Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Mata Kuliah Morfologi Tumbuhan
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan bahan ajar pada mata kuliah morfologi tumbuhan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang menggunakan teknik pengumpulan data berupa angket dan lembar observasi. Data dianalisis secara deskriptif. Objek pada penelitian ini adalah mahasiswa jurusan biologi program studi sains biologi angkatan tahun 2022 semester 3 sebanyak 24 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa menggunakan sumber belajar dari internet, bentuk bahan ajar yang dibutuhkan mahasiswa pada mata kuliah morfologi tumbuhan berupa bahan ajar digital. Secara umum mahasiswa kesulitan dalam memahami materi dan konsep pada mata kuliah morfologi tumbuhan karena pada mata kuliah ini umumnya menggunakan bahasa latin. Hasil penelitian ini juga mengungkapkan bahwa kegiatan perkuliahan dan pembelajaran masih belum efektif dari segi waktu, karena cakupan materi yang luas. Diperoleh beberapa hal yang menjadi penyebab kesulitan mahasiswa untuk mempelajari materi morfologi tumbuhan, yakni disebabkan karena konsep yang terlalu luas, media pembelajaran yang digunakan, intelegensi mahasiswa, serta disebabkan oleh kurangnya minat dan motivasi mahasiswa. Kegiatan pembelajaran secara umum masih menggunakan media pembelajaran berupa power point. Secara umum mahasiswa belum membaca materi yang akan dipelajari karena tidak adanya buku pegangan mata kuliah morfologi tumbuhan yang akan dibaca di rumah. Temuan dari riset ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam pengembangan bahan ajar pada mata kuliah morfologi tumbuhan yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa sehingga dapat memotivasi serta mendukung efektifitas pencapaian tujuan pembelajaran mata kuliah.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
A’yuningsih, D. (2017). Pengaruh Faktor Lingkungan Terhadap Perubahan Struktur Anatomi Daun. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi Dan Biologi, 103–110. http://seminar.uny.ac.id/sembiouny2017/sites/seminar.uny.ac.id.sembiouny2017/files/B%2014a.pdf
Alperi, M. (2020). Peran Bahan Ajar Digital Sigil Dalam Mempersiapkan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Jurnal Teknodik, 99–110. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i1.479
Amallia, N., & Unaenah, E. (2018). Analisis kesulitan belajar matematika pada siswa kelas III sekolah dasar. Attadib: Journal of Elementary Education, 2(2), 123-133. https://doi.org/10.32507/attadib.v2i2.414
Amri, & Jafar, J. (2016). Analisis Kesulitan Mahasiswa Menghafal Nama-Nama Latin Di Program Studi Pendidikan Biologi Angkatan 2014 Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Parepare. Jurnal Biotek, 4(2), 262–277. https://doi.org/10.24252/jb.v4i2.1797
Annisa, I. S., & Fitria, Y. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Klasifikasi Materi Terintegrasi Matematika Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa PGSD. Jurnal Basicedu, 5(4), 1754–1765. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1019
Asrizal, A., Festiyed, F., & Sumarmin, R. (2017). Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Ipa Terpadu Bermuatan Literasi Era Digital Untuk Pembelajaran Siswa Smp Kelas Viii. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 1(1), 1. https://doi.org/10.24036/jep/vol1-iss1/27
Awal, R., Sari, E., & Rahmadhan, R. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran Biologi di Kelas XI SMA Islam Terpadu Bangkinang Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pembelajaran Biologi, 1(2), 69–75. https://ibt.ejournal.unri.ac.id/index.php/IBT/article/view/6206
Cahyono, H. (2019). Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Siswa Min Janti. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 1. https://doi.org/10.24269/dpp.v7i1.1636
Dahlan, A., Irawati, H., & Saifuddin, M. F. (2018). Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Pengantar Profesi Guru Biologi Di Pendidikan Biologi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta Analysis Of Needs Development Material Learning Program Introductory Profession Of Biological Teacher In Biology. 7, 96–99. https://doi.org/10.20961/bio-pedagogi.v7i2.27636
Dian, D. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Anatomi Tumbuhan di Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Mahaputra Muhammad Yamin Darmanella. Eduscience Development Journal, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.36665/edj.v4i2.103
