PENGEMBANGAN BUKU AJAR TEKNIK LABORATORIUM BIOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DICK AND CAREY

Abstract

Kendala utama pada pembelajaran teknik laboratorium biologi adalah masih terbatasnya buku pedoman/ referensi yang bisa digunakan sebagai acuan. Kondisi ini tentunya akan memunculkan kesulitan tersendiri bagi dosen dalam menentukan prioritas materi yang perlu disampaikan. Sehingga akan berimplikasi pada tingkat pemahaman peserta didik dan pencapaian tujuan pembelajaran. Pengetahuan yang diperoleh dari mata kuliah teknik laboratorium dapat berperan secara optimal jika didampingi dan dibantu dengan adanya buku ajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar teknik laboratorium biologi. Penulisan buku dilakukan dengan menggunakan model Dick and Carey. Materi dikembangkan dari tulisan sendiri, transformasi teks ataupun kompilasi dari berbagai informasi. Untuk mengetahui kualitas dan efektivitas buku yang telah disusun, selanjutnya dilakukan uji validitas yang melibatkan ahli materi pelajaran, ahli desain pembelajaran serta mahasiswa yang akan menjadi pengguna buku. Berdasarkan hasil validasi dari ahli materi dan ahli desain pembelajaran buku ajar teknik laboratorium biologi yang disusun memiliki kualitas baik dengan nilai rata-rata 80,56. Sementara pada uji efektivitas memiliki nilai rata-rata 85,47 dan buku ini layak digunakan dalam pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Arif Sardi, UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Arif Sardi

Prodi Biologi, Fakultas Sains dan Teknologi. UIN Ar-Raniry

References

-

Published
2018-12-30
How to Cite
Sardi, A. (2018). PENGEMBANGAN BUKU AJAR TEKNIK LABORATORIUM BIOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DICK AND CAREY. Jurnal Biotek, 6(2), 37-50. https://doi.org/10.24252/jb.v6i2.6399
Section
Articles
Abstract viewed = 673 times