PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN TRUE OR FALSE BERBASIS KARTU DOMINO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI DI KELAS XI IPA SMANEGERI 11 MAKASSAR
Abstract
Salah satu masalah yang dihadapi dunia pendidikan adalah lemahnya proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran, anak kurang didorong untuk mengembangkan kemampuan berpikir. Penelitian ini membahas tentang pengaruh strategi pembelajaran true or false berbasis kartu domino terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sistem reproduksi di kelas XI IPA SMA Negeri 11 Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimental design yaitu eksperimen semu dengan desain penelitian Pretest-Postest Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 11 Makassar sebesar 256 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling. Jumlah sampel yang digunakan sebesar 72 siswa dimana pada kelas XI IPA2 dengan jumlah siswa 36 terpilih sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan strategi pembelajaran True Or False berbasisi kartu domino dan kelas XI IPA1 dengan jumlah siswa 36 terpilih sebagai kelas kontrol diajar dengan pembelajaran langsung. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument tes berbentuk pilhan ganda sebanyak 20 soal. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dan teknik analisis inferensial. Hasilpenelitian yang diperoleh pada kelas yang menggunakan strategi pembelajaranTrue Or False berbasis kartu dominodengannilai rata-rata 82,64. Hasilbelajar siswa tanpa menggunakan strategi pembelajaranTrue Or False berbasis kartu dominodiperoleh nilai rata-rata sebesar 74,22.Downloads
References
Aqib, Zainal.(2013). Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Konstektual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.
Arifin, Zaenal. (2009). Evaluasi Pembelajaran Prinsip, teknik Prosedur. Bandung: PT Remaja Rosdakarya cet 2.
Darmadi, Hamid. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: AlfaBeta.
Fernando, Hary. (2007). Penggunaan Algoritma Brute Force dan Greedy dalam permainan Domino.Jurnal Institut Teknologi Bandung.
Hasnibar. (2016). Peningkatan Partisipasi Belajar Siswa Kelas IV dalam Pembelajaran PAI dengan Strategi True or False di SDN 38 Sungai Limau Kabupaten Padang Periaman. Jurnal Konseling dan Pendidikan (online),Vol.4, No. 2 (http://jurnal.konselingindonesia.com/index.php/jkp/article/view/62, diakses 9 Desember 2016).
Irianto,Koes. (2013). Anatomi dan Fisiologi. Bandung: Alfabeta.
Irmawati, Susi. Hadi Mulyono. Sadiman. (2011). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Toghether (NHT) Berbasis Kartu Domino Terhadap Pemahaman Konsep Hitung Campuran. Jurnal Didaktika Dwija Indria (SOLO) (online), Vol.3, No.4 (http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/4528, diakses 9 Desember 2016).
Jannah,Nurul. (2013). Biologi Reproduksi Untuk Mahasiswa Kebidanan. Yogyakarta: Ar.Ruzz Media.
Lesdiana, Dyanti Safitrilia Erika, Asep Kurnia Jayadinata, dan Julia. (2016). Pengaruh Penggunaan Strategi True Or False Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Materi Perubahan Kenampakan Bumi dan Benda Langit. Jurnal Pena Ilmiah (online), Vol. 1, No.1 (http://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/view/356, diakses 11 Desember 2016).
Maritalia, Dewi dan Sujono Riyadi. (2011). Biologi Reproduksi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nasution,Noehi. et all. (1991). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Ditjen Pembinaan Kelembagaan Agama Islam Departemen Agama.
Sadiman, Arif. et, all. (2007).Media pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Safitri Dian, Maryam dan Muhammad Khalifah Mustami. 2017. Pengaruh Strategi Pembelajaran Arias Setting Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Biologi. Jurnal Biotek (Online). Vol. 4, No. 2 (http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/biotek/article/view/1791, diakses 12 Januari 2017).
Sanjaya, Wina. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Pernada Media Grup.
Sanjaya, Wina. (2007). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sanjaya, Wina. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses PendidikanCet. VII . Jakarta: Premada Media Group
Sari, Hendrika Milta, Gustina Indriati, dan Annika Maizeli. (2012). Penerapan Pembelajaran Aktif Tipe True Or False Statement Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMPN 36 Padang Tahun Pelajaran 2012/2013.(http://www.google.co.id/url?q=http://download.portalgaruda.org/article.Diakses 9 Desember 2016).
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D Cet. XVI. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sumadi, Suryabrata. (2009). Metode Penelitian. Jakarta: Rajawali Press.
Supranto, J. (2008). Statistik Teori dan Aplikasi Cet. VII. Jakarta: Erlangga.
Umar,Husein. (2008). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis Cet. I. Jakarta: Rajawali Pers.
Walgito, Bimo. (2004). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi.
Authors who publish with Jurnal Biotek agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.