PERENCANAAN SUPERVISI PPAI KOTA JAYAPURA DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MADRASAH
Abstract
Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan secara mendalam tentang perencanaan supervisi PPAI Kota Jayapura dalam peningkatan kompetensi guru madrasah. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan bersifat deskriptif kualitatif. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan teologis normatif, yuridis normatif, pedagosis, sosiologis. Sumber data primer penelitian ini adalah 43 informan di Kota Jayapura yaitu; 1 orang Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Jayapura, 1 orang Kepala Seksi Pendidikan Islam, 1 orang Pengawas PAI, 1 orang kepala Balai Diklat Keagamaan Provinsi Papua, 1 orang petugas di LPMP (Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan) Provinsi Papua, 19 orang Kepala Madrasah, dan 19 guru PAI yang dijadikan sasaran pengamatan serta laporan pengawas. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumenasi dan penelusuran referensi. Instrumen utama penelitian ini adalah peneliti sendiri, buku catatan, HP sebagai alat perekam dan alat photo. Teknik pengolahan data menggunakan model analisis Miles and Huberman (pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan). Pengujian keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PPAI Kota Jayapura telah melakukan 9 indikator perencanaan supervisi. Perencanaan supervisi bersifat umum. Belum didapati penjelasan rinci tentang data-data evaluasi supervisi guru-guru madrasah tahun sebelumnya (2016/2017). Hal ini menimbulkan ketidak jelasan rencana supervisi yang dilakukan PPAI terhadap masing-masing guru madrasah tahun pelajaran 2017/2018.
References
Aqib, Zainal dan Elham Rohmanto, Membangun Profesionalisme Guru dan Pengawas Sekolah (Bandung: CV. Yrama Widya, 2008.
Arikunto, Suharsimi dan Lia Yuliana, Manajemen Pendidikan Yogyakarta: Aditya Media, 2008.
Arikunto, Suharsimi dan Lia Yuliana, Dasar-Dasar Supervisi, Jakarta: Rineka Cipta, 2004.
Daradjat, Zakiah, Ilmu Pendidikan Islam, Cet. III; Jakarta: Bumi Aksara, 1996.
Direktorat Pendidikan Madrasah, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Pedoman Pelaksanaan Pemenuhan Beban Kerja Pengawas Madrasah, Jakarta, Kementerian Agama RI: 2014.
Ghazali, Abu Hamid al-, Ihya Ulumuddin 8, Terj. Ismail Yakub, Menghidupkan Ilmu-ilmu Agama Jakarta: C.V. Fauzan, 1979.
Makawimbang, Jerry H, Supervisi dan Peningkatan Mutu Pendidikan Bandung: Alfabeta, 2011
Mantja, W., Manajemen Pendidikan dan Supervisi Pengajaran, Malang: Wineka Medya, 2002.
Mulyasa, E., Manajemen Berbasis Sekolah Bandung: Rosdakarya, 2000.
Pidarta, Made, Pemikiran tentang Supervisi Pendidikan Jakarta: Bumi Aksara, 1992.
Republik Indonesia, PMA Nomor 31 Tahun 2013 tentang Pengawas Madrasah dan Pengawas Pendidikan Agama Islam pada Sekolah.
Republik Indonesia, UUD 1945 Jakarta: t.p, 2016.
Sagala, Saiful, Administrasi Pendidikan Kontemporer Bandung: Alfabeta, 2008.
Republik Indonesia, Supervisi Pembelajaran dalam Profesi
Pendidikan Bandung: Alfabeta, 2010.
Sahertian, Piet A., Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan Cet. II, Jakarta: Rineka Cipta, 2008.
Sahertian, Prinsip dan Teknik Supervisi Pendidikan, Surabaya: Usaha Nasional, 1982.
Siahaan, Amiruddin Manajemen Pengawas Pendidikan: Strategi Efektif Aplikasi Konsep Kesupervisian Menuju Pencapaian Tujuan Pendidikan Bermutu, Cet. I; Ciputat: Quantum Teaching Ciputat Press Group, 2006.
Suharto, Dadang Suhardan Nugraha, ddk. Manajemen
Pendidikan Bandung: Alfabeta, 2009.
Sunanto, “Laporan Pengawas Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah Tingkat Kota Jayapura Tahun 2017/2018”, Kementerian Agama Kota Jayapura, 2018.
Topografi Kodam XVII Cenderawasih Tahun 2017.
Willes, Kimball, Supervision for Better Schools¸ terj. Tahalele Malang: IKIP Malang, 1983.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).