PERBANDINGAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DENGAN TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA SISWA KELAS VII SMPN 8 BULUKUMBA
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan motivasi dan hasil belajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dengan tipe Group Investigation (GI) pada siswa kelas VII SMPN 8 Bulukumba. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan menggunakan desain pretest dan posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 8 Bulukumba tahun ajaran 2014/2015 yang terdiri dari tiga rombel. Dari populasi yang ada terpilih dua rombel, masing-masing rombel berjumlah 30 siswa yang mana menggunakan tekhnik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian angket untuk mengukur motivasi belajar siswa dengan pemberian tes hasil belajar untuk mengukur hasil belajar kognitif siswa. Data dianalisis statistik secara deskriptif dan inferensial (menggunakan statistik uji-t dengan bantuan program SPSS 18.00 for windows), pada taraf signifikan lebih kecil dari 5 % atau α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan (1) Terdapat perbedaan motivasi belajar yang signifikan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dengan tipe Group Investigation (GI) pada Kelas VII SMPN 8 Bulukumba. Hal ini didasarkan pada uji hipotesis dengan uji-t. hasil menunjukkan nilai thitung < ttabel = 0,002 < α (0,05). (2) Tidak terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dengan tipe Group Investigation (GI) pada Kelas VII SMPN 8 Bulukumba. Hal ini didasarkan pada uji hipotesis dengan uji-t. Hasil menunjukkan nilai thitung > ttabel = 0,312 > α (0,05).
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Berdiati, Ika. 2010. Model Pakem Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bandung: Widyaiswara BDK.
Churiyah, dkk. 2014. Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Two Stay Two Stray (TSTS). Jurnal Inspirasi Pendidikan. Universitas Kanjuruhan Malang.
Hamalik, Oemar. 2001. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Huda, Miftahul. 2014. Cooperatif Learning. Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Jufri. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe two stay – two stray (TSTS) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta didik Materi Pokok Segi Empat Kelas VII C MTS Taqwal Ilah Tembalang Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi.Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang
Johnson, DW & Johnson, RT. 1991. Learning Together And Alone, Cooperative, Competitive, and Individualistic Learning. (Third Edition). Boston: Allyn and Bacon.
Lie, Anita. 2008. Cooperatif Learning (Mempraktekkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas). Jakarta: Grasido.
Mirza, Faishal. 2008. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Two Stay Two Stray (TSTS) Untuk meningkatkan 5 unsur Pembelajaran Kooperatif dan Prestasi Belajar Siswa Kelas X-B Semester II MAN 3 Malang. Skripsi. Malang: Program Studi Pendidikan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Tidak Diterbitkan.
Nurkhasanah, Lina. Dkk. 2013. Efektifitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dan Think Pair Square (TPSq) Melalui Pemanfaatan Peta Konsep Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Sistem Koloid Kelas XI SMA N 4 Magelang Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), Vol.2 No. 2 Tahun 2013
Roger, E.W.B. Olsen, & S. Kagan. 1992. “About Cooperatif Learning: Cooperatif Languange Learning.” Kessler, C. (ed). Cooperatif Language Learning: A Teacher’s Resource Book. New Jersey: Prentice Hall. Inc. Hlm 8.
Sudjana, Nana. 1989. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Slavin, R. 2014. Cooperative Learning: Teori, Riset, and Praktis (Terjemahan dari Cooperative Learning: Theory, Research, dan Practice. Terjemahan oleh Yusron, Nurilita. Bandung: Nusa Media.
Uno, Hamzah B. 2009. Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Wena, M. 2009. Strategi Pembelajaran Kontemporer suatu tinjauan Konseptual Operasional. Bumi Aksara: Jakarta.
Yuniar, Irma. dkk. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray disertai Media Audio-Visual Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Biologi Siswa Kelas XI IPA 5 SMA Negeri 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Biologi. Volume 4, Nomor 1, 40-55 (http://ras-eko.blogspot.com/2011/05/model-pembelajaran-kooperatif -tipe-two.html
Copyright (c) 2018 Jurnal Biotek
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Biotek agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.