PENGARUH KETERAMPILAN KOMUNIKASI TERHADAP PERKEMBANGAN MORAL SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI IPA SMA MUHAMMADIYAH LIMBUNG

  • A. Wilhalminah Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Ulfiani Rahman Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Muchlisah Muchlisah Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Gambaran tentang Keterampilan Komunikasi siswa pada mata pelajaran Biologi kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Limbung, (2) Gambaran Perkembangan Moral siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Limbung dan (3) Pengaruh Keterampilan Komunikasi Terhadap Perkembangan Moral Siswa Kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Limbung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode ex-post facto. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Muhammadiyah Limbung. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Limbung yang berjumlah 69 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen skala keterampilan komunikasi dan skala perkembangan moral siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif untuk menjawab rumusan masalah pertama dan kedua serta statistik inferensial dengan menggunakan uji regresi sederhana untuk menjawab rumusan masalah ketiga. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif keterampilan komunikasi diperoleh nilai rata-rata sebesar 85,550 dengan persentase 69,565% termasuk kategori sedang sedangkan untuk perkembangan moral  siswa diperoleh nilai rata-rata sebesar 89,376 dengan persentase 78,260% termasuk kategori sedang. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial (Regresi Sederhana) diperoleh nilai R2 yaitu 0.520 (52%) berarti terdapat pengaruh keterampilan komunikasi terhadap perkembangan moral  siswa Kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Limbung senilai 52%, sisanya sebesar 48% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Hasil analisis statistik inferensial dengan uji signifikan menunjukkan bahwa nilai 0,000 < 0,05 sehingga memperkuat hipotesis bahwa keterampilan komunikasi berpengaruh terhadap perkembangan moral siswa Kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Limbung. 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

A. Wilhalminah, Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Jurusan Pendidikan Biologi
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Ulfiani Rahman, Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Jurusan Pendidikan Biologi
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Muchlisah Muchlisah, Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Jurusan Pendidikan Biologi
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

References

Astutik, Yuli. (2013). “Strategi Penanaman Nilai-Nilai Moral Pada Siswa SMK Negeri 1Pungging Kabupaten Mojokerto” Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan 2013, (Diakses pada 16 Februari 2017).

Azizah, Nur. (2014). ”Perilaku Moral dan Religiusitas Siswa Berlatar Belakang Pendidikan Umum dan Agama tahun 2014/2015”, Jurnal Psikologi. (Diakses pada 29 November).

Desmita. (2012). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.

Efianingrum, Ariefa. (2007). ”Kultur Sekolah yang Kondusif bagi Pengembangan Moral Siswa“, Jurnal Dinamika Pendidikan 2007 (diakses pada 16 februari 2017).

Hurlock, Elizabeth B. (2005). Perkembangan Anak Jilid 2 Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga.

Enung, Fatimah. (2010). Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung : CV Pustaka Setia.

Hanifa. (2008). “Hubungan Antara Persepsi Terhadap Profesionalisme Guru Dengan Keterampilan Komunikasi pada Guru SMA Negeri 2 Medan Tahun 2008”, (Diakses Pada 6 Januari 2017).

Kadir, Abdul. (2012). Dasar-Dasar Pendidikan Edisi Pertama. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Kartono, Kartini. (2006). Kamus Lengkap Psikologi Terjemahan Chaplin, J. P.

Khalik. (2014). Filsafat Komunikasi. Makassar: Alauddin University Press.

Alwi, Marjani. (2014). Pendidikan Karakter. Makassar: Alauddin University Press.

Rahman, Istianah A. (2013). Psikologi Perkembangan Cet. 1. Makassar: Alauddin University Press.

Republik Indonesia. Undang-Undang Sisdiknas (Sistem Pendidikan Nasional) UU RI No. 20 Th. 2003. Jakarta: Sinar Grafika.

Santrock, J.W. (2007). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Santrock, J.W. (2005). Life Span Development: Perkembangan Masa Hidup (Jilid I) Terjemahan oleh: Juda Damanik dan Achmad Chusairi. Jakarta: Erlangga.

Silya, Maryanti. (2012). “Hubungan antara Ketrampilan Komunikasi dengan Aktivitas Belajar Siswa”, Jurnal Pendidikan 2012, (Diakses pada 3 Januari 2017).

Sofyan, Rapi, M., Afiif, A. (2015). Pengaruh Kecemasan Berkomunikasi terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi Angkatan 2013 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. Jurnal Biotek (online). Vol. 3 No. 2 (http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/biotek/article/view/1102 ,diakses 15 Januari 2017)

Syah, Muhibbin. (2003). Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Yusuf, Syamsu. (2000). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Published
2017-12-31
How to Cite
Wilhalminah, A., Rahman, U., & Muchlisah, M. (2017). PENGARUH KETERAMPILAN KOMUNIKASI TERHADAP PERKEMBANGAN MORAL SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI IPA SMA MUHAMMADIYAH LIMBUNG. Jurnal Biotek, 5(2), 37-52. https://doi.org/10.24252/jb.v5i2.4278
Section
Articles
Abstract viewed = 1503 times