PENGARUH PENERAPAN MODEL TALKING STICK DENGAN BANTUAN MEDIA CHOOSE NUMBER TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI DI SMP NEGERI 3 SUNGGUMINASA KABUPATEN GOWA
Abstract
Tujuan dalam penelitian adalah untuk: 1) Mengetahui hasil belajar biologi peserta didik di SMP Negeri 3 Sungguminasa Sungguminasa yang diajar tanpa menerapkan model talking stick dengan bantuan media choose number 3) Menganalisis perbedaan hasil belajar biologi antara peserta didik yang yang diajar dengan menerapkan model talking stick dengan bantuan media choose number 2) Mengetahui hasil belajar biologi peserta didik di SMP Negeri 3 diajar dengan model talking stick dengan bantuan media choose number dan peserta didik yang diajar tanpa model talking stick dengan bantuan media choose number.
Dalam penelitian ini merupakan suatu penelitian Quasi Experimental dengan menggunakan desain penelitian Pretest-Postest Control Group Design. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VIII A dengan jumlah 35 peserta didik dan kelas VIII H yang berjumlah 35 peserta duduk. Dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik simple random sampling . Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik berupa tes pilihan ganda sebanyak 20 nomor. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis statistic deskriftif dan analisis statistic inferensial dengan menggunakan uji-t.
Berdasarkan dari hasil analisis statistik deskriptif, dan diperoleh nilai rata-rata dari kedua kelompok tersebut, dengan menggunakan kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model talking stick dengan bantuan media choose number sebesar 75,58. Pada kelas kontrol yang diajar dengan tanpa menggunakan model talking stick dengan bantuan media choose number sebesar 67,41. Sedangkan berdasarkan hasil analisis inferensial menggunakan uji-t diperoleh nilai sign sebesar 0,000 yang lebih kecil dari pada α sebesar 0,05 (sign<α) dengan demikian dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak. Jadi terdapat perbedaan yang signifikan antara model talking stick dengan bantuan media choose number dengan tanpa yang diajar menggunakan model talking stick dengan bantuan media choose number terhadap hasil belajar biologi peserta didik dikelas VIII SMP Negeri 3 Sungguminasa Kabupaten Gowa.Downloads
References
Asri, Widya, Betty.“Peningkatan kualitas pembelajaran PKN Menggunakan Model Talking Stick dengan Menggunakan Audio-Visual”, 2015 .
Budimansyah, dasim. Model pembelajaran dan penilaian. Bandung : Genesindo ,2002
Gunawan, Efektivitas Penerapan Metode Word Square (WS) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Peserta didik Kelas XI SMA Negeri 11 Makassar” Skripsi” Makassar : Fakultas Tarbiyah dan keguruan UIN Alauddin, 2015.
Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Cet. Pertama ; Jakarta : PT Bumi Aksara, 2001.
Kango Suciani,dkk, “ Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Kelas IV SDN 3 Bulawa Pada Materi Hubungan Daya Alam, Lingkungan,Teknologi dan Masyaraka,( 2013)
Pratiwi, Heni. “Peningkatan Minat Belajar Melalui Strategi Instant Assessment dengan Media Choose Number Pada Mata Pelajaran IPS Peserta didik Kelas IV SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta”, 2013.
Rusman, Belajar dan pembelajaran berbasis komputer. Cet. 11; Bandung: Alfabeta, 2013.
Suprijono, Agus. Cooperative Learning, Teori dan Aplikasi Paikem. Cet. IV; Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014
Sugiono, metodePenelitian Pendidikan. Cet. XX; Bandung: Alfabeta, 2014.
Syamsuduha, St. Penilaian berbasis kelas konsep dan Aplikasi Cet 1 ; yogyakarta : CV. Arti Bumi Intaran : 2014
Widoyono dan Sofara, Metodologi penelitian sosial untuk penulisan skripsi dan tesis. Cet 1 ; jakarta : In Media, 2013.
Copyright (c) 2018 ikra safitri, Misykat Malik Ibrahim, Nursalam Nursalam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Biotek agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.