PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT ATTAINMENT TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DI KELAS XI IPA SMAN 11 BULUKUMBA

  • Risdawati Risdawati Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Muh. Khalifah Mustami Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Hamansah Hamansah Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen, mengingat tidak semua variabel atau gejala yang muncul dapat diukur dan dikontrol secara ketat namun pada penelitian ini peneliti hanya mengukur aspek kognitif siswa saja. Penelitian eksperimen penelitian yang subyeknya diberi perlakuan (treatment) kemudian diukur akibat perlakuan itu pada diri subyek. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana aktivitas siswa sebelum penerapan model pembelajaran pencapaian konsep (Concept Attainment) di kelas XI SMAN 11 Bulukumba? (2) Bagaimana hasil belajar siswa sebelum penerapan model pembelajaran pencapaian konsep (Concept Attainment) di kelas XI SMAN 11 Bulukumba? (3) Bagaimana aktivitas siswa setelah penerapan model pembelajaran pencapaian konsep (Concept Attainment) di kelas XI SMAN 11 Bulukumba? (4) Bagaimana hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran pencapaian konsep (Concept Attainment) di kelas XI SMAN 11 Bulukumba? (5) Adakah pengaruh model pembelajaran pencapaian konsep (Concept Attainment) terhadap aktivitas belajar di kelas XI SMAN 11 Bulukumba? (6) Adakah pengaruh model pembelajaran pencapaian konsep (Concept Attainment) terhadap hasil belajar di kelas XI SMAN 11 Bulukumba? Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui aktivitas siswa sebelum penerapan model pembelajaran pencapaian konsep (Concept Attainment) di kelas XI SMAN 11 Bulukumba, (2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum penerapan model pembelajaran pencapaian konsep (Concept Attainment) di kelas XI SMAN 11 Bulukumba, (3) Untuk mengetahui aktivitas siswa setelah penerapan model pembelajaran pencapaian konsep (Concept Attainment) di kelas XI SMAN 11 Bulukumba. (4)Untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran pencapaian  konsep (Concept Attainment) di kelas XI SMAN 11 Bulukumba, (5)Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran pencapaian konsep (Concept Attainment) terhadap aktivitas belajar di kelas XI SMAN 11 Bulukumba, (6)Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran pencapaian konsep (Concept Attainment) terhadap hasil belajar di kelas XI SMAN 11 Bulukumba. Adapun kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Aktivitas siswa sebelum penerapan model pembelajaran pencapaian konsep (Concept Attainment) di kelas XI SMAN 11 Bulukumba menunjukkan bahwa siswa kurang antusias karena  kegiatan pembelajaran hanya didominasi dengan kegiatan membaca dan menulis materi serta menjawab soal-soal yang diberikan ole guru. (2) Berdasarkan hasil analisis data hasil belajar siswa sebelum penerapan model pembelajaran pencapaian konsep (Concept Attainment) di kelas XI SMAN 11 Bulukumba diperoleh rata-rata tingkat pencapaian siswa berada pada kategori tinggi yaitu 64,70%. (3) Aktivitas siswa setelah penerapan model pembelajaran pencapaian konsep (Concept Attainment) di kelas XI SMAN 11 Bulukumba siswa terlihat lebih aktif dan antusias dalam proses pembelajaran dengan menggunakan model concept attainment. (4) Hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran pencapaian konsep (Concept Attainment) di kelas XI SMAN 11 Bulukumba menujukkan rata-rata tingkat pencapaian siswa setelah penerapan berada pada kategori tinggi yaitu 55,88%. (5) Ada pengaruh model pembelajaran pencapaian konsep (Concept Attainment) terhadap aktivitas belajar di kelas XI SMAN 11 Bulukumba di mana siswa terlihat lebih aktif pada proses pembelajaran. (6) Ada pengaruh model pembelajaran pencapaian konsep (Concept Attainment) terhadap hasil belajar di kelas XI SMAN 11 Bulukumba dilihat dari nilai rata-rata yaitu 81,97 dan masuk dalam kategori tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Risdawati Risdawati, Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Jurusan Pendidikan Biologi  Fakultas Tarbiyah dan Keguruan  Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Muh. Khalifah Mustami, Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Jurusan Pendidikan Biologi  Fakultas Tarbiyah dan Keguruan  Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Hamansah Hamansah, Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Jurusan Pendidikan Biologi  Fakultas Tarbiyah dan Keguruan  Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

References

Budi Tri Siswanto, (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Praktik Kelistrikan Otomotif Smk Di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi (online), vol 6, no. 1 (https://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/view/8118)

David Richard Moore, (2017). Selecting Evaluation Items for Judging Concept Attainment in Instructional Design. Journal of Interactive Online Learning (online) , vol. 5. No. 1 (http://www.ncolr.org/issues/jiol/v5/n1/selecting-evaluation-items-for-judging-concept-attainment-in-instructional-design, diakses tanggal 17 november 2017).

