyakarta: Andi Offset.

Pratiwi, Diah dkk.(2014). Pengembangan Bahan Ajar Biologi Berbasis Pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual). Jurnal Edukasi UNEJ,1 (2), 5.

Rapi, M. (2016). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Mata Kuliah Pengetahuan Lingkungan Hidup Melalui Pendekatan Scientific Mahasiswa. Jurnal Biotek (Online), Vol. 4, No. 2 (http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/biotek/article/ view/1886/1826, diakses 22 Agustus 2017).

Safriadi. (2015). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Think-Thalk-Write pada Mata Pelajaran Matematika Kelas XI SMA Negeri 11 Makassar. Skripsi. Makassar: UIN Alauddin Makassar.

Syaodih, Nana Sukmadinata. (2011). Landasan Psikologi Proses Pendidikan.Bandung: PT Remaja Rosdakary.

Trianto. (2015).Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasidalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan(KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.

Wardhani, Galuh dkk. (2015). Metode Pembelajaran Fisika Berdasarkan Teori Multiple Intelligences pada Materi Perpindahan Kalor. Jurnal Radiasi, 6 (1), 42.

Wijayanti, Frieda. (2014). Pengembangan LKS IPA Berbasis Multiple Intelligences pada Tema Energi dan Kesehatan untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Skrips. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Yaumi, Muhammad dan Nurdin Ibrahim, (2016). Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Jamak (Multiple Intelligences) Mengidentifikasi dan Mengembangkan Multitalenta Anak. Jakarta: Prenadamedia Group.

Yaumi, Muhammad. (2014). Model Perbaikan Kinerja Guru dalam Pembelajaran Designing, Training dan Mentoring. Makassar: Alauddin University Press.

Published
2017-12-31
How to Cite
Ernawati, A., Ibrahim, M. M., & Afiif, A. (2017). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES PADA POKOK BAHASAN SUBSTANSI GENETIKA KELAS XII IPA SMA NEGERI 16 MAKASSAR. Jurnal Biotek, 5(2), 1-18. https://doi.org/10.24252/jb.v5i2.4276
Section
Articles
Abstract viewed = 2889 times