PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES PADA POKOK BAHASAN SUBSTANSI GENETIKA KELAS XII IPA SMA NEGERI 16 MAKASSAR
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) yang bertujuan untuk menghasikan produk berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis multiple intelligences. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan LKS hingga menghasilkan LKS yang berkualitas menurut para ahli, dan untuk menganalisis tingkat kevalidan serta tingkat keefektifan LKS.Penelitian ini mengacu pada model pengembangan 4-D atau model Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahap yaitu tahap define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA 1 SMA Negeri 16 Makassar. Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian adalah intrumen pengujian kevalidan berupa angket dan instrumen pengujian keefektifan berupa angket respon siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif.Berdasarkan uji coba kevalidan LKS yang dikembangkan berada pada kategori valid dengan nilai rata-rata semua aspek penilaian 3,22. Siswa juga memberikan respon positif terhadap LKS yang dikembangkan dengan rata-rata 3,33.Hal ini menandakan bahwa LKS yang dikembangkan efektif digunakan dalam proses pembelajaran.Hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa LKS yang dikembangkan memenuhi kategori valid dan efektif sehingga bisa dikatakan layak untuk digunakan.Downloads
References
Afiif, Ahmad. (2014). Psikologi Guru. Makassar: Alauddin University Press. Amstrong,
Thomas. (2004). Menerapkan Multiple Intelligences di Sekolah. Bandung: Penerbit Kaifa.
Bayuni. (2016). Pengembangan LKS Berbasis Kecerdasan Ganda Subtema Tugasku Sehari-Hari di Rumah. Jurnal Ilmu Pendidikan. 3 (1), 2-26.
Kristiyanto, Sidan. (2015). Buku Sakti Biologi. Yogyakarta: Laksana.
Lunenburg, Fred. (2014). Applying Multiple Intelligences in The Classroom: AFresh Look at Teaching Writing. International Journal of Scholary Academic Intellectual Diversity,16 (1), 2.
Majid, Abdul. (2008). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nasution. (1999). Sosiologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Prasetyo, Reza dan Yeni Andriani. (2009). Multiply Your Multiple Intelligences: Melatih 8 Kecerdasan Majemuk pada Anak dan Dewasa. Yogyakarta: Andi Offset.
Pratiwi, Diah dkk.(2014). Pengembangan Bahan Ajar Biologi Berbasis Pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual). Jurnal Edukasi UNEJ,1 (2), 5.
Rapi, M. (2016). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Mata Kuliah Pengetahuan Lingkungan Hidup Melalui Pendekatan Scientific Mahasiswa. Jurnal Biotek (Online), Vol. 4, No. 2 (http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/biotek/article/ view/1886/1826, diakses 22 Agustus 2017).
Safriadi. (2015). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Think-Thalk-Write pada Mata Pelajaran Matematika Kelas XI SMA Negeri 11 Makassar. Skripsi. Makassar: UIN Alauddin Makassar.
Syaodih, Nana Sukmadinata. (2011). Landasan Psikologi Proses Pendidikan.Bandung: PT Remaja Rosdakary.
Trianto. (2015).Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasidalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan(KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.
Wardhani, Galuh dkk. (2015). Metode Pembelajaran Fisika Berdasarkan Teori Multiple Intelligences pada Materi Perpindahan Kalor. Jurnal Radiasi, 6 (1), 42.
Wijayanti, Frieda. (2014). Pengembangan LKS IPA Berbasis Multiple Intelligences pada Tema Energi dan Kesehatan untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Skrips. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Yaumi, Muhammad dan Nurdin Ibrahim, (2016). Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Jamak (Multiple Intelligences) Mengidentifikasi dan Mengembangkan Multitalenta Anak. Jakarta: Prenadamedia Group.
Yaumi, Muhammad. (2014). Model Perbaikan Kinerja Guru dalam Pembelajaran Designing, Training dan Mentoring. Makassar: Alauddin University Press.
Authors who publish with Jurnal Biotek agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.