Desy Ayu Nurmala dkk, “Pengaruh Motivasi Belajar Dan Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi”, vol 4, no. 1 diakses dari https://media.neliti.com/.../5258-ID, pada tanggal 15 agustus 2017

Departemen Agama RI, (2009). Al-Ouran dan Terjemahan (Surabaya: CV Penerbit Fajar Mulia,)

Dina Indriana. (2011). Mengenal Ragam Gaya Pembelajaran Efektif. Jogjakarta: DIVA Press.

Dwi Pangestuningsih, Wahono Widodo, (2017). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Sebagai Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas Iv Sdn Balas KlumprikI/434 Surabaya. vol 1, no. 2 (http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id>view)

Golnaz Ostad, Javad Soleymanpour, (2014). The Impact of Concept Attainment Teaching Model and Mastery Teaching Method on Female High School Students'Academic Achievement and Metacognitive Skills. International Journal of Innovative Research in Science, engineering, and Technology, Vol. 3. No. 2. (https://www.ijirset.com/volume-3-issue-2.htm)

Halimatus Sa’diyah, Indrawati, Rif’ati Dina Handayani, (2017). Model Pembelajaran Concept Attainment Disertai Metode Demonstrasi Pada PembelajaranIpa-Fisika Di Smp (Studi Eksperimen Pada Aktivitas Dan Hasil BelajarIpa-Fisika). Jurnal Pembelajaran Fisika (online), vol 4, no. 3 (https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/2642).

Joy R. Mayer, (2017). “Effects Of Using The Concept Attainment Model With Inductive

Reasoning With High School Biology Students, https://scholarworks.montana.edu/.../1/.../MayerJ0812.pdf.

Martala Sari, Jeli Apriani, (2017). “Pengaruh Model Pembelajaran Concept Attainment Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Viii Pada Konsep SistemPernapasan”, vol 1, no. 2, diakses dari h. 138.

Miftakhul Ilmi, (2017). “Pengembangan Perangkat Model Pembelajaran Pemerolehan Konsep (Concept Attainment) Untuk Menuntaskan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Fisika Di Smp”,vol , no. 2, diakses dari http://download.portalgaruda.org/article.php.

Muh.Khalifah Mustami, Suryadin dan Ismail Wekke, (2017). Learning Model Combine with Mind Mapping and CooperativeStrategies for Junior High School Student. Journal of Engineering and Aplied Science, Vol. 12, No. 7 (https://www.researchgate.net/publication/318009346_Learning_model_combined_with_mind_maps_and_cooperative_strategies_for_junior_high_school_student)

Muhammad Khalifah Mustami, (2015). Metodelogi Penelitian Pendidikan, Aynat: Yogyakarta.

Muhammad Yaumi. (2012). Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligenses. Makassar: Alauddin University Press.

Nazar Muhammad, Djufri, Muhibbuddin, (2017 ). Penerapan Model Concept Attainment Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Metabolisme. Jurnal Biologi Edukasi (online), vol 6, no.1 (http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JBE/article/view/2269).

Nurmahni Harahap, (2014). Hubungan Antara Motivasi Dan Aktivitas Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Pada Konsep Ekosistem. Visipena (online), vol 5, no. 1 (http://visipena.stkipgetsempena.ac.id/home/article/view/69).

Safitri Dian, Maryam dan Muhammad Khalifah Mustami. 2017. Pengaruh Strategi Pembelajaran Arias Setting Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Biologi. Jurnal Biotek (Online). Vol. 4, No. 2 (http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/biotek/article/view/1791, diakses 12 Januari 2017).

S. A. Rani , Y. Wiyatmo1, Dan H. Kustanto, (2017). Concept Attainment Worksheet To Enhance Concept Knowledge And Science Process Skills In Physics Instruction. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia (online, Vol. 6, No.2 (https://journal.unnes.ac.id/artikel_nju/jpii/10520).

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.

Bandung: Alfabeta.

Widodo, Lusi Widayanti, (2017). Peningkatan Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Problem Based Learning Pada Siswa Kelas Viia Mts Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013. vol 17. No. 49. Diakses dari https://media.neliti.com/media/.../80105-IDpeningkatanaktivitasbelajar-dan-hasil.pd.

Zuhri, (2017). Penerapan Pembelajaran Model Pencapaian Konsep dengan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa”,diaksesdarihttps://ejournal.unri.ac.id/index.php/JPS/article/download/1126/1118.

Published
2017-12-31
How to Cite
Risdawati, R., Mustami, M. K., & Hamansah, H. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT ATTAINMENT TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DI KELAS XI IPA SMAN 11 BULUKUMBA. Jurnal Biotek, 5(2), 158-176. https://doi.org/10.24252/jb.v5i2.4286
Section
Articles
Abstract viewed = 1623 times