PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN ARGUMENTASI LISAN SISWA KELAS XI PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI

  • Latifatul Faizah Program Studi S-1 Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta
    (ID)
  • Riezky Maya Probosari Program Studi S-1 Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta
    (ID)
  • Puguh Karyanto Program Studi S-1 Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta
    (ID)

Abstract

Abstrak

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan keterampilan argumentasi lisan siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research)  dengan penerapan Problem Based Learning yang meliputi lima tahapan pembelajaran, yaitu problem encounter, problem analysis and learning issues, discovery and reporting, solution presentation and reflection, dan overview integration and evaluation. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA di salah satu SMA di Surakarta yang berjumlah 37 siswa (19 laki-laki dan 18 perempuan). Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi proses pembelajaran biologi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan prosedur penelitian tindakan kelas mengikuti model penelitian dari Coghlan & Brannick. Penilaian keterampilan argumentasi lisan siswa mengacu pada McNeill & Krajcik terdiri dari claim, evidence, dan reasoning. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan argumentasi lisan siswa mengalami peningkatan dari level rendah ke level sedang dengan rata-rata skor keterampilan argumentasi lisan siswa pada prasiklus 0,19, siklus I 1,43, dan siklus II 3,49, serta rata-rata skor 5 pada siklus III. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa ada peningkatan keterampilan argumentasi lisan siswa melalui Problem Based Learning di kelas XI MIPA pada pembelajaran biologi.

Kata kunci: keterampilan argumentasi lisan, pembelajaran biologi, penelitian tindakan kelas, problem based learning.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Berland, L. K., & McNeill, K. L. (2010). A learning Progression for Scientific Argumentation: Understanding Student Work and Designing Supportive Instructional Contexts. Science Education, 765-793.

Chin, C., & Osborne, J. (2010). Supporting Argumentation Thriugh Students' Questions: Case Studies in Science Classroom. Learning Science, 19 (2): 230-284.

Coghlan, D., & Brannick, T. (2010). Doing Action Research in Your Own Organization. London: Sage.

Cross, D., Taasoobshirazi, G., Hendricks, S., & Hickey, D. T. (2008). Argumentation: A strategy for improving achievement and revealing scientific identities. International Journal of Science Education, 30 (6): 837-861.

Evagorou, M., & Osborne, J. (2013). Exploring Young Students' Collaborative Argumentation Within a Socioentific Issue. Journal of research in science teaching, 50 (2): 209-237.

Kultuca, A. Y., Cetin, P. S., & Dogan, N. (2014). Effect of Content Knowledge on Scientific Argumentation Quality: Cloning Context. Journal of Science and Mathematics Education, 8 (1): 1-30.

McNeill, K. L., & Krajcik, J. (2008). Scientific Explanations: Caharacterizing and Evaluating the Effects of teachers' Instructional Practices on Student Learning. Journal of Research in science Teaching, 45 (1): 53-78.

McNeill, K. L., & Krajcik, J. (2009). Synergy Between Teacher Practices and Curricular Scaffolds to Support Students in Using Domain-Specific and Domain-General Knowledge in Writing Arguments to Explain Phenomena. The Journal of The Learning Sciences, 18; 416-460.

Roshayanti, F., & Rustaman, N. Y. (2013). Pengembangan Asesmen Argumentatif Untuk Meningkatkan Pola Wacana Argumentasi Mahasiswa pada Konsep Fisiologi Manusia. Bioma, 2 (1): 85-100.

Syaifudin, A., & Pratama, H. (2013). Pengembangan Buku Teks Menulis Argumentasi Berdasarkan Pola Penalaran Argumentatif. Jurnal Penelitian Pendidikan, 30 (1): 1-10.

Tan, O. S. (2007). Problem-Based Learning Pedagogies: Psychological Processes and Enhancement of Intellogences. Educ Res Policy Prac , DOI 10.1007/s10671-007-9014-1, 6: 101-114.

Wulandari, B., & Surjono, H. D. (2013). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Motivasi Belajar PLC Di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3 (2): 178-191.

Published
2018-12-30
How to Cite
Faizah, L., Probosari, R. M., & Karyanto, P. (2018). PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN ARGUMENTASI LISAN SISWA KELAS XI PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI. Jurnal Biotek, 6(2), 1-12. https://doi.org/10.24252/jb.v6i2.6395
Section
Articles
Abstract viewed = 821 times