Fetra Bonita Sari, Risda Amini, M. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. 5(6), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971
GH, M., & Arsal, A. F. (2022). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Ekologi Tumbuhan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(23), 434-441. https://doi.org/10.5281/zenodo.7417545
GH, M., & Pratiwi, A. C. (2023). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar pada Mata Kuliah Anatomi Tumbuhan Muliana. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(10), 740–745. https://doi.org/10.5281/zenodo.7991235
Hasan, K., Halik, A., & ... (2023). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V SD Negeri di Gugus IV Wilayah II Kecamatan Soreang Parepare. Diferensial: Jurnal Pendidikan Matematika, 4047. https://ummaspul.e-journal.id/diferensial/article/view/6425
Khasanah, I., & Nurmawati, I. (2021). Pengembangan Modul Digital sebagai Bahan Ajar Biologi untuk Siswa Kelas XI IPA. Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education, 2(1), 34–44. https://doi.org/10.35719/mass.v2i1.57
Liunokas, A. B., & Billik, A. H. S. (2021). Pengembangan Buku Ajar Karakteristik Morfologi Tumbuhan untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa dalam Mengidentifikasi Jenis Tumbuhan. Jurnal Basicedu, 5(6), 5885–5891. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1596
Muliana GH, & Arsal, A. F. (2022). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Ekologi Tumbuhan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(23), 434–441. https://doi.org/10.5281/zenodo.7417545
Murtini, I., Zubaidah, S., & Listyorini, D. (2019). Kebutuhan Bahan Ajar Matakuliah Biologi Sel di Perguruan Tinggi Kota Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(8), 1120. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i8.12685
Najiah, J., Haryati, T., Wibowo, F. I. S., Rohmatullah, N., & Sutiyan, O. S. J. (2023). Kesulitan Belajar: Analisis Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Siswa. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 14(1), 34–44. http://journal.ummat.ac.id/index.php/paedagoria/article/view/12798
Pramono, A. (2022). Analisis Kesulitan Belajar IPA dan Cara Mengatasinya Pada Siswa Kelas IV SDN Demangan 2. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 4(March), 763–773. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/Prosiding/article/view/1035
Rezeqi, S., Brata, W. W. W., Handayani, D., & Gani, A. R. F. (2020). ANALISIS KEBUTUHAN BAHAN AJAR TAKSONOMI ORGANISME TINGKAT RENDAH TERHADAP CAPAIAN PEMBELAJARAN BERBASIS KKN. Jurnal Pelita Pendidikan, 8(1), 52–61. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/pelita/article/view/17301/13178
Riastuti, R. D., & Febrianti, Y. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Morfologi Tumbuhan Berbasis Lingkungan Di STKIP PGRI Lubuklinggau. Jurnal Pro-Life, 8(2), 178–191. http://ejournal.uki.ac.id/index.php/prolife/article/view/3212
Rosilia, P., Yuniawatika, Y., & Murdiyah, S. (2020). Analisis kebutuhan bahan ajar siswa di kelas III SDN Bendogerit 2 Kota Blitar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(2), 125. https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.6306
Sholihah, M., & Sofiyana, M. S. (2019). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Mikrobiologi Untuk Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi. Bioma : Jurnal Biologi Dan Pembelajaran Biologi, 4(2), 123. https://doi.org/10.32528/bioma.v4i2.3162
Sukmawati, F. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Biologi Berbasis Contextual Teaching Learning untuk Mengefektifkan Pembelajaran bagi Siswa SMA. Fenomena, 7(1), 147. https://doi.org/10.21093/fj.v7i1.266
Suryani, Y. E. (2010). Kesulitan belajar. Magistra, 73, 33–47.
Utami, F. N. (2020). Peran Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 93–100. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.91
Yudistira, O. K., Syamsurizal, S., Helendra, H., & Attifah, Y. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan Booklet Sistem Imun Manusia sebagai Suplemen Bahan Ajar Biologi Kelas XI SMA. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 39–44. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i1.34289
Yuhanna, W. L. (2021). Analisis Kebutuhan Belajar Mahasiswa pada Perkuliahan Zoologi Vertebrata di Masa Pandemi Covid19. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains), 9(1), 129–137. https://doi.org/10.25273/jems.v9i1.8803
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Authors who publish with Jurnal Biotek agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.