ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU BIOLOGI DAN KORELASINYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMAN SE-KABUPATEN SINJAI
Abstrak
Keberhasilan proses pendidikan dapat diukur dengan melihat hasil belajar siswa. Keberhasilan ini dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satu faktor yang berpengaruh terhadap keberhasilan proses pendidikan adalah kompetensi guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (i) kompetensi pedagogik guru biologi kelas XI IPA SMAN se-Kabupaten Sinjai, (ii) kompetensi profesional guru biologi kelas XI IPA SMAN se- Kabupaten Sinjai, (iii) hasil belajar siswa kelas XI IPA SMAN se-Kabupaten Sinjai, (iv) korelasi kompetensi pedagogik guru biologi terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA SMAN se-Kabupaten Sinjai, (v) korelasi kompetensi profesional guru biologi terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA SMAN se-Kabupaten Sinjai. Jenis penelitian ini adalah korelasi, teknik pengumpulan data melalui angket, tes dan lembar observasi. Data dianalisis statistik deskriptif untuk mendeskripsikan kompetensi pedagogik, kompetensi profesional dan hasil belajar biologi siswa. Analisis statistik inferensial dengan menggunakan analisis korelasi dan regresi (dengan taraf signifikasi α= 0,05) dengan bantuan program Statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) Kompetensi pedagogik guru biologi kelas XI IPA SMAN di Kabupaten Sinjai berada pada kategori cukup; (ii) Kompetensi Profesional guru biologi kelas XI IPA SMAN di Kabupaten Sinjai berada pada kategori cukup; (iii) Hasil Belajar siswa kelas XI IPA SMAN di Kabupaten Sinjai berada pada kategori rendah; (iv) Kompetensi pedagogik guru biologi berkorelasi positif terhadap hasil belajar siswa SMAN kelas XI IPA di Kabupaten Sinjai; (v) Kompetensi profesional guru biologi berkorelasi positif terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA SMAN di Kabupaten Sinjai.##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Alma, B. (2009). Guru Profesional: Menguasai Metode dan Terampil Mengajar. Bandung: Alfabeta.
Dewi, E.R., Patta, B. Suradi, T. (2016). The Effect of Emotional Intelligence, Competence and Interpersonal Communication on the Performance of Senior High School Teachers Through Achievement Motivation in Makassar, Indonesia. International Journal of Environtmental & Science Education, 11(12), 5613 – 5618.
Febrina. Y. (2013). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Ekonomi terhadap Hasil Belajar Siswa SMAN 1 Tambang Kabupaten Kampar, 1 – 11.
Hartiningtyas, L., Purnomo, Hakkun, E. (2016). Meningkatkan Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru SMK Melalui Pemberdayaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Seminar Nasional Pendidikan, 2503 – 4855.
Hasanah, N. (2015). Dampak Kompetensi Profesional Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah di Kota Salatiga. Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 9(2), 445 – 466.
Hughes, A.G & Hughes, E.H. (2012). Learning & Teaching. Bandung: Nuansa.
Indrawati, H. (2013). Upaya Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Mata Pelajaran Ekonomi dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan, 4(2), 84 – 95.
Kurniasih, I. & Berlia, S. (2015). Sukses Uji Kompetensi Guru (UKG). Surabaya: Kata Pena.
Mansur. (2015). Peningkatan Kompetensi Guru melalui PK Guru dan PKB. Artikel LPMP, 1 – 21.
Payong, M.R. (2011). Sertifikasi Profesi Guru. Jakarta: PT Indeks Jakarta.
Palupi, R., Sri, A., & Budiyono. (2014). Hubungan antara Motivasi Belajar dan Persepsi Siswa terhadap Kinerja Guru dalam Mengelola Kegiatan Belajar dengan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII di SMPN N 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 2(2), 157 – 170.
Renol, HS.S. (2015). Pengaruh Kompetensi Guru dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 17 Medan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi dan Bisnis (1 – 9). Surakarta: Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Shadrina, D.N., Nuraini. A., & Bambang, B.U. (2015). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X di SMA/MA.
Suyidno & Yamin, M, (2013). Analisis Kelemahan Uji Kompetensi Guru (UKG) SMPN di Kota Banjarmasin (Bahasa Inggris). Jurnal Kebijakan Pengembangan, 8(2), 117 – 208.
Umami, D.R., & Erny, R. (2014). Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Motivasi Kerja Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa dalam Ujian Nasional (UN) di SMA Negeri se Kota Mojokerto. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 3 (3), 81 – 88.
Widiarsa, I G. P., Marhaeni, A. A. I. N., Sutama, I M. (2013). Kontribusi Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional terhadap Hasil Belajar IPS (Studi Persepsi pada Guru SD Kecamatan Kerambitan). E-Jurnal Program Studi Universitas Pendidikan Ganesha, 3, 1 – 11.
Wulandari, D. (2013). Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Guru terhadap Economic Literacy melalui Prestasi Belajar Siswa Kelas XII IPS di SMA Kota Malang. Jurnal Pendidikan Humaniora, 1(1), 25 – 29.
Yulianti, F. (2012). Hubungan Kompetensi Pedagogik Guru PAI dengan Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran PAI (Studi Deskriptif pada Guru PAI di SMP Negeri Kota Indramayu). Jurnal Tarbawi, 1(2), 109 – 123.
Yusuf, M. & Ruslan. (2014). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Biologi yang Telah Tersertifikasi terhadap Hasil Belajar Siswa SMAN se-Kota Ternate. Jurnal Bioedukasi, 3(1), 306-312.
Authors who publish with Jurnal Biotek agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.