Strategi Generik Porter Berbasis Maslahah dalam Mewujudkan Kesejahteraan Usaha

  • Yuli Irawan Rasit Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Misbahuddin Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Syahruddin Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • La Parasit Universitas Dayanu Ikhsanuddin Baubau, Indonesia
    (ID)
Keywords: Strategi Generik, Maslahah, Kesejahteraan

Abstract

Konsep Strategi Generik berbasis maslahah yang digunakan sebagai strategi usaha dalam bisnis sebagai salah satu strategi yang digunakan dalam meningkatkan usaha sehingga dapat mensejahterakan ekonomi masyarakat terkhusus pada para pemilik usaha  yang sesuai dengan prinsip-prinsip Islam. Syariat Islam hadir mengangkat nilai-nilai Islami menjadi problem solving antara nilai egoisme dan alturisme sekaligus spiritualisme, karena syariat Islam hakikatnya adalah untuk mewujudkan kemaslahatan. Adapun tujuan penelitian yaitu: (1) Bagaimana Strategi Generik Berbasis Maslahah pada Usaha Kuliner Warunk Bakso Mas Cingkrank Makassar; (2) Bagaimana Strategi Generik Berbasis Maslahah dalam Mewujudkan Kesejahteraan Pemilik Usaha. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Warunk Bakso Mas Cingkrank menggunakan strategi diferensiasi yaitu mengutamakan kualitas produk tayib dan halal dan menerapkan kultur Islami secara keseluruhan pada aspek bisnisnya. Adapun kesejahteraan yang diperoleh oleh pemilik usaha yaitu kesejahteraan dari segi ekonomi berupa peningkatan laba, pengembangan usaha, pemenuhan kebutan; kesejahteraan social berupa terciptanya rasa aman dan tentram serta relasi bisnis yang saling menguntungkan; kesejahteraan spiritual berupa ketenangan jiwa serta memperoleh keberkahan dalam usaha. Implikasi dari temuan penelitian ini yaitu Strategi Generik Warunk Bakso Mas Cingkrank telah sesuai dengan prinsip kemaslahatan yaitu usaha yang berkultur Islami dan produk yang diproduksi secara tayib dan halal, namun akan lebih baik lagi jika terus mengoptimalkan strategi lainnya bukan hanya pada segi diferensiasi melainkan dapat mengupayakan untuk pencapaian cost leadership agar seluruh konsumen pun dapat merasakan kemaslahatan berupa harga produk yang murah.

References

Akbar Sarif, dan Ridzwan bin Ahmad. “KONSEP MASLAHAH DAN MAFSADAH SEBAGAI ASAS PEMIKIRAN MAQĀSID SYARIAH: SATU ANALISIS” 5, no. September (2018): 188–94.

Asse, Ridho Azlam Ambo. “Strategi Pemasaran Online (Studi Kasus Facebook Marketing Warunk Bakso Mas Cingkrank Di Makassar).” Jurnal Komunikasi 7, no. 2 (2018): 219–31.

Bahri, B, S Omsa, and N Nasir. “Peran Strategi Generik Porter Dalam Memediasi Pengaruh Lingkungan Industri Terhadap Kinerja Keuangan (Studi Kasus Pada ….” Seminar Nasional Hasil Penelitian & … 2018 (2019): 96–101.

Bajuri, Azzuhri Al. “PEMIKIRAN POLITIK ISLAM NAJM AL DIN AL THUFI (Kajian Siyasah Syar’iyah).” JURIS (Jurnal Ilmiah Syariah) 18, no. 1 (2019): 11. https://doi.org/10.31958/juris.v18i1.1398.

Bakhri, Saiful. “Maslahah Dan Implementasinya Dalam Pengembangan Ekonomi Syari’ah Sudut Pandang Al-Syatibi,” 2018.

Biswan, Ali Tafriji, and Emir Fahreza Zarnedi. “Rantai Nilai Pada Audit Sektor Publik.” Jurnal Akuntansi Multiparadigma 9, no. 2 (2018): 280–98. https://doi.org/10.18202/jamal.2018.04.9017.

El-Badriaty, Baiq. “Implikasi Nilai-Nilai Etika Pada Bisnis Perspekti F Al-Qur’an Dan Al-Hadits.” Profit : Jurnal Kajian Ekonomi Dan Perbankan Syariah 2, no. 1 (2018): 19–34. https://doi.org/10.33650/profit.v2i1.551.

Fauziah, Mira. “Konsep Kebaikan Dalam Perspektif Dakwah.” Al-Idarah : Jurnal Manajemen Dan Administrasi Islam 3, no. 1 (2019): 95–108.

Harnadi. “Value Chain Analysis Berdasarkan Prinsip Syariah Dalam Mewujudkan Good Corporate Governance (Studi Pada Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo Cabang Makassar).” Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 2017.

Hayati, Umi. “Nilai-Nilai Dakwah; Aktivitas Ibadah Dan Perilaku Sosial.” INJECT (Interdisciplinary Journal of Communication) 2, no. 2 (2017): 175. https://doi.org/10.18326/inject.v2i2.175-192.

Julita, and Eka Nurmala Sari. “Strategi Generik Porter Bagi Umkm Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (Mea).” Jurnal Akuntansi Dan Bisnis 1, no. 2 (2015): 11–25.

Kementerian Agama RI. Syamil Quran Yasmina Al-Qur’an Terjamahan Dan Tajwid. Bandung: Sygma, 2014.

Khairan, Khairan. “Strategi Membangun Jaringan Kerjasama Bisnis Berbasis Syariah.” Jurnal Pemikiran Keislaman 29, no. 2 (2018): 265–88. https://doi.org/10.33367/tribakti.v29i2.597.

Khoirunnisa, Anis. “ANALISIS PENERAPAN STRATEGI GENERIK PORTER DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING PERUSAHAAN (Studi Kasus Bisnis Kuliner Sehat ‘Naturicha Healthy Food and Drink’).” JMPIS 1, no. 1 (2020): 159. https://doi.org/10.38035/JMPIS.

Marisa, Julia, Rahmad Syahni, Rika Ampuh Hadiguna, and Novialdi. “Analisis Strategi Rantai Nilai (Value Chain) Untuk Keunggulan Kompetitif Melalui Pendekatan Manajemen Biaya Pada Industri Pengolahan Ikan.” Journal of Animal Science and Agronomy Panca Budi Vol 2, No. (2017).

Mujib, Abdul. “Pendekatan Fenomenologi Dalam Studi Islam.” Jurnal Pendidikan Islam 6, no. November (2015): 167–83.

Muqit, H. Abd. “Pendidikan Agama, Antara Kesejahteraan Duniawi Dan Kebahagiaan Ukhrawi.” Al-Ulum : Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Ke Islaman 6, no. 1 (2019): 1–10. https://doi.org/10.31102/alulum.6.1.2019.1-10.

Nata, Abudin. Akhlak Tasawwuf. Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2011.

Nurindrasari, Diana, Iwan Triyuwono, and Aji Dedi Mulawarman. “Konsep Pengukuran Kinerja Berbasis Kesejahteraan Islam.” Jurnal Akuntansi Multiparadigma 9, no. 3 (2018): 394–416. https://doi.org/10.18202/jamal.2018.04.9024.

Diana Nurindrasari, Iwan Triyuwono, and Aji Dedi Mulawarman. “Konsep Pengukuran Kinerja Berbasis Kesejahteraan Islam.” Jurnal Akuntansi Multiparadigma 9, no. 3 (2018): 394–416. https://doi.org/10.18202/jamal.2018.04.9024.

Pusparini, Martini Dwi. “Konsep Kesejahteraan Dalam Ekonomi Islam (Perspektif Maqasid Asy-Syari’ah).” Islamic Economics Journal 1, no. 1 (2015): 45. https://doi.org/10.21111/iej.v1i1.344.

Qorib, Ahmad, Isnaini Harahap, Bisnis Islam, and U I N Su. “Penerapan Maslahah Mursalah Dalam Ekonomi Islam.” Analytica Islamica 5, no. 1 (2016): 55–80.

Rimiyati, H., and M. Munawaroh. “Pengaruh Penerapan Nilai-Nilai Kewirausahaan Islami Terhadap Keberhasilan Usaha (Studi Pada Pengusaha UMKM Muslim Di Kota Yogyakarta).” Jurnal Manajemen Bisnis 7, no. 2 (2016): 130–57.

Setiawan, Amelia, and Ria Satyarini. “LAPORAN Identifikasi Dan Analisis Value Chain Pada Usaha Kecil Yang Dikelola Mahasiswa Disusun Oleh : Amelia Setiawan , SE ., MAk ., AK ., CISA Ria Satyarini , SE ., MSi Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Katolik Parahyangan,” 2015, 1–22.

Sodiq, Amirus. “Konsep Kesejahteraan Dalam Islam.” Equilibrium 3, no. 2 (2016): 380–405. http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/equilibrium/article/view/1268/1127.

Suci, Rahayu Puji. “Peningkatan Kinerja Melalui Orientasi Kewirausahaan, Kemampuan Manajemen, Dan Strategi Bisnis (Studi Pada Industri Kecil Menengah Bordir Di Jawa Timur).” Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan (Journal of Management and Entrepreneurship) 11, no. 1 (2009): 46-58–58. https://doi.org/10.9744/jmk.11.1.pp.46-58.

Suci, Yuli Rahmini, Sekolah Tinggi, and Ilmu Ekonomi. “Perkembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Di Indonesia.” Jurnal Ilmiah Fakultasi Ekonomi, 2017.

Sukmana, Oman. “Konsep Dan Desain Negara Kesejahteraan (Welfare State).” Jurnal Sosial Politik 2, no. 1 (2016): 102–20. https://doi.org/10.22219/sospol.v2i1.4759.

Tamsir, Tamsir, Muhammad Wahyuddin Abdullah, and Hasaruddin Hasaruddin. “Internalisasi Nilai Kearifan Lokal Pobinci-Binciki Kuli Pada Usahawan Buton Dalam Etika Bisnis Syariah Untuk Mewujudkan Kesejahteraan.” Al-Tijary 5, no. 1 (2019): 1–18. https://doi.org/10.21093/at.v5i1.1660.

WIDODO, HERI. “Analisis Value Chain Guna Mencapai Strategi Cost Leadership Dalam Meningkatkan Efesiensi Biaya (Studi Pada Perusahaan ”X” Di Sidoarjo).” BISMA (Bisnis Dan Manajemen) 1, no. 1 (2018): 38. https://doi.org/10.26740/bisma.v1n1.p38-49.

Wisdaningrum, Oktavima. “Analisis Rantai Nilai ( Value Chain ) Dalam Lingkungan Internal Perusahaan.” Jurnal Analisa 1, no. 1 (2013).

Published
2023-08-31
How to Cite
Rasit, Y. I., Misbahuddin, M., Syahruddin, S., & La Parasit, L. P. (2023). Strategi Generik Porter Berbasis Maslahah dalam Mewujudkan Kesejahteraan Usaha. Jurnal Diskursus Islam, 11(2), 128-146. https://doi.org/10.24252/jdi.v11i2.41325
Section
Artikel
Abstract viewed = 143